6 Mata Kuliah Arsitektur ITB Wajib yang Perlu Diketahui Sebelum Mendaftar Kuliah di ITB

Mata Kuliah Arsitektur ITB

Kuliah jurusan Teknik Arsitektur di Institut Teknologi Bandung merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi seseorang. Oleh karena itu, banyak siswa SMA yang mencari tahu mata kuliah Arsitektur ITB sebelum mendaftarnya. Penasaran apa saja mata kuliah yang dipelajarinya? Langsung saja simak informasinya berikut ini:

1. Dasar-Dasar Perencanaan dan Perancangan

Pertama, yaitu ada mata kuliah Dasar Perencanaan dan Perancangan. Ini merupakan mata kuliah dasar yang dipelajari oleh mahasiswa Arsitektur ITB. Mata kuliah yang satu ini akan memperkenalkan para mahasiswa dasar dari suatu pengetahuan, proses serta prospek pada suatu bidang arsitektur.

Read More

Bidang yang dimaksud yaitu bidang perencanaan dari wilayah dan kota, serta suatu bidang perancangan arsitektur. Mata kuliah ini perlu dipahami dengan baik oleh setiap mahasiswa arsitektur agar dapat memahami lebih dalam lagi mata kuliah lain yang berhubungan yang tentunya lebih sulit.

Baca Juga : 3 Cara Menghitung Diameter Lingkaran yang Benar

2. Studio Perancangan Teknik Arsitektur

Mata kuliah yang kedua yaitu Studio Perancangan Teknik Arsitektur. Matkul ini mempelajari tentang suatu rangkaian pelatihan yang di-support oleh kuliah-kuliah instruksional di suatu pembelajaran dasar presentasi grafis. Ini juga menjadi bagian dari mata kuliah yang wajib dan sangat dasar untuk dapat dikuasai setiap mahasiswa.

Di dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan memahami dasar suatu pengamatan, pengukuran, pencatatan dan juga apresiasi. Selain itu,akan mempelajari juga bagaimana proses konstruksi dan juga dalam merancang suatu gedung atau bangunan kecil yang sederhana.

3. Bentuk dan Ruang Arsitektur

Mata kuliah arsitektur ITB berikutnya yaitu Bentuk dan Ruang Arsitektur. Bentuk dan Ruang Arsitektur mempelajari beberapa prinsip dasar yang berhubungan dengan perancangan suatu ruang dan bentuk arsitektur.

Pembelajarannya melalui proses pendefinisian ruang sebagai suatu kausalitas. Dimana hal tersebut akan melibatkan banyak aspek fisik dan juga aspek non fisik yang harus memenuhi tuntutan estetika, fungsional dan juga structural.

4. Rancangan Visual

Mata kuliah Rancangan Visual mempelajari tentang pengetahuan aspek visual yang dapat berpengaruh pada perwujudan arsitektur. Perwujudan arsitektur tersebut adalah hasil proses yang komprehensif.

Baca Juga : 5 Mata Kuliah Jurusan Sastra Inggris yang Menarik

Mata kuliah yang satu ini juga adalah bagian dari mata kuliah wajib yang harus dipahami di program studi Arsitektur ITB. Semua mahasiswa Arsitektur pasti mempelajari mata kuliah yang satu ini untuk dapat memahami mata kuliah selanjutnya yang tingkat kesulitannya lebih tinggi lagi.

5. Struktur, Konstruksi dan Bahan

Selanjutnya adalah mata kuliah Struktur, Konstruksi dan Bahan. Ini adalah mata kuliah paling dasar di Arsitektur. Mahasiswa harus memahami betul mata kuliah dasar yang satu ini karena ini akan bermanfaat dalam penerapan di mata kuliah berikutnya.

Mata kuliah Struktur, Konstruksi dan Bahan mempelajari dasar-dasar proses analisis struktur, elemen struktur dan tipologi struktur. Selain itu, disini juga mahasiswa akan mempelajari banyak prinsip rancangan struktur serta konstruksi suatu bangunan yang akan didesain.

6. Arsitektur Kota

Terakhir, ada mata kuliah Arsitektur Kota. Mata kuliah dasar dan wajib diikuti ini akan memberikan sejumlah pengetahuan dasar tentang elemen fisik pembangun kota. Setiap elemen akan dibahas lebih rinci dalam konteks perkembangan suatu sejarah dan teori.

Baca Juga : Inilah 5 Mata Kuliah Hukum Undip yang Wajib Diikuti

Selain itu, ditinjau kembali kondisinya saat ini melalui banyak kasus yang sedang populer di lapangan. Mata kuliah ini wajib dipelajari dan dipahami oleh semua mahasiswa Arsitektur ITB dengan baik.

Itu dia sekilas informasi mengenai mata kuliah Arsitektur ITB yang merupakan mata kuliah wajib dan dasar. Mata kuliah tersebut harus dipahami betul-betul saat berkuliah di jurusan Arsitektur Institut Teknologi Bandung. Bagi siswa yang ingin mendaftar di jurusan ini, alangkah lebih baiknya untuk mengenali mata kuliah-mata kuliah yang akan dipelajari nantinya.

 

Related posts