Macam Macam Jenis Ikan Hias yang Populer
Ikan Louhan

Macam Macam Jenis Ikan Hias yang Populer

Selingkaran.com – Ikan hias merupakan salah satu hobi yang akhir-akhir ini mulai digemari dikalangan masyarakat Indonesia, baik yang tua maupun yang muda semua berlomba untuk memiliki salah satu ikan hias yang dipelihara dirumahnya, tak hanya senagai peliharaan yang namanya ikan hias pastinya untuk memperindah isi dalam rumah, dan juga menambah nuansa alami yang ada didalam rumah, ikan hias sendiri tergolong banyak jenisnya, ada ikan hias yang ditaruh didalam akuarium atau dikolam khusus untuk menaruh sekumpulan ikan ikan lengkap dengan tumbuhan air lainnya, seperti bunga teratai dan juga air mancur yang mengalir terus menerus.

Untuk habitat ikan hias terdapat dua habitat yaitu ikan hias air tawar dan juga ikan hias air asin atau ikan hias yang hidup dilaut, tetapi untuk ikan hias sendiri biasanya paling sering dan banyak peminatnya adalah ikan hias air tawar, karena selain indah ikan hias jenis ini akan lebih mudah hidup dan kita juga tidak susah payah untuk mencari air laut setiap minggunya, repot juga jika kita harus mencari air laut ketika kita ingin mengganti air yang ada dikolam maupun air akuarium.

Dalam memelihara ikan hias anda harus lebih memperhatikan akan kesehatan ikan ikan tersebut, karena tidak mudah untuk merawat ikan ikan kusus ini, karena ikan ini juga tergolong mahal untuk masalah harga.

Nah untuk jenis ikan hias air tawar yang bisa anda pelihara dirumah mari disimak berikut ini ::

Jenis Jenis Ikan Hias

Ikan Oskar/Oscar

Ikan Oskar

Ikan Oskar

Ikan oskar ini bentuknya hampir mirip dengan ikan konsumsi yang bernama Gurame, bentuknya yang lebar serta sirip di bagian atas yang lebar membuatnya sangat mirip yang membedakannya adalah kombiasi yang dimiliki ikan oskar ini. Ikan oskar memiliki warna yang lebih berani seperti, hitam, merah, orange, putih dan masih banyak lagi. Kombinasi tersebut terlihat seperti batik yang menghiasi tubuhnya, ikan ini sangat cocok sekali jika ditaruh akuarium yang berukuran sedang.

Ikan Arwana

Ikan Arwana

Ikan Arwana

Ikan arwana merupakan ikan yang banyak dicari oleh sebagian orang, tentunya ikan ini bisa dijadikan ikan hias, karena warnanya yang indah dan beragam, selain itu banyak orang yang percaya jika kita memiliki ikan arwana didalam rumah maka pemilik ikan arwana ini akan lancar rejekinya, itu cerita masyarakat turun temurun. Ukuran ikan arwana sendiri beragam, dari yang kecil hingga ukuran yang amat besar kira kira panjangnya bisa mencapat 1meter lebih.. waw besar sekali ya.

Ikan Koki/Maskoki

Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki

Ikan hias mas koki atau koki merupakan ikan yang sering kita jumpai dirumah-rumah yang memeliki akuarium, ikan ini memang sangat familiar dikalangan pecinta ikan, karena bentuknya yang unik dan lucu lah menjadikan ikan ini memiliki daya tarik sendiri, selain itu harganya yang tergolong terjangkau dan juga cara merawatnya yang cukup mudah. Tubuh yang gembul dan kepala yang seperti memiliki punuk merupakan ciri khas dari ikan ini, serta warna warna yang indah indah yang dimiliki ikan mas koki ini.

Ikan Cupang

Ikan Cupang

Ikan Cupang

Ikan cupang juga sudah banyak dikenal dikalangan masyarakat, apalagi dikalangan anak muda, ikan ini sangat populer karena bisa di gunakan untuk bertarung, tetapi pertartungan antar ikan merupakan hal yang tidak dibenarkan, karena akan menyakiti ikan itu sendiri, sebaiknya ikan cupang kita rawat dan peliharan dengan baik, jika bisa mengembang biakan malah bagus untuk dijadikan lahan bisnis sampingan kita.

