Info Lengkap Mengenai Bunga Matahari

Info Lengkap Mengenai Bunga Matahari

Selingkaran.Com – Bunga matahari, kita pastinya berangan-angan mengenai bunga yang satu ini, bagi yang sudah pernah melihat pasti akan merasa biasa saja, tetapi bagi yang belum pernah pasti akan merasa penasaran bagai mana bentuk dari bunga yang satu ini.

Bunga ini memiliki warna kuning dan menyerupai matahari, selain indah ternyata bunga ini juga memiliki fungsi yang lain, bagian biji dari bunga matahari ini ternyata bisa dimakan, yang biasa disebut dengan biji bunga matahari atau kuaci, biji ini diolah sehingga dapat dikonsumsi dan dijadikan sebgai makanan ringan seperti yang kita makan dahulu.

Bunga matahari (Helianthus annuus L.) adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang populer, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. Bunga tumbuhan ini sangat khas: besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar (diameter bisa mencapai 30cm).

Manfaat dan Khasiat Bunga Matahari

Mengobati Sakit Kepala

Ambil 30 gram bunga matahari, kemudian direbus dengan satu butir telur ayam (jangan dipecahkan). Rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1/2 gelas. Kemudian air rebusan tersebut diminum sesudah makan sebanyak dua kali sehari.

Mengobati Rematik

Untuk mengobati rematik, rebuslah 1 tangkai kepala bunga matahari sampai menjadi kanji. Kemudian tempelkan kanji tersebut ke bagian yang sakit seperti menggunakan salep.

Mengobati Disentri

Seduh 30 gram biji bunga matahari, kemudian ditim selama kurang lebih 1 jam. Setelah dingin, tambahkan gula batu secukupnya, kemudian diminum.

Melancarkan buang air besar dan kecil

Jika Anda mengalami susah buang air besar ataupun susah buang air kecil, rebuslah 15-30 gram akar bunga matahari segar, kemudian minum airnya. Insya Alloh semuanya akan lancar kembali.

Infeksi saluran kencing

Rebus 30 gram akar bunga matahari segar. Sewaktu akan mendidih, segera diangkat dan minum selagi masih hangat.

Sejarah Bunga Matahari

Tumbuhan ini telah dibudidayakan oleh orang-orang Indian Amerika Utara sejak ribuan tahun lalu. Selanjutnya tersebar ke Amerika Selatan dan menjadi salah satu sumber pangan bagi warga Inka. Setelah penaklukan oleh orang Eropa, bunga Matahari diperkenalkan ke Eropa dan berbagai penjuru dunia lainnya pada abad ke-16. Semenjak abad ke-17 bijinya digunakan dalam campuran roti atau diolah sebagai pengganti kopi serta cokelat. Penggunaannya sebagai sumber minyak mulai dirintis pada abad ke-19.

http://id.wikipedia.org/wiki/Bunga_matahari

Nah untuk galeri atau gambar bunga matahari anda bisa menggunakan gambar-gambar berikut untuk wallpaper atau digunakan untuk yang lainnya..

gambar-bunga-matahari-2

gambar-bunga-matahari-3

gambar-bunga-matahari-4

gambar-bunga-matahari-5

gambar-bunga-matahari-6

gambar-bunga-matahari-7

gambar-bunga-matahari-8

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook