Obat Sakit Kepala dan Penyebabnya

Obat Sakit Kepala dan Penyebabnya

Selingkaran.Com – Sakit kepala merupakan hal yang paling sering dialami oleh setiap orang, penyakit ini datang biasanya secara tiba tiba dan tanpa ada gejalanya, jika sakit kepala sudah melanda semua pekerjaan, semua aktivitas pastinya akan terhenti karena kita tidak bisa berkonsentrasi dalam melakukan suatu hal , jika sudah begini maka semua pekerjaan akan terbengkalai dan akhirnya tidak ada yang selesai, oleh sebab itu jika anda sudah merasakan ngenyut di bagian kepala anda sebaiknya cepat untuk mengatasinya agar tidak semakin parah sakit kepalanya.

Banyak faktor yang menyebabkan kepala terasa sakit dan nyut nyutan, biasanya kepala mulai sakit ketika menerima beban fikiran yang sangat berat, atau bisa disebut kaget, ketika anda dalam posisi rileks kemudian anda mendapatkan informasi atau kabar yang kurang menyenangkan atau lain sebagainya yang kurang berkenan dihati anda, maka fikiran anda akan tegang dan ini akan memicu terjadinya sakit kepala.

Tidak hanya itu, beberapa penyebab yang memicu terjadinya sakit kepala, berikut ini :

obat-sakit-kepala-selingkaran

1. Cuaca

Cuaca bisa menjadi faktor penyebab sakit pada bagian kepala anda, biasanya ini dialami saat atau ketika musim pancaroba atau bisa dibilang perubahan musim, dan dipercaya jika pada musim ini manusia akan rentan terkena penyakit, seperti demam, sakit kepala, flu, batuk dan lain lain. Tetapi walaupun begitu tidak setiap perubahan cuaca menjadi faktor utama penyebab sakit kepala.

2. Stres

Stres juga bisa dikatakan salah satu penyebab timbulnya sakit pada kepala anda, ketika anda sedang bekerja dan porsinya berlebihan ini akan memicu darah pada saluran darah semakin cepat karena jantung juga berdegup lebih cepat, sehingga aliran darah tidak teratur alhasil sakit kepala pun tidak bisa terhindarkan. Hal ini biasanya dialami oleh orang-orang yang kerja didepan komputer dengan kerja’an yang setumpuk.

4. Diet Anda

Diet juga salah satu faktor penyebab sakit kepala, jika anda saat ini sedang diet kemungkinan itulah penyebabnya, asupan gizi yang diterima oleh tubuh pastinya akan berkurang ketika anda melakukan diet, oleh sebab itu tubuh akan stres lalu memicu otak anda untuk berfikir lebih keras di luar kapasitas anda, tetapi tenang biasanya sakit kepala dikarenakan diet hanya akan terasa beberapa hari, ketika tubuh sudah menyesuaikan pola makan yang anda lakukan pasti sakit dikepala akan segera hilang.

6. Terlambat makan

Terlambat makan juga sama halnya seperti diet, jika anda tidak biasa dengan keterlmbatan mengkonsumsi makanan maka anda akan merasa nyut-nyutan dibagian kepala, jika ini terjadi maka segeralah mencari makanan untuk mengisi perut anda.

7. Kurang tidur

Kurang tidur jug memicu stres pada tubuh yang akhirnya akan menghambat aliran darah pada tubuh, termasuk leher dan kepala.

8. Terlalu banyak berolah raga

Tak selamanya yang baik itu selalu baik, seperti contohnya saja hal yang satu ini, olahraga juga dapat memicu terjadinya sakit kepala, jika anda terlalu memorsir olahraga dalam sehari maka ini akan mempercepat aliran darah ke leher dan kepala, sehingga mengakibatkan pembuluh darah membesar dan akhirnya anda akan merasa nyut-nyutan dikepala.

