5 Cara Mengatasi Baterai Hp Cepat Habis yang Wajib Diketahui

Cara Mengatasi Baterai Hp Cepat Habis

Banyak cara mengatasi baterai Hp cepat habis yang perlu diketahui bagi para pengguna Hp yang baterainya boros. Penyebab baterai boros salah satunya karena penggunaan Hp yang terlalu lama sehingga baterai menjadi tidak berfungsi dengan baik. Berbagai cara mengatasi baterai Hp cepat habis dengan mudah diantaranya :

1. Merawat Baterai

Perawatan baterai menjadi hal yang sangat penting untuk cara mengatasi baterai hp cepat habis. Perawatan yang dapat dilakukan adalah dengan tidak membiarkan baterai Hp panas. Penggunaan Hp harus sangat diperhatikan, seperti tidak menggunakan Hp dalam jangka waktu yang lama, tidak keasyikan bermain game sampai Hp panas dan tidak menghidupkan hotspot Hp dalam waktu lama.

Read More

Selain itu, menggunakan Hp pada saat di charger juga akan membuat baterai Hp menjadi panas dan cepat habis. Hp tidak baik jika diletakkan dalam dashboard mobil dan pemakaian di luar ruangan pada siang hari. Usahakan untuk tidak menggunakan Hp di bawah paparan sinar matahari, karena akan membuat baterai panas dan cepat habis.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menghilangkan Ghost Touch Android Cari Jawabannya Di Sini

2. Aktifkan Mode Power Saving

Semua Hp android kini sudah dilengkapi dengan mode power saving. Mode ini berfungsi untuk mengatasi baterai Hp agar tidak cepat habis. Cara kerjanya sangat mudah. Jika pengguna mengaktifkan mode power saving, maka secara otomatis Hp akan memilih aplikasi apa yang tidak harus dijalankan.

Cara yang dilakukan yaitu dengan menghilangkan animasi yang ada pada aplikasi. Selain itu juga dapat menonaktifkan background sync, mematikan pengaturan lokasi dan menurunkan tingkat kecerahan di layar Hp. Dengan menggunakan mode power saving akan membuat baterai Hp menjadi lebih awet.

3. Clear Cache

Cara mengatasi baterai Hp cepat habis lainnya adalah dengan membersihkan cache. Salah satu aplikasi yang memiliki peran besar dalam menghabiskan baterai Hp adalah google play store. Namun, aplikasi ini juga sangat penting dalam Hp karena sebagai penyalur komunikasi aplikasi dengan sistem, sehingga tidak boleh dihapus begitu saja.

Cara mengatasinya adalah dengan mengurangi tingkat pemakaian baterai pada google play. Pengguna dapat membuka pengaturan, lanjut ke menu aplikasi, klik semua, kemudian memilih google play service dan mengklik clear cache. Jika hal tersebut sudah dilakukan, maka penggunaan baterai untuk sistem dapat berkurang. Hal ini dapat dilakukan secara berkala yaitu sebulan sekali.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Android Unfortunately Has Stopped Terbukti Ampuh

4. Matikan Hp Jika Tidak Digunakan

Baterai Hp dapat menjadi cepat habis karena penggunaan yang terlalu lama. Untuk itu, jika Hp tidak digunakan sebaiknya dimatikan. Mematikan Hp juga bertujuan untuk pendinginan komponen dan sistem operasi pada Hp. Performa Hp akan sangat baik bila digunakan jika komponen sistem operasi telah dalam kondisi dingin sebelumnya yaitu dengan dimatikan. Dengan mematikan Hp berarti memberikan waktu istirahat untuk Hp sebelum digunakan kembali.

5. Menonaktifkan Push Notification

Fitur push notification akan secara otomatis memberikan pemberitahuan berupa pesan dari server ke Hp pengguna dan memerlukan koneksi internet dan membuat baterai cepat habis. Untuk itu, diperlukan cara mengatasi baterai Hp cepat habis yaitu dengan menonaktifkan semua fitur push notification.

Itulah cara mengatasi baterai Hp cepat habis yang wajib diketahui. Pengguna tidak perlu membawa Hp ke service center jika mengalami kendala pada baterai Hpnya. Berbagai cara di atas dapat dilakukan guna membantu mengatasi masalah pada baterai Hp. Cara-cara tersebut dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan pengguna lain, karena cukup mudah. Penggunaan Hp harus sangat diperhatikan untuk menghindari baterai cepat habis.

 

Related posts