7 Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk Paling Ampuh

Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk

Meskipun sudah ada hardisk eksternal, namun eksistensi flashdisk tidak diragukan lagi. Selain praktis, flashdisk juga mudah dibawa kemanapun. Tetapi karena sering digunakan dengan berpindah-pindah dari komputer satu ke lainnya, maka flashdisk rawan terhadap virus. Namun jangan khawatir, berikut ada beberapa cara menghilangkan virus di flashdisk dengan mudah :

1. Scanning Menggunakan Antivirus

Antivirus menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan virus di flashdisk. Dalam hal ini, pastikan untuk langsung melakukan scanning setelah sistem operasi membaca flashdisk. Kemudian akan ada keterangan hasil scanning.

Read More

Apabila hasil scanning menunjukkan flashdisk tidak ada virus maka flashdisk dalam kondisi baik-baik saja. Sedangkan jika terdapat virus maka klik delete untuk menghapus virus tersebut. Program antivirus yang dapat dipasang sangat beragam. Seperti Avast, Kaspersky, BitDefender atau Windows Defender. Untuk memaksimalkan proses scanning, maka dapat menggunakan antivirus lokal yaitu SMADAV.

Baca Juga : 5 Cara Membersihkan RAM Hp Samsung Mudah dan Praktis

2. Menghapus Virus Secara Manual

Cara menghilangkan virus di flashdisk tidak hanya dapat dilakukan dengan program antivirus saja melainkan juga dapat dilakukan secara manual. Caranya sangat mudah yaitu dengan menggunakan sistem operasi lain seperti Linux. Dengan cara ini virus di flashdisk dapat terhapus tanpa harus menginfeksi sistem operasi Windows.

Saat ini sudah banyak distributor Linux dengan ukuran kecil sehingga mudah dipasang di flashdisk. Jika sudah memasangnya maka lakukan booting menggunakan flashdisk tersebut. Kemudian lakukan pembersihan virus yang terdeteksi.

3. Menghapus Menggunakan CMD

Jika menemukan virus berbentuk shortcut maka tidak dapat dihapus hanya dengan menekan del atau shift+del saja. Cara menghilangkan virus jenis juga ini tidak perlu menggunakan antivirus. Cukup dengan menggunakan perintah CMD. Dengan demikian virus akan hilang dan data-data dalam flashdisk masih tersimpan dengan aman.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Baterai Hp Cepat Habis yang Wajib Diketahui

Caranya yaitu masukkan flashdisk ke komputer dan aktifkan show hidden file. Selanjutnya buka program CMD dengan menuliskan CMD di menu search atau tekan Windows+R. Kemudian klik lokasi flashdisk. Apabila terdapat di partisi F maka ketik F namun jika di parti G makan ketik G. Selanjutnya tekan –s-h-r/s/d dan tekan enter.

4. Menghapus Virus dengan Isumsoft FileZero

Alternatif lain untuk menghilangkan virus di flashdisk adalah dengan menggunakan aplikasi Isumsoft FileZero. Aplikasi ini dapat menghapus semua jenis virus, tidak hanya virus USB dan perangkat lunak yang berbahaya saja.

Setelah menggunakan aplikasi ini, maka virus atau malware akan hilang permanen tanpa harus kehilangan data di dalamnya. Berikut cara menggunakan aplikasi Isumsoft FileZero:

  • Download dan install aplikasi Isumsoft FileZero terlebih dahulu.
  • Buka aplikasi dan klik tombol
  • Kemudian pilih data yang akan dihapus.
  • Klik Slow Mode dan tekan tombol
  • Pada warning pop-up, klik OK. Tunggu hingga proses selesai.
  • Eject flashdisk.

5. Menghapus Virus Secara Permanen dengan Metode Low Level Format

Metode Low Level Format dapat menghapus semua file dan virus yang ada di flashdisk hingga ke akar-akarnya. Maka dari itu, sebelum menggunakan metode ini, alangkah baiknya untuk melakukan backup pada semua file yang ada di dalam flashdisk terlebih dahulu. Cara menghilangkan virus di flashdisk dengan metode ini adalah sebagai berikut:

  • Download HDD Low Level Format.
  • Setelah aplikasi dibuka, sambungkan flashdisk ke laptop.
  • Lakukan format pada flashdisk.

6. Menggunakan Removal Tool

Jika merasa masih kurang puas menggunakan antivirus untuk menghapus virus di dalam flashdisk, maka alternatif lain adalah dengan menggunakan Removal Tool. Program ini dapat diunduh melalui Google. Akan tetapi, sebelum menggunakan tool ini, pengguna harus mengetahui dulu virus apakah yang menginfeksi flashdisk.

7. Menghilangkan Virus di Flashdisk dengan Antivirus Portable

Tidak hanya dengan antivirus yang sudah disebutkan sebelumnya saja, virus di flashdisk juga dapat dihilangkan dengan menggunakan antivirus portable. Caranya sangat mudah, yaitu hanya dengan menginstal antivirus portable dalam flashdisk dan lakukan scanning. Dengan cara ini maka pengguna tidak perlu menginstal antivirus lagi jika ingin menggunakan komputer yang berbeda-beda.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Android Unfortunately Has Stopped Terbukti Ampuh

Itulah beberapa cara menghilangkan virus di flashdisk dengan mudah. Jika ingin lebih efisien dalam menghilangkan virus maka dapat melakukan format pada flashdisk. Namun tentu saja hal ini akan beresiko karena banyak data yang akan terhapus jika belum dilakukan backup.

 

Related posts