Ikan discus (Symphysodon discus)

Ikan Hias discus

Ikan Hias discus

Ikan hias yang satu ini memiliki tubuh yang gepeng dan lebar dan hampir bulat, selain itu ikan hias discus juga memiliki warna yang sangat berani, dari mulai merah, orange , kuning dan lain lain, oleh sebab itu ikan ini memiliki daya tarik sendiri karena jika kita memiliki beraneka ragam ikan discus di kolam ataupun di akuarium dengan beragam warna ikan, akan terlihat sangat inda sekali apalagi jika terkena cahaya.

Ikan Koi

Ikan Koi

Ikan Koi

Ikan hias koi merupakan ikan yang sangat populer dikalangan masyaratak, ikan ini sering kita temui dikolam-kolam depan rumah dalam bentuk yang sedang, ikan ini memang cocoknya ditaruh di kolam datar bukan didalam akuarium, terkecuali akuariumnya seperti wahana atau wisata bawah laut hehe. Ikan ini memiliki warna yang indah dan biasanya warna ikan koi kombinasi dari warna orange putih, atau merah putih belang belang dibagian tubuhnya, ini akan sangat indah sekali untuk menghiasi kolam yang kita miliki, selain itu perawatan ikan ini juga sangat mudah apalagi untuk membudidayakannya.

 Ikan Lou Han

Ikan Louhan

Ikan Louhan

Ikan louhan adalah salah satu ikan yang sangat unik, jika dilihat dari bentuknya, ikan louhan ini sekilas terlihat seperti ikan gurame, dan nejolan yang ada dikepalanya terlihat seperi ikan mas koki, dan juga dari batiknya terlihat seperti ikan hias oskar, ikan ini juga bisa menjadi besar selayaknya ikan gurame, oleh sebab itu ikan ini salah satu ikan favorit yang menjadi pilihan oleh para pecinta ikan hias.

Ikan Cupang Slayer

Ikan Cupang Slayer

Ikan Cupang Slayer

Ikan cupang slayer merupakan salah satu ikan hias yang unik lainnya, pada umumnya ikan ini adalah ikan cupang tetapi bedanya adalah pada siripnya yang memiliki bentuk yang indah dan lebar, membuat ikan cupang yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri.

Ikan Guppy

Ikan Guppy

Ikan Guppy

Ikan ini bentuknya kecil hampir mirip ikan air tawar yang namanya seluang, hmm ikan ini memiliki ciri khas  kusus di bagian sirip dan buntutnya, bagian tersebut memiliki warna yang unik seperti batik dengan berbagai macam kombinasi warna, serta bisa melebar seperti rambut.

Ikan Neon/Injel

Ikan Neon/Injel

Ikan Neon/Injel

Dari namanya saja kita pasti bisa menebak akan bentuk ikan ini, ikan ini tak jauh beda dengan ikan Guppy, tetapi tentu saja beda walaupun bentuknya hampir sama ya, ikan neon memiliki warna putih yang mengkilap serta ada corak yang unik yang menyerupai lampu neon yang menyala pada bagian tubuhnya. Membuat ikan ini memiliki daya tarik pada bagian tubuhnya.

Ikan Malaikat

Ikan Malaikat

Ikan Malaikat

Untuk yang terakhir ikan hias yang unik adalah ikan malaikat, Ikan ini juga sering kita lihat di akuarium-akuarium pecinta ikan hias, ikan ini berbentuk seperti segitiga dengan tubuh yang membentak keatas dan kebawah, serta warna-warna yang dimilikinya juga sangat unik, oleh sebab itu ikan ini adalah ikan yang wajib dimiliki jika anda memang benar benar pecinta ikan hias.

Nah dari berbagai jenis ikan hias diatas, manakah yang membuat anda tertarik? jelas semuanya memiliki keindahan yang amat unik ya, dan tentunya lagi masih banyak lagi ikan yang dapat dijadikan peliharaan untuk menghiasi akuarium dirumah, tetapi itulah ikan-ikan hias yang paling banyak diminati dikalangan masyarakat pecinta ikan.

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.