Obat Sakit Ginjal, Gejala dan Penyebabnya
Sakit Ginjal

Obat Sakit Ginjal, Gejala dan Penyebabnya

Selingkaran.Com – Sakit Ginjal, sedikit ngeri ketika kita mendengar akan penyakit ini, betapa tidak, sakit ginjal merupakan sakit yang tidak bisa dianggap remeh, karena fungsi ginjal sendiri sangatlah penting untuk tubuh kita. Ginjal memiliki peranan penting dalam tubuh untuk menyaring darah dan sisa sisa penyaringan akan dikeluarkan melalui urin, jadi ketika anda merasakan buang air kecil sedikit terganggu kemungkinan besar ginjal yang ada didalam tubuh anda sedang kurang baik.

Ginjal memiliki panjang sekitar 10 cm, dan memiliki berat kurang lebih 200gram, ginjal yang ada didalam tubuh kita terdapat 2 alias 1 pasang, ginjal sendiri tergabung dalam sistem Eksresi, dimana sistem ini merupakan proses dimana tubuh mengeluarkan zat sisa sisa metabolisme yang ada, zat yang dikeluarkan yaitu zat cair maupun gas. Zat-zat sisa yang dimaksud yaitu berupa urine(ginjal), keringat(kulit), empedu(hati), dan CO2(paru-paru). Kenapa zat zat ini harus dikeluarkan? karena jika zat ini terlalu lama mengendap didalam tubuh maka akan kurang baik bagi tubuh kita , karena akan menyebabkan racun dan merusak sistem metabolisme tubuh kita.

Obat Sakit GInjal

Sakit Ginjal

Mengobati Gagal Ginjal / Sakit Ginjal

Peranan ginjal sendiri ada 10, diantaranya adalah :

1. Menyaring Darah
2. Mempertahankan keseimbangan Kadar Asam dan Basa
3. Mengekskresikan zat-zat yang merugikan bagi tubuh
4. Memproses Ulang Zat
5. Mengatur Volume Cairan dalam Darah
6. Mengatur Keseimbangan Kandungan Kimia dalam Darah
7. Mengendalikan Kadar Gula dalam Darah
8. Penghasil Zat dan Hormon
9. Menjaga Tekanan Osmosis
10. Menjaga Darah

Terlihat dari 10 fungsi ginjal diatas, sudah bisa dipastikan bahwasannya ginjal sangatalah penting bagi tubuh kita, oleh sebab itu belakangan ini banyak orang yang mencari cari orang yang rela mendonorkan ginjalnya, karena harga ginjal sendiri tergolong sangat mahal, tetapi untuk melakukan hal itu sebaiknya anda fikir berulang kali.

Penyebab Sakit Ginjal/ Gagal Ginjal

Penyab penyakit ini sudah pasti karena pola hidup yang kurang sehat. Jika anda adalah orang yang suka mengkonsumsi alk0h0 L dan minuman minuman bersoda lainnya, biasanya orang yang sangat senang mengkonsumsi minuman ini dalam jangka waktu yang panjang, maka akan merusak sistem dari ginjal tersebut, ginjal tidak mampu menyaring soda atau zat zat negatif yang masung didalam tubuh, sehingga akan mengendap dan kemudian berpotensi terbentuknya endapat atau biasa disebut dengan batu ginjal.

Hal ini akan mulai terasa ketika produksi urine tidak lagi seperti biasanya, ketika mengeluarkan urine akan terasa sedikit nyeri dan panas, selain itu jika keseringan meminum minuman bersoda juga akan berdampak naiknya gula darah atau biasa disebut kencing manis, dan akan berpengaruh buruk terhadap ginjal.

Gejala Awal atau Ciri Ciri Akan Sakit Ginjal

Berkurangnya nafsu makan dan penurunan berat badan

Untuk tahap awal, orang yang mengalami sakit ginjal, maka nafsu makannya akan berkurang berbeda dengan orang yang sedang mengidap penyakit kencing manis yang malah ingin selalu makan makanan enak, ketika ginjal sudah mulai tidak sehat maka makanan apapun yang masuk termasuk minuman akan susah untuk disaring, dan ini akan terlihat pada saat orang tersebut mengeluarkan urine nya, warnanya pasti akan berbeda. Coba saja jika anda tidak percaya , anda jangan minum air putih seharian ganti dengan soda, maka ketika anda mengeluarkan urine akan terlihat bedanya, pasti akan terasa sedikit nyeri dan panas, berbeda ketika kita rajin mengkonsumsi air putih jernih, maka saat buang air kecil terasa lancar dan urine pun terlihat putih.

