Inilah Mata Kuliah Teknik Mesin UI yang Wajib Diambil

UI atau Universitas Indonesia yakni kampus unggulan yang menjadi target banyak orang. Di dalam Kampus tersebut mempunyai berbagai jurusan yang sangat menarik minat. Salah satu jurusan yang menjadi incaran adalah jurusan Teknik Mesin. Jurusan tersebut memiliki masa depan yang menjanjikan serta menguntungkan. Jika ingin masuk dalam jurusan tersebut ada beberapa mata kuliah Teknik Mesin UI yang harus dipelajari. Berikut ini beberapa mata kuliahnya:

1. Mata Kuliah Fisika Dasar 2

Mata kuliah dasar yang pertama yaitu Fisika Dasar 2, di dalam mata kuliah tersebut mempelajari beberapa hal yang bertujuan agar para mahasiswa mampu untuk menguasai beberapa hukum fisika dasar. Fisika dasar yang dipelajari merupakan fisika yang berada di tingkat SMA serta fisika dalam tingkat lanjut. Selain itu, mata kuliah ini juga mengajarkan mahasiswanya agar bisa mengenal perhitungan medan listrik dan sebagainya.

Bacaan Lainnya

Beberapa hal yang dipelajari dalam Fisika Dasar 2 ini adalah kalkulus sederhana, konsep vektor, integral vektor, konduksi listrik, induktansi, dan masih banyak lagi lainnya. Jadi, jika ingin menjadi mahasiswa Teknik Mesin itulah beberapa hal yang akan dipelajari dalam Fisika Dasar 2.

Baca Juga : Metode Pembelajaran SKI yang Seru dan Mengasyikan

2. Mata Kuliah Teknik Tenaga Listrik

Mata kuliah Teknik Mesin UI yang kedua adalah Teknik Tenaga Listrik, mata kuliah tersebut merupakan turunan dari materi Fisika Dasar. Jadi, kedua mata kuliah tersebut masih saling berhubungan. Mata kuliah ini wajib diambil oleh para mahasiswa karena merupakan dasar pengoperasian listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Mata kuliah Teknik Tenaga Listrik ini juga merupakan sebuah dasar untuk mempelajari mata kuliah Mekatronika. Jika mahasiswa sudah lulus dalam mata kuliah Fisika Dasar, maka akan mudah sekali dalam mempelajari mata kuliah Teknik Tenaga Listrik ini, karena keduanya masih berkaitan erat.

3. Mata Kuliah Matematika Teknik

Matematika Teknik juga dipelajari di dalam Teknik Mesin UI. Mata kuliah ini menjadi dasar perhitungan matematika secara analisis. Untuk menguasai mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mengambil juga mata kuliah Matematika Dasar. Sehingga, selama pembelajaran mahasiswa tidak akan kesulitan dan justru mudah dalam mempelajarinya.

mahasiswa Teknik Mesin itulah beberapa hal yang akan dipelajari dalam Fisika Dasar 2.

Baca Juga : 5 Materi Pelajaran TK Nol Kecil yang Sering Digunakan

Beberapa materi yang akan dipelajari selama satu semester penuh yaitu persamaan integral, deret kuasa, transformasi laplace, persamaan diferensial parsial, deret fourier, fungsi gamma dan beta, fungsi variabel kompleks, serta sistem koordinat. Materi tersebut akan dipelajari dalam satu semester.

4. Mata Kuliah Sistem Fluida

Hal yang akan dipelajari berikutnya adalah mata kuliah Sistem Fluida, mungkin masih banyak yang belum mendengar dengan matkul ini. Tetapi, makul ini menjadi hukum wajib dipelajari dalam Teknik Mesin. Di matkul ini mahasiswa harus bisa paham mengenai perilaku fluida itu baik saat diam maupun dalam keadaan bergerak. Selain itu, mempelajari juga sifat fluida.

Nah, untuk materi yang diajarkan yaitu berupa kinematika fluida, aliran saluran terbuka, alat ukur di lapangan, perpipaan, dan masih banyak lagi lainnya. Mata kuliah ini tidak sesulit yang dibayangkan, karena jika sudah dipelajari dengan benar maka akan sangat mengasyikan dan seru.

5. Mata Kuliah Getaran Mekanik

Pada matkul getaran mekanik juga menjadi mata kuliah wajib dalam Teknik Mesin, agar lebih paham dengan mata kuliah ini mahasiswa juga harus mengambil beberapa mata kuliah pendukung seperti kalkulus, matematika, serta fisika dasar. Karena, semua mata kuliah itu memiliki keterkaitan yang saling berkesinambungan.

Materi pada mata kuliah ini ada sistem getaran, metode energy, simpangan, getaran puntir, gerak periodik, getaran paksa, dan yang lainnya. Salah satu manfaat mempelajari mata kuliah ini adalah bisa dijadikan ilmu untuk menghitung bunyi yang dikeluarkan oleh suatu alat musik.

mahasiswa Teknik Mesin itulah beberapa hal yang akan dipelajari dalam Fisika Dasar 2.

Baca Juga : Cara Menghitung Pecahan Biasa dengan Mudah

Jadi itulah beberapa mata kuliah Teknik Mesin UI yang wajib dipelajari selama perkuliahan berlangsung. Masih banyak mata kuliah lainnya yang tentunya wajib juga diambil, karena merupakan bekal utama dalam mempelajari Teknik Mesin.

Pos terkait