Segudang Manfaat Minyak Zaitun
Minyak Zaitun

Segudang Manfaat Minyak Zaitun

Selingkaran.com – Minyak zaitun biasa kita kenal adalah minyak yang memiliki banyak sekali manfaat baik itu untuk kesehatan, juga ternyata minyak ini bisa untuk kecantikan dan lainnya loh, minyak zaitun sendiri biasa disebut Olive Oil, minyak ini didapatkan dari buah zaitun (Olea Europaea),pohon tradisional dari basin Mediterania. Minyak dapat digunakan untuk memasak, kosmetik, obat herbal, dan sabun, dan juga sebagai bahan bakar untuk lampu minyak. Minyak zaitun dianggap sebagai minyak yang sehat karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi (utamanya asam oleik dan polifenol).

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Minyak_zaitun

Dizaman modern sekarang ini kita sudah mengenal minyak zaitun dalam berbagai macam bentuk olahan, dari mulai untuk bahan herbal untuk kesehatan tubuh, maupun dicampurkan pada bahan bahan kosmetik untuk kecantikan yang sering digunakan wanita selama ini, atau juga minyak zaitun sendiri bisa kita olah sendiri untuk dimanfaatkan minyaknya, hal ini akan lebih alami tanpa campuran bahan apapun.

Nah mari kita bahas mengenai minyak zaitun ini, baik dari segi kesehatan maupun juga dari segi kosmetik, yuk mari disimak.

Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Khasiat Minyak Zaitun yang Perlu Kamu Ketahui

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

  • Minyak zaitun dianggap sebagai salah satu produk terbaik untuk jantung. Hal ini karena mengandung lemak tak jenuh tunggal yang membantu dalam mengurangi kadar kolesterol berlebih.
  • Kandungan antioksidan yang terdapat dalam minyak zaitun dapat membantu dalam mencegah penyakit jantung.
  • Selain minyak zaitun membantu dalam menurunkan kadar kolesterol, secara tidak langsung juga membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Manfaat minyak zaitun lainnya bagi kesehatan adalah membantu dalam menjaga saluran pencernaan. Mengkonsumsi minyak zaitun dalam jumlah tepat dapat membantu untuk mengatasi sembelit.
  • Penggunaan lain dari minyak zaitun untuk kesehatan adalah untuk membantu dalam melembabkan kulit. Minyak zaitun diiringi dengan pijat secara teratur atau menambahkan minyak zaitun sebagai masker membantu untuk memiliki kulit halus nan lembut.
  • Kegunaan lain dari manfaat minyak zaitun adalah membuat rambut tumbuh sehat. Menggunakan minyak zaitun dapat mencegah rambut rontok dan juga membantu dalam membuat rambut lembut dan mengkilap.
  • Minyak zaitun juga berguna untuk menurunkan gejala diabetes parah, asma, arthritis, dsb. Minyak zaitun juga bermanfaat dalam mencegah kanker usus besar.
  • Menggunakan minyak zaitun untuk kuku pada saat tidur juga merupakan cara terbaik untuk dapat memiliki kuku yang sehat.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

  • Kaya vitamin E dan A, minyak zaitun membantu memperpanjang masa muda, melembabkan kulit, menjaga elastisitas dan kekenyalan. Dan minyak zaitun dapat membantu sel-sel kulit beregenerasi. Berikut ini manfaat minyak zaitun untuk wajah.
  • Pelembab – Minyak zaitun meresap jauh ke dalam kulit wajah, memberikan kelembaban yang dibutuhkan kulit dan bisa sebagai pelindung untuk melindungi kulit, menjaganya agar tetap mulus.
  • Exfoliating – Campuran minyak zaitun dengan garam laut bisa menjadi exfoliant alami untuk wajah, terutama jika Anda mengalami kulit kering.
  • Elastisitas kulit – Minyak zaitun, saat dipijat lembut ke wajah dapat membantu untuk meningkatkan elastisitas kulit.
  • Makeup Remover – Minyak zaitun berfungsi untuk melembutkan kulit, terutama ketika Anda menggunakannya sebagai make up remover secara konsisten.

Masker Wajah Zaitun Minyak

Berikut adalah resep untuk membuat masker wajah minyak zaitun, yang dapat dengan mudah dibuat di rumah dengan menggunakan beberapa bahan di dapur Anda.

Untuk Kulit Kering

Untuk kulit yang kering atau berkerut atau terbakar matahari, masker wajah ini bekerja degan. Ambil mangkuk dan masukan satu telur kuning, satu sendok makan tepung dan setengah sendok makan minyak zaitun. Aduk semua bahan hingga membentuk pasta. Oleskan pada kulit wajah dan biarkan selama dua puluh menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Terapkan masker ini dua kali seminggu pada kulit kering, untuk menjaga dengan kulit teteap lembab.

Kulit Normal

Untuk kulit normal, caranya masukan ke dalam mangkuk dan aduk, setengah cangkir yogurt, setengah cangkir jus mentimun dan setengah sendok makan minyak zaitun. Oleskan masker pada wajah, biarkan selama lima belas menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Karena kulit normal sudah sehat, menerapkan masker ini seminggu sekali sudah lebih dari cukup untuk perawatan kulit alami.

Kulit Berminyak

Untuk kulit berminyak, caranya mencampur satu cangkir oatmeal, setengah sendok makan minyak zaitun, garam laut dan setengah cangkir susu. Oleskan campuran tersebut pada wajah selama lima belas menit dan kemudian bilas. Masker wajah ini akan membantu dalam membersihkan pori-pori secara menyeluruh, sehingga mencegah timbulnya jerawat pada kulit berminyak yang sangat rentan terhadap jerawat.

Sumber : tipkecantikan.com

Tidak hanya itu manfaat minyak zaitun tergolong sangat banyak, karena keterbatasan waktu dan tenaga, nanti akan kami ulas lebih lengkap untuk manfaat minyak yang satu ini.  jalangan lupa untuk membaca artikel manfaat lainnya juga ya..

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook