Hit enter after type your search item
Selingkaran.Com

Ijo Merah, macam kue getuk.

Resep Cara Membuat Menganyam Ketupat Lebaran Mudah dan Tips Kipat

/
/
36 Views
img
Resep Cara Membuat Menganyam Ketupat Lebaran Mudah dan Tips Kipat
Ketupat Lebaran
Resep Cara Membuat Menganyam Ketupat Lebaran Mudah dan Tips Kipat – Setelah beberapa waktu lalu membahas tentang sayur dan lauk pendamping masakan ketupat lebaran, sekarang saatnya membahas resep membuat ketupat itu sendiri. Disini saya tulis dengan judul Resep Cara Membuat Menganyam Ketupat Lebaran Mudah dan Tips Kipat. Seperti judulnya berarti saya akan memberitahukan resep ketupat lebaran, cara membuat ketupat lebaran dan bagaimana cara menganyam janur menjadi ketupat yang bisa diisi beras dan dimasak menjadi ketupat untuk lebaran nanti. Selain itu saya juga akan menulis tentang tips dan trik dalam membuat ketupat sehingga bisa menghasilkan ketupat yang kenyal, bagus, tidak berantakan dan tidak gagal. Di daerah lain, seperti di bali, ketupat disebut dengan nama lain yaitu Kipat. Tapi, kalau kipat itu biasanya digunakan sebagai bahan pelengkap sajen atau persembahan dalam upacara keagamaan disana. Apapun itu, ketupat adalah salah satu makanan yang enak dan selalu ada saat hari raya lebaran tiba.
Resep Cara Membuat Menganyam Ketupat Lebaran Mudah dan Tips Kipat
Cara Menganyam dan Membuat Ketupat 

Cara Mengayam dan Membuat Ketupat Lebaran

Bahan yang digunakan adalah janur. Janur berasal dari daun kelapa yang masih muda.
Cara menganyam janur ketupat :
1. Gulung janur sampai tiga kali gulungan di tangan sobat onliners dengan posisi bagian pangkal janur menghadap ke atas.
2. Ambil janur satu lagi, lalu gulungkan juga pada tangan sobat onliners sebanyak tiga kali. Tapi kali ini posisi pangkal janur menghadap ke bawah.
3. Buatlah kedua gulungan janur menjadi saling bersilangan. Tapi janur harus tetap dalam keadaan posisi tergulung.
4. Ambil salah satu ujung janur lalu putar ke belakang susunan janur tadi.
5. Masukkan ujung janur yang sudah diputar ke belakang tadi, menuju ke janur yang berada pada posisi tengah. Cara memasukkan janur tadi dilakukan seperti mengayam.
6. Teruskan ayaman janur tadi sampai bawah. Dan lakukan hal yang sama pada ujung janur yang satunya lagi.
7. Pangkal janur yang telah berada di samping, langsung bisa diayam ke atas. Lakukan hal seperti ini pada kedua pangkal janur hingga bertemu di bagian atas ketupat.

Resep Membuat Ketupat Lebaran :
Bahan ketupat lebaran :
Janur yang sudah dianyam
2 kg Beras, atau secukupnya
Air kapur sirih, sedikit saja (opsional bila suka)
Air secukupnya
Cara Membuat Ketupat lebaran :
1. Siapakan kulit ketupat. Cuci bersih kulit ketupat atau janur lalu tiriskan.
2. Cuci bersih beras, rendam dalam air dingin dan tambahkan air kapur sirih selama kurang lebih 3 jam. Tiriskan.
3. Isi kulit ketupat atau janur dengan beras hingga 2/3 bagian kulit ketupat terisi beras.
4. Rebus air dalam panci besar, tunggu hingga mendidih.
5. Susun ketupat di dalam panci dandang yang tinggi dan besar.
6. Tuang air panas kemudian masak selama kurang lebih 4-5 jam hingga ketupat padat. Kalau air berkurang tambahkan air panas lagi secukupnya.
7. Angkat ketupat dan tiriskan. Kemudian gantung di tempat yang berangin hingga ketupat dingin.

Tips Membuat Ketupat Kenyal dan Tidak Cepat Basi :
1. Beras yang digunakan adalah beras yang menghasilkan nasi pulen. Seperti beras rojolele, pandan wangi, mentik spesial, atau sesuai selera anda.
2. Usahakan kulit ketupat mempunyai ukuran yang sama agar matangnya secara bersamaan.
3. Janur atau kulit ketupat. Pilihlah daun kelapa yang berwarna kuning muda kehijauan atau yang tampak segar agar hasil jadi ketupat lebih bersih dan putih.
4.Agar ketupat menjadi Gurih dan Kenyal. Tambahkan sedikit air kapur sirih pada beras yang sudah dicuci sebelum dimasukkan ke dalam janur kulit ketupat. Fungsi dari air kapur sirih juga bisa membuat ketupat lebih awet dan tidak cepat basi. Supaya rasanya lebih gurih, sobat onliners bisa menambahkan sedikit garam pada beras (opsional kalau suka).
5. Bila saat merebus, air rebusan ketupat mulai berkurang, tambahkan lagi air panas. Tujuannya agar ketupat tetap bersih dan tidak terlihat kotor saat sudah jadi.
6. Agar ketupat menjadi lebih awet dan tidak basi, bila sobat onliners masak ketupat terlalu banyak, kalian bisa memasukkan sisa ketupat ke dalam lemari es. Sesaat sebelum dihidangkan lagi, keluarkan dan biarkan ketupat beberapa lama sampai dinginnya berkurang. Kemudian, rebus di dalam air mendidih sekitar kurang lebih 30 menit lalu tiriskan. Rasanya, tentu saja masih tetap kenyal dan legit.
Itulah tadi cara membuat ketupat lebaran, resep ketupat lebaran, serta cara menganyam dan membuat ketupat lebaran. Ketupat lebaran sangat cocok disajikan dengan resep opor ayam, ataupun dengan resep sambal goreng kentang dan ati ampela, serta sayur labu siam. Tetap di tempat online ku untuk mengetahui informasi resep masakan yang lainnya.

This div height required for enabling the sticky sidebar