Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca Pada Hardisk Internal

Hardisk Tidak Terbaca

Hardisk internal berfungsi sebagai media penyimpanan data pada PC yang digunakan untuk menyimpan data penting. Oleh sebab itu, akan sangat mengganggu jika hardisk tiba-tiba tidak dapat terbaca. Bila hal itu terjadi, tidak perlu panik dan terburu-buru membaca PC ke tukang servis karena ada cara mengatasi hardisk tidak terbaca yang bisa dilakukan sendiri.

Melakukan Pengecekan Langsung

Pemilik PC akan sangat resah jika tiba-tiba hardisknya tidak bisa diakses. Apalagi jika hardisk tersebut menyimpan data-data penting di dalamnya dan pemiliknya sedang membutuhkannya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki hardisk tidak terbaca. Pertama coba lakukan pengecekan seperti berikut ini :

Bacaan Lainnya

1. Pastikan Saluran Listrik dalam PC dalam Keadaan Stabil

Kinerja hardisk yang membutuhkan aliran listrik menjadi tidak maksimal ketika saluran listrik dalam PC tidak stabil. Periksa aliran listrik dan pastikan terhubung dengan baik artinya aliran listrik tidak mengalami putus-putus. Aliran listrik yang terputus seketika bisa memicu gangguan pada hardisk dan jika dibiarkan lama kelamaan hardisk bisa mengalami kerusakan.

Baca Juga : 7 Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk Paling Ampuh

2. Periksa Kondisi Sambungan Hardisk

Cara mengatasi hardisk tidak terbaca yakni dengan melakukan pengecekan secara fisik. Pengecekan dilakukan pada sambungan hardisk dengan PC yakni dengan membongkar PC. Pastikan PC sudah dimatikan dan sudah tidak tersambung dengan aliran listrik kemudian lakukan pembongkaran. Lakukan pengecekan kondisi sambungan hardisk dengan komponen lainnya.

Kemungkinan hardisk tidak terbaca ada salah satu sambungan yang kurang pas. Perbaiki masing-masing sambungan hardisk dengan PC yang terhubung dengan kabel. Setelah itu, coba hidupkan kembali PC dan periksa apakah hardisk sudah dapat terbaca.

3. Lakukan Check Disk Saat Hardisk Tidak Terbaca

Cara mengatasi hardisk tidak terbaca yang satu membutuhkan bantuan PC lain yang kondisinya normal. Lepaskan hardisk eksternal kemudian sambungkan ke PC lain untuk melakukan pengecekan. Sambungkan PC dengan hardisk tadi dan jika muncul pilihan untuk melakukan format maka abaikan saja dengan klik “no”.

Buka “My Computer” arahkan kursor ke hardisk tadi lalu klik kanan pilih “Properties” klik “Tools”. Setelah itu akan muncul jendela “Properties” dan tab-tab menu pada bagian atas. Pilih “Tools” lalu pilih “check now” pada bagian menu error checking. Centang kedua pilihan yang muncul lalu klik “start” untuk melakukan perbaikan error.

Baca Juga : 5 Cara Membersihkan RAM Hp Samsung Mudah dan Praktis

Menggunakan Bantuan Software

Selain dengan melakukan pengecekan langsung pada hardisk, mengatasi hardisk tidak terbaca bisa menggunakan bantuan beberapa software. Jadi jika hardisk tidak bisa terbaca tidak perlu terburu-buru panik. Berikut cara yang bisa menjadi salah satu solusi mengatasi hardisk tidak terbaca :

1. Install Software Spinrite dan Siapkan Kepingan CD

Software yang banyak disarankan untuk mengatasi hardisk tidak terbaca yakni Spinrite. Selain itu dibutuhkan juga aplikasi Nero dan siapkan juga satu keping CD. Sebelumnya install dulu Nero dan memasukkan CD pada PC. Lanjutkan dengan install Spinrite dan pilih “create ISO” untuk membuat file ISO.

Setelah terbentuk file ISO yang siap untuk burning ke CD menggunakan aplikasi Nero. Kemudian tekat salah satu huruf sesuai huruf yang ada pada CD. Jika letak CD pada data (F:) maka tekan huruf F pada keyboard dan tahan. Setelah itu tekan “Install Bootable Spinrite” dan tunggu sampai semua proses selesai.

2. Masuk ke BIOS

Saat proses install Spinrite sudah selesai maka lakukan restart komputer untuk masuk ke BIOS. Seperti biasa saat proses restart komputer tekan “Del” di keyboard untuk mengakses halaman BIOS. Kemudian pilih menu boot dan klik “Booting Deces”. Karena tadi menggunakan CD jadi masuk ke CD-Room.

Setelah itu keluar dari BIOS dengan memilih “Exit Bios and Saving”. Klik tombol F10 pada keyboard lalu klik “Yes” untuk proses penyimpanan. Tunggu hingga proses booting selesai dan pastikan hardisk telah kembali normal.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Baterai Hp Cepat Habis yang Wajib Diketahui

Hardisk tidak terbaca adalah suatu kendala besar yang perlu diatasi. Hal ini karena hardisk yang tidak terbaca membuat data di dalamnya juga tidak bisa dibuka. Cara mengatasi hardisk tidak terbaca yang sudah disebutkan tadi bisa dicoba untuk mengatasi masalah tersebut.

Pos terkait