Cara Menghitung Logaritma Paling Praktis serta Mudah

Cara Menghitung Logaritma

Logaritma merupakan sebuah ilmu Matematika yang mempelajari sebuah pengoperasian yang merupakan suatu kebalikan dari suatu pemangkatan. Banyak yang kesulitan untuk menghitung persamaan logaritma ini, tetapi jika dipelajari lebih dalam pasti akan terlihat mudah. Berikut ini akan membahas mengenai cara menghitung logaritma dengan benar serta tepat. Mari, intip saja tahapannya di bawah ini:

1. Mencari Nilai Log

Sebelum masuk ke dalam rumus logaritma, tentukan terlebih dahulu nilai dasar dari logaritma tersebut. Nilai dasar tersebut berguna untuk menghitung nilai logaritma yang benar, untuk nilai dasarnya sudah ada ketentuannya sendiri dan tidak dapat diubah. Berikut ini nilai dasar dari suatu logaritma:

  • Log 2 yaitu 0,301
  • Log 3 yaitu 0,477
  • Log 5 yaitu 0,699
  • Log 7 yaitu 0,845

Nah, nilai dasar di atas itu nantinya akan dimasukkan ke dalam rumus perhitungan logaritma. Perlu diketahui juga bahwa cara menghitung logaritma dapat dihitung melalui kalkulator. Tetapi, untuk hasilnya tidak seakurat jika dihitung dengan menggunakan cara manual.

Baca Juga : Cara Menghitung Pecahan Biasa dengan Mudah

2. Menentukan Rumus Logaritma

Langkah yang kedua adalah menentukan rumus logaritma itu sendiri. Pengguna tidak perlu mencari rumus lagi untuk menentukan perhitungan, karena sudah terdapat rumus yang diterapkan di berbagai belahan dunia. Rumus yang dapat digunakan adalah di bawah ini:

  • a log b sama dengan c
  • a pangkat c sama dengan b

Rumus di atas mempunyai sebuah keterangan yaitu a sebagai bilangan pokok, b merupakan hasil dari logaritma, dan c merupakan domain dari sebuah logaritma. Rumus tersebut dapat digunakan pada setiap soal logaritma yang ditemukan.

3. Menentukan Nilai X

Langkah berikutnya yaitu mencari atau menentukan dari nilai X, nilai tersebut tidak dapat asal dicari melainkan menggunakan sebuah persamaan logaritma. Untuk mencari nilai tersebut, akan disajikan sebuah soal terlebih dahulu agar lebih mudah, berikut ini contoh soalnya:

Log3 (x + 5) + 6 sama dengan 9

Log 3 (x + 5) + 6 – 6 merupakan 9 – 6 adalah 3

Jadi, log 3 (x + 5) adalah 3

Tulislah hasil tersebut menjadi sebuah persamaan 3 pangkat 3 = x + 5. Setelah menjadi sebuah persamaan yang sederhana, langkah selanjutnya adalah baru mencari nilai X yang dimaksud. Berikut ini cara yang bisa digunakan:

3 pangkat 3 merupakan x + 5

x + 5 adalah 3 x 3 x 3

x + 5 adalah 27

x adalah 27 – 5 sama dengan 22

Jadi, x yang diperoleh adalah 22

4. Menentukan Nilai X Menggunakan Aturan Logaritma

Sebuah nilai X juga dapat dicari dengan menggunakan aturan logaritma. Namun, sebelum menggunakan cara ini sebaiknya pahami betul apa itu aturan logaritma. Aturan logaritma tersebut yaitu log b (m x n) sama dengan log b (m) + log b(n) dengan aturan bahwa m serta n harus lebih dari 0. Rumus ini dapat digunakan jika dalam soal tersebut terdapat 2 persamaan yang berbeda.

Baca Juga : 3 Cara Menghitung Diameter Lingkaran yang Benar

5. Aplikasi Ke Soal

Agar lebih mudah dipelajari untuk cara menghitung logaritma, maka langsung saja untuk contoh soalnya. Soal berikut ini merupakan soal yang paling mudah serta sederhana, perhatikan pula setiap langkah-langkahnya agar tidak ada yang terlewat.

14 log (4x – 4) = 2

14 log (4x – 4) = 14 log 14 pangkat 2

Jadi, akan diperoleh persamaan sebagai berikut:

4x – 4 = 14 pangkat 2

4x – 4 = 196

4x = 196 + 4

4x merupakan 200

Jadi, hasilnya X adalah 50.

Ada pula soal lain dengan bentuk yang berbeda, cara ini lebih sederhana dibandingkan dengan cara di atas. Selain itu, soal berikut ini akan menggunakan nilai dasar logaritma yang telah disebutkan di atas.

Tentukanlah nilai log dari log 21!

Log 42 merupakan hasil dari 3 x 7

Jadi, dapat ditemukan bahwa log dari 3 + log dari 7 (menggunakan nilai dasar logaritma)

= 0, 477 + 0, 845

Jadi, hasil yang diperoleh yaitu 1, 322.

Bagaimana? Tidak susah bukan cara menghitung logaritma dengan cepat serta praktis. Pengguna dapat menerapkannya dengan salah satu dari 2 cara di atas sesuai dengan soal yang ditemui. Masing-masing soal pasti mempunyai cara tersendiri untuk menyelesaikannya.

 

Pos terkait