Terjadi pembengkakan kaki, pergelangan kaki dan tangan

Ketika ginjal sudah tidak mulai sehat lagi maka akan terasa sekali dampaknya, karena fungsi ginjal sendiri adalah menyaring cairan cairan yang masuk didalam tubuh, ketika ginjal sudah tidak mampu lagi menyaring zat tersebut, maka cairan cairan atau zat zat yang tidak berguna didalam tubuh akan membangun ruang sendiri dibagian sendi sendi tubuh kita.

Mudah lelah dan Sesak Nafas

Tubuh mudah lelah sudah pasti, karena terlalu banyak zat negatif yang ada pada tubuh, dan karena ginjal sudah tidak bekerja seperti biasanya maka daya tahan  tubuh akan terus menerus tergerus dan lama kelamaan orang yang mengalami sakit ginjal akan mudah lelah, karena daya tahan tubuh mulai melemah maka bisa jadi penyakit lainnya mulai berdatangan seperti sesak nafas, dan komplikasi lainnya.

Obat Sakit GInjal yang Alami

Jika anda sudah mulai merasa ada yang tidak beres pada tubuh anda, misalkan anda mulai gampang lelah, sebaiknya anda perbanyak minum air putih minimal 1,5 liter air putih dalam seharinya, hal ini akan memperlancar proses pembersihan zat zat yang tidak dibutuhkan didalam tubuh kita. Cara ini cukup ampuh, apalagi jika anda masih dalam tahap gejala, karena air putih sifatnya adalah membersihkan.

Untuk bahan alaminya sendiri cukup mudah untuk anda dapatkan disekitar rumah kita, diantaranya..

Alang-alang

Alang alang merupakan tumbuhan liar yang bisa kita temui di daerah sekitar kita, untuk meramunya anda cukup ambil 120 gram alang-alang segar lalu rebus dengan 3-4 gelas air, dan didihkan hingga tersisa 1 gelas saja dan bagilah menjadi 3, minum 3 kali sehari.

Daun Sukun

JIka anda tau akan sukun pasti anda sering melihat daunnya, biasanya buah sukun bisa kita nikmati dengan disandingkan segelas kopi atau teh hangat, dan ternyata daun dari buah tersebut bermanfaat juga untuk kesehatan kita, untuk meramunya dan cukup ambil daun sukun kering beberapa lembar ingat yang kering, karena ini akan dibuat seperti teh, setelah itu seduh daun tersebut dengan air mendidih sebanyak 1 gelas. Untuk menambah kenikmatan anda bisa menambahkan madu murni (baca : Manfaat Madu), konsumsi sehari 2x selama 10 hari. Selama proses pengobatan anda dilarang mengkonsumsi makanan seperti daun singkong, bayam, daun beserta buah pepaya, dan juga daging merah, jeroan dan kangkung.

Daun Kumis Kucing

Daun kumis kucing ternyata juga bisa dijadikan obat sakit ginjal, tetapi sayang nya saat ini tumbuhan ini sudah sangat jarang kita temui dilingkungan sekitar kita, entah karena apa tumbuhan ini mulai langka, tetapi jika memang anda berniat mencarinya pasti akan ketemu kok, untuk meramunya anda bisa menggunakan cara ini :

Ambil 60 g kumis kucin di tambah 30 g daun sendok segar, 30 g rumput mutiara segar rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih dan sisakan 2 gelas saja lalu saring dan minum 3 kali sehari.
Semangka

Untuk yang satu ini memang bisa dibilang paling enak, semangka juga sama halnya air putih, karena semangka juga sangat banyak sekali mengandung air, tak jarang, barang siapa yang kebanyakan mengkonsumsi buah ini maka akan beser atau buang air kecil berulang kali, jika anda sedang mengalami sakit ginjal alangkah baiknya anda banyak-banyak mengkonsumsi buah semangka ini.

Makanan yang dilarang dalam proses pengobatan, atau ketika anda sedang mengalami sakit ginjal .

Makanan yang dilarang  adalah makanan yang banyak mengandung protein, garam dan fosfat serta makanan yang mengandung kalium dan karbohidrat tinggi anralain :

  • Kentang
  • Jagung
  • Pasta
  • Ubi-ubian
  • Daigng Kambing
  • Daging Ayam
  • Ikan
  • Hati
  • Keju
  • Udang
  • Telur
  • Pisang
  • Jeruk
  • Alpukat
  • Seledri
  • Pepaya
  • Kembang Kol
  • dan Buncis

Sebaiknya anda hindari makan makanan seperti yang disebutkan diatas, untuk mempercepat proses penyembuhan sakit ginjal anda, selama proses pengobatan juga jangan lupa untuk memperbanyak mengkonsumsi air putih agar cepat sembuh, nah semoga setelah membaca artikel ini, penyakit anda akan segera sembuh ya.. Amin..

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook