Cara Menghitung Passing Grade SNMPTN dengan Benar

SNMPTN merupakan sebuah jalur untuk masuk ke dalam PTN melalui jalur undangan serta tanpa mengikuti serangkaian tes, baik itu SBMPTN maupun Ujian Mandiri. Nilai yang diambil yaitu nilai dari raport mulai dari semester 5, nilai tersebut akan dihitung menggunakan prinsip passing grade. Nah, jadi bagaimana sih cara mengikuti SNMPTN serta cara menghitung passing grade SNMPTN? Mari pelajari caranya di bawah ini:

Cara Menghitung Passing Grade

Untuk dapat masuk ke dalam daftar SNMPTN siswa harus masuk ke dalam daftar pemeringkatan yang standarnya telah ditentukan. Agar dapat masuk dalam peringkat tersebut, nilai yang diperoleh harus melebihi rata-rata serta sesuai dengan ketentuan kampus atau universitas yang akan diambil. Nah, sebelum mendaftar SNMPTN ada baiknya untuk menghitung nilainya terlebih dahulu agar dapat menentukan PTN yang tepat, berikut ini cara yang benar serta tepat:

Bacaan Lainnya
  • Nilai yang akan diambil untuk masuk ke dalam SNMPTN adalah nilai raport dari semester 5 baik itu untuk SMA maupun SMK.
  • Hitunglah rata-rata nilai raport dari mulai semester 5 tersebut hingga nilai akhir semester menjelang kelulusan. Pastikan nilai yang didapatkan melebihi rata-rata standar untuk dapat masuk ke dalam PTN yang diinginkan.
  • Biasanya rata-rata nilai yang masuk ke dalam pemeringkatan yaitu 8 ke atas. Jadi, pastikan nilai siswa harus melebihi itu. Siswa juga bisa mendiskusikannya terlebih dahulu ke guru BK agar dapat mempertimbangkan semuanya.

Baca Juga : Inilah Mata Kuliah Teknik Mesin UI yang Wajib Diambil

  • Untuk cara menghitung yang lain bisa juga dengan cara melihat nilai rata-rata raport siswa dengan nilai alumni yang telah berhasil masuk PTN yang sama dengan jurusan yang sama pula melalui jalur SNMPTN. Nilai siswa tersebut sebaiknya harus melebihi dari alumninya, karena bisa saja ketentuan nilai dari universitasnya sudah berubah.
  • Selanjutnya nilai yang akan diambil juga merupakan nilai sesuai dengan jurusannya, jika siswa tersebut mengambil IPS di SMA dan akan melanjutkan ke jurusan yang masih berhubungan maka nilai yang akan diambil yaitu nilai mata pelajaran sesuai dengan jurusannya yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Ekonomi, Sosiologi, Geografi, dan lainnya.
  • Untuk siswa IPA lebih mudah, karena bisa masuk ke jurusan apa saja yaitu bisa masuk ke jurusan humaniora juga di universitas yang diinginkan. Lain lagi untuk siswa SMK yaitu harus masuk sesuai dengan jurusan yang diambil sewaktu SMK.
  • Setelah mengetahui cara menghitungnya dan mengetahui hasil nilainya. Maka siswa baru bisa menentukan PTN mana yang akan diambil.

Cara Mendaftar SNMPTN

Nah, setelah tahu cara menghitung passing grade SNMPTN siswa baru bisa mendaftar SNMPTN. Untuk cara mendaftarnya juga sangat mudah. Siswa hanya perlu mengakses ke sebuah web untuk dapat mendaftar online atau bisa juga melalui bantuan guru BK di sekolah tersebut. Untuk lebih jelasnya, ikuti saja cara di bawah ini:

  • Buka laman dengan link https://portal.ltmpt.ac.id, biasanya siswa yang masuk ke dalam daftar peringkat akan diberi username serta password untuk dapat mengakses web tersebut.
  • Jika sudah dapat masuk, isilah identitas data diri dengan benar serta jujur. Pilih juga PTN yang diinginkan serta jurusannya. Selanjutnya lengkapi juga dengan beberapa dokumen sesuai dengan arahan di web tersebut.

Baca Juga : Metode Pembelajaran SKI yang Seru dan Mengasyikan

  • Siswa juga dapat melampirkan dokumen prestasi agar mendapatkan nilai tambahan.
  • Setelah semua terisi dengan benar, simpan data tersebut. Jika beruntung, siswa juga dapat mendaftarkan diri menjadi peserta beasiswa bidik misi yang merupakan program dari pemerintah.
  • Selanjutnya cetaklah kartu pendaftaran peserta SNMPTN dan simpan baik-baik untuk proses selanjutnya.

Itulah cara menghitung passing grade SNMPTN yang benar serta tepat, pastikan nilai yang didapatkan melebihi rata-rata yang ditentukan agar kesempatan untuk lolos lebih besar. Siswa juga dapat mempersiapkannya mulai dari bangku kelas 10, agar saat mulai pendaftaran sudah siap semuanya.

 

Pos terkait