5 Cara Mengobati Jerawat Punggung Paling Ampuh

Mengobati Jerawat Punggung

Pada umumnya jerawat hanya terdapat pada bagian wajah saja. Namun siapa sangka, jerawat juga biasa terdapat pada punggung, leher dan dada. Hal ini tentu sangat mengganggu penampilan. Lalu adakah cara mengobati jerawat punggung dengan mudah? jerawat di punggung biasanya akan terasa lebih perih dibandingkan dengan diwajah.

Tidak menjaga kebersihan tubuh menjadi penyebab utama timbulnya jerawat di punggung. Kondisi kulit yang berminyak dan lembab juga akan sangat memicu timbulnya jerawat di punggung. Setelah mengetahui beberapa penyebab timbulnya jerawat, sekarang akan dibahas lebih lanjut mengenai tips untuk mengobati jerawat di punggung paling ampuh.

Bacaan Lainnya

1. Segera Mandi Setelah Olahraga

Rajin berolahraga dapat membuat tubuh menjadi sehat. Namun jangan biarkan baju yang basah karena keringat terlalu lama menempel di tubuh. Apabila telah selesai melakukan olahraga segeralah membuka baju dan diamkan tubuh beberapa saat sebelum mandi.

Baca Juga  : Penyebab Dan Cara Menyembuhkan Luka Diabetes

Jangan langsung mandi apabila keringat masih banyak menempel di tubuh karena hal itu akan menyebabkan timbulnya biang keringat. Tunggu hingga suhu tubuh menjadi normal lalu mandi dengan menggunakan sabun antibakteri yang dapat memberikan perlindungan maksimal dari kuman.

2. Gunakan Pakaian Bersih dan Longgar

Menggunakan pakaian yang bersih dan longgar merupakan salah satu cara mengobati jerawat punggung. Pakaian yang kotor tentu akan sangat memicu perkembangan bakteri di dalam tubuh. Ganti pakaian setiap hari, jika perlu setiap selesai mandi.

Selain pakaian bersih, menggunakan baju longgar juga akan mempercepat penyembuhan jerawat di punggung. Apabila menggunakan pakaian ketat lalu kondisi tubuh dalam keadaan berkeringat otomatis punggung akan menjadi lembab dan akan mempercepat pertumbuhan bakteri.

3. Bersihkan Kulit dengan Scrub

Penggunaan sabun antibakteri saja tidak cukup untuk mengobati jerawat di punggung. Perlu juga dilakukan pengangkatan sel kulit mati dengan menggunakan scrub. Pilih scrub yang lembut dan mengandung asam salisilat. Gunakan sekali atau dua kali dalam satu minggu.

Baca Juga  : 5 Manfaat Daun Meniran Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Zat yang terkandung di dalam scrub akan mengurangi kotoran dan minyak pada punggung. Namun apabila kondisi jerawat di punggung sudah sangat parah maka hindari pemakaian scrub karena akan membuat jerawat menjadi semakin meradang.

4. Jauhkan Rambut dari Punggung

Bagi yang memiliki rambut panjang usahakan untuk selalu mengikat rambut. Kondisi rambut yang berminyak dan kotor apabila menyentuh punggung akan membuat jerawat menjadi semakin parah.

Maka dari itu jauhkan rambut dengan punggung terlebih jika dalam kondisi berkeringat. Cuci rambut secara teratur dan jangan biarkan busa sampo turun ke punggung karena akan membuat jerawat menjadi meradang.

5. Konsumsi Makanan Bergizi

Mengkonsumsi buah dan sayuran akan membantu menyembuhkan jerawat di punggung. Jangan lupa untuk memperbaiki pola makan, karena pola makan yang tidak sehat akan memperlambat proses penyembuhan jerawat. Hindari makanan yang mengandung protein lemak.

Makanan berminyak pada umumnya memiliki kandungan lemak dan garam yang cukup tinggi. Harus diingat bahwa makanan yang mengandung lemak sangat memicu timbulnya jerawat. Makanan bergizi juga bisa diselingi dengan minum jus atau susu yang dapat membantu memenuhi nutrisi di dalam tubuh.

Itulah tadi beberapa cara mengobati jerawat punggung yang dapat dilakukan sendiri dirumah. Namun perlu diingat, kondisi kulit yang berbeda-beda membuat proses penyembuhan jerawat juga berbeda pada setiap orang. Apabila mempunyai riwayat alergi terhadap makanan tertentu maka hindari untuk mengkonsumsi makanan tersebut.

Baca Juga  : 5 Cara Menyembuhkan Sakit Ambeien Mudah di Rumah

Selain cara diatas, untuk mempercepat penyembuhan jerawat juga dapat dilakukan dengan memberikan obat-obatan tertentu. Misalnya Benzoil Peroksida, Retinoid dan Pil Kontrasepsi. Obat-obatan tersebut dapat membantu menstabilkan hormon dan kadar minyak di dalam tubuh.

Pos terkait