5 Tips Memilih Bisnis Franchise yang Aman dan Menguntungkan

Tips Memilih Bisnis Franchise

Bisnis waralaba atau kerap disebut franchise termasuk solusi bagi para pebisnis yang terkendala modal usaha. Hanya saja ada beberapa bisnis franchise yang justru menjadi ancaman bagi para mitranya. Untuk itu, penting sekali mengetahui tips memilih bisnis franchise yang aman dan menguntungkan agar bisnis tidak menjadi ancaman.

Tips tersebut dapat membantu dalam pemilihan bisnis franchise. Dengan demikian, mitra akan mendapatkan jaminan keuntungan yang melimpah. Apalagi kalau dari kabarnya, bisnis franchise ini termasuk bisnis yang menjanjikan dan cukup booming di beberapa tahun terakhir ini. Menarik kan? Yuk! cari tau tipsnya berikut ini:

Bacaan Lainnya

1. Pastikan Legalitas Izin Bisnis Franchise yang Diikuti

Dalam berbisnis, menghindari risiko yang memicu pada kebangkrutan tentu wajib dihindari. Oleh sebab itu,  pastikan bahwa bisnis franchise yang ingin diikuti adalah yang memiliki legalitas dan dilindungi oleh undang-undang.

Baca Juga : 5 Bisnis Franchise yang Lagi Booming di Tahun 2021, Yuk Cari Tau Free !

Selain itu, calon mitra harus memastikan bahwa produk yang diproduksi itu dapat dipertanggungjawabkan agar lebih aman. Apabila tips ini diikuti tentu akan lebih tenang menjalani usaha dan tidak khawatir bangkrut akibat permasalahan hukum.

2. Pilih Franchise Sesuai Modal yang Dipegang

Setiap orang yang ingin memulai usaha pasti mendapatkan modal dari sumber berbeda-beda dan jumlahnya pun standarnya tidak sama. Tentu saja, tips yang perlu dilakukan oleh calon mitra bisnis franchise dalam hal tersebut yaitu menyesuaikan standar bisnis dengan modal yang dimiliki.

Jalankan bisnis franchise sesuai dengan kemampuan permodalan yang dimiliki. Tidak perlu memaksakan diri bermitra dengan perusahaan franchise yang bermodal besar. Terlebih kalau posisinya sebagai pebisnis pemula.

3. Pilih Franchise yang Sudah Teruji Kredibilitasnya

Jika ingin memiliki konsumen tetap dan bertambah, tentu harus memilih agen bisnis franchise yang memiliki kredibilitas dan reputasi baik. Sebab, semakin baik franchise, maka potensi mendapatkan keamanan berbisnis dan keuntungan lebih terjamin pula.

Tips memilih bisnis franchise yang aman dan menguntungkan pada poin ini yaitu calon mitra harus memilih franchise yang memiliki brand dan sudah populer di kalangan masyarakat. Dengan begitu, tidak perlu khawatir masalah kerugian di masa mendatang.

Baca Juga : Rekomendasi Bisnis Franchise Modal 50 Juta dengan Laba Menggiurkan

4. Perhatikan Segmen Pasar Produk Franchise

Selanjutnya, tentu calon mitra harus memperhatikan segmen pasar dari produk waralaba. Pastikan produk dari franchise yang dijual sesuai dengan minat target pasar. Mulai dari aspek jenis produk, kemampuan ekonomi sekaligus cita rasa dari masyarakat. Melalui upaya ini tentu akan memperbesar peluang bisnis waralaba yang akan ditekuni.

Contoh kalau menjual produk makanan di kalangan pelajar, maka tentukan harganya sesuai dengan kantong mereka,misalnya sekitar Rp5.000 sampai Rp10.000. Sedangkan untuk masalah jenis produk dan cita rasanya bisa memilih cemilan ringan dengan rasa pedas, manis dan lain sebagainya. Hal tersebut tergantung hasil survei yang sudah dilakukan.

5. Tips Memilih Bisnis Franchise Dalam Mencari Informasi Lengkap Tentang Franchise dan Franchisor-nya

Sebelum gabung ke sebuah bisnis franchise, maka disarankan agar menggali informasi sebanyak mungkin tentang citra dari bisnis franchise tersebut. Upaya ini agar mitra bisa memperhitungkan dan memperkirakan masa depan bisnis. Selain itu penting juga mencari franchisor-nya serta jumlah cabang yang sudah tersebar.

Dengan demikian, maka akan lebih mudah bagi para mitra bisnis franchise untuk mengetahui peluang dan risiko yang akan terjadi dalam jangka panjang. Entah apakah bisnis bisa bertahan atau tidak, maka hal tersebut tergantung bagaimana analisis pebisnis melakukan tips ini.

Baca Juga : Rekomendasi 5 Franchise Makanan Ringan Dibawah 5 Juta Untuk Memulai Bisnis Besar dengan Modal yang Kecil

Nah itulah tips memilih bisnis franchise yang aman dan menguntungkan yang perlu diketahui. Bagi yang ragu bekerja sama dengan franchisor, tentu sekarang sudah tidak kebingungan lagi, kan? Pentingnya lagi, para calon mitra bisnis waralaba lebih mendapatkan proteksi dari ancaman bisnis di masa mendatang. Jalankan bisnis ini dengan tekun dan nikmati profitnya!

 

Pos terkait