Macam Macam Sakit Kepala

Sakit kepala juga banyak jenisnya, antara lain :

  • Sakit Kepala Cluster
  • Sakit Kepala Migrain
  • Sakit Kepala berkepanjangan
  • Sakit Kepala Vertigo
  • dan masih banyak lagi…

Tentunya masih banyak faktor-faktor lain penyebab sakit kepala, diatas hanya sebagian besar dan umumnya saja, untuk obat sakit kepala sendiri, anda tinggal pilih, ingin menggunakan obat modern atau obat tradisional dalam artian herbal, untuk berikut ini akan kami uraikan megenai obat yang herbal :

Obat sakit kepala dengan Meminum Air Putih

Sebenarnya didunia ini banyak sekali obat alami yang bisa kita gunakan untuk mengobati sebuah penyakit, termasuk air putih, padahal kita sering meminumnya dan malah setiap hari untuk memnuhi cairan tubuh, tahukah anda bahwa jika tubuh kekurangan cairan maka akan berdampak negatif bagi tubuh, termasuk halnya anda akan merasakan sakit nyut-nyutan pada kepala anda.

Buah Pisang

Buah pisang selain enak juga terdapat banyak manfaat , anataralain untuk memperlancar pencernaan dan salah satunya untuk mengobati sakit kepala yang anda derita saat ini, kelembutan buah pisang akan membuat anda merasa rileks dan kandungan zat baik yang terkandung didalamnya juga dapat menangkal racun hingga mengatasi sakit kepala.

Es Batu

Es batu yang biasa kita konsumsi untuk dicampurkan minuman ini ternyata dapat mengurangi rasa sakit yang ada pada kepala kita, caranya mudah, ambil beberapa es batu lalu kompreskan dibagian kepala yang terasa sakit, ini akan mengurangi intensitas sakitnya akan berkurang secara perlahan.

Mengatasi Sakit Kepala dengan Kopi

Biasanya banyak yang mengeluh jika seorang maniak kopi tidak meminum kopi dalam sehari, yang akan mereka rasakan katanya sakit kepala, mungkin ini karena candu yang terkandung didalam kopi. Tetapi jika anda tidak pernah meminum kopi lalu tiba tiba anda merasa sakit kepala, ada baiknya anda mencoba untuk membuat secangkir kopi hangat untuk diminum, tetapi ingat jangan sering-sering ya.. nanti malah anda kecanduan kopi lagi.

Semangka

Sakit kepala bisa saja anda alami karena faktor dehidrasi atau yang lainnya seperti tekanan darah tinggi, jika memang benar begitu tak ada salahnya jika anda mengkonsumsi semangka, semangka dapat memenuhi cairan tubuh sekaligus untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Mengatasi Sakit Kepala dengan Tidur Secara Teratur

Tahukah anda tubuh yang kurang beristirahat maka akan cepat mengalami stres, ketika tubuh stres maka aliran darah yang ada pada tubuh tidak normal karena posisi jantung disini berdetak tidak beraturan, sehingga menyebabkan pembuluh dara membesar, hal ini akan terasa sakit dibagian leher belakan dan merambat ke kepala, oleh sebab itu jika anda kurang istirahat, sebaiknya istirahat dahulu mulai dari sekaran.

Untuk obat herbal lainnya anda bisa mengkonsumsi :

Teh Hijau

Teh hijau memberikan aroma wangi yang khas , sehingga membuat fikiran anda tenang , hal ini akan memicu otak untuk tidak terlalu tegang dalam memikirkan sesuatu yang menjadi penyebab sakit kepala.

Madu sebagai obat sakit kepala

Madu merupakan obat serbaguna yang ada didunia ini, seperti yang sudah kita kerahui, bahwasannya obat yang paling mujarab didunia ini adalah madu murni, anda bisa mencampurkan madu bersama dengan teh, ini akan memberi manfaat yang lebih, karena untuk pemanis anda hanya cukup memakai madu bukan gula.

Nah jika anda sudah mengetahui semua hal mengenai sakit kepa dan obat nya, sebaiknya kurangi mengkonsumsi obat-obatan yang dijual di warung-warung, karena hal ini akan membuat anda ketergantungan, dan untuk jangka panjang tentu kurang baik untuk kesehatan anda.

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook