Metode Pembelajaran SKI yang Seru dan Mengasyikan

SKI merupakan sebuah materi pelajaran yang mempelajari tentang sejarah kebudayaan Islam. Mata pelajaran tersebut sering diajarkan di sekolah yang berbasis madrasah. Untuk dapat mengenalkan materi tersebut, guru harus bisa membuat metode pembelajaran SKI yang menarik serta tidak membosankan. Berikut ini beberapa metode yang bisa digunakan:

1. Metode Pembelajaran Ceramah

Teknik ceramah satu ini biasa ditemukan di tenaga pendidik pada sekolah-sekolah, yakni metode ceramah. Metode ini guru yang lebih berperan aktif selama sesi pembelajaran, siswa hanya perlu mendengarkannya saja. Nah, untuk mata pelajaran SKI ini guru juga bisa menerapkan metode ceramah untuk menjelaskan tentang kebudayaan Islam.

Tetapi, gaya ceramah atau gaya penceritaan yang digunakan harus mampu menggunakan intonasi yang bagus serta tidak membuat siswa bosan. Sebaiknya, metode ceramah ini jangan digunakan sepanjang pembelajaran karena anak pasti akan sangat bosan untuk mendengarkan. Metode ini bisa digunakan pada jam-jam pertama saja, nah untuk jam selanjutnya bisa menggunakan metode yang lain.

Baca Juga : 5 Materi Pelajaran TK Nol Kecil yang Sering Digunakan

2. Metode Pembelajaran Tanya Jawab

Metode pembelajaran SKI yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan metode tanya jawab. Di dalam metode ini guru bisa memberi suatu pertanyaan kepada siswa. Nah, siswa diajak untuk menjawab pertanyaan tersebut. Guru bisa terus menggulirkan pertanyaan dari jawaban-jawaban tersebut. Tanya jawab pasti akan berlangsung sangat menarik serta mengasyikan, siswa juga akan lebih aktif di dalam kelas.

Untuk mengapresiasi, guru bisa menambahkan nilai tambahan bagi siswa yang rajin bertanya serta menjawab. Bisa juga dengan memberikan suatu pujian atau reward agar siswa juga lebih bisa merasakan dihargai. Jika guru menerapkan teknik seperti itu, pasti dijamin siswa tidak akan malu lagi untuk menjawab serta bertanya ke guru.

3. Metode Pembelajaran Diskusi

Model pembelajaran yang selanjutnya yaitu bisa dengan diskusi, diskusi ini bisa dilakukan secara berkelompok antar sesama siswa. Kelompok dapat dibagi menjadi beberapa, setelah itu setiap kelompok diberi satu permasalahan yang berbeda. Setiap kelompok tersebut diharuskan untuk berdiskusi guna memecahkan masalah tersebut. Guru juga harus sambil melihat siapa saja siswa yang aktif dalam diskusi.

Setelah berdiskusi panjang, setiap kelompok maju ke depan untuk menjelaskan permasalahan yang ada serta solusinya. Hasil diskusi yang telah disampaikan, dapat juga menjadi bahan diskusi antar kelompok. Kelompok lain juga bisa mengajukan pertanyaan atas hasil diskusi kelompok yang maju ke depan. Kelompok yang aktif bisa diberikan sebuah apresiasi berupa penghargaan kelompok terbaik.

4. Metode Pembelajaran Bermain Peran

Cara ini merupakan metode pembelajaran yang sangat mengasyikan. Metode bermain peran ini biasanya digunakan oleh para guru untuk melihat kemampuan siswa dalam mendalami peran. Di dalam pelajaran SKI ini juga bisa digunakan, yaitu semua siswa dibagi menjadi kelompok besar lalu dalam satu kelompok disuruh untuk memainkan peran sebagai tokoh sejarah Islam.

Baca Juga : 5 Mata Pelajaran Madrasah Diniyah yang Wajib Diketahui

Naskah bisa dibuat sendiri oleh siswa satu minggu sebelum pementasan, kemudian pada hari berikutnya bisa digunakan untuk latihan bersama. Setelah itu, baru bisa memainkan peran dengan tidak membawa naskah. Metode ini membuat siswa lebih merasakan lagi menjadi tokoh dalam sejarah Islam dan yang pasti siswa akan lebih cepat paham.

5. Metode Pembelajaran Demonstrasi

Metode terakhir yang bisa digunakan adalah demonstrasi. Di dalam metode ini guru bisa menggunakan sebuah media untuk menunjukan materi yang akan disampaikan. Media yang bisa digunakan yaitu berupa gambar, video, atau sebuah benda.

Nah, dari media tersebut guru akan menjelaskan keterkaitan antara media yang dibawa dengan materi yang akan dibawakan pada jam itu. Metode satu ini dinilai sangat ampuh agar siswa lebih masuk dalam materi yang dibawakan guru.

Baca Juga : Cara Menghitung Pecahan Biasa dengan Mudah

Jadi itulah 5 metode pembelajaran SKI yang dapat dilakukan oleh guru di sekolah. Masih banyak lagi metode lain yang tidak kalah serunya, gunakanlah metode yang paling menarik serta tidak membuat siswa bosan.

Pos terkait