5 Cara Mematikan Android yang Hang, Dijamin Buat Android Kembali Normal!

Cara Mematikan Android yang Hang

Android yang mengalami hang diklaim sangat meresahkan bagi para penggunanya. Bayangkan, ketika pengguna Android sedang asyik bermain ponsel kemudian aktivitasnya harus terhenti. Layar tidak dapat digerakkan kemana mana sehingga ponsel terpaksa harus dimatikan. Namun bagaimana jika pengguna tidak mengerti bagaimana cara mematikan Android yang hang dan tidak tahu harus apa.

Jangan bingung lagi, beberapa cara yang akan dibeberkan di bawah ini mungkin akan membantu masalah ini. Cara-cara tersebut adalah:

Read More

1. Restart Android

Me-restart alias memulai ulang Android adalah hal yang paling umum terlintas dalam benak setiap pengguna Android. Memulai ulang Android berarti mematikan sistem dan menghentikan seluruh data yang sedang berlangsung, kemudian menyetel ulangnya.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menghilangkan Ghost Touch Android Cari Jawabannya Di Sini

Cara me-restart Android sangat mudah, tekan tombol power yang ada di sisi samping ponsel. Tekan selama beberapa detik, setelah muncul tiga pilihan, pilih menu restart ponsel. Jangan panik jika ponsel mati sebentar, karena ponsel akan kembali hidup. Tunggu sampai seluruh sistem selesai dipasang.

2. Tekan Tombol Power sekaligus Tombol Volume

Dari sekian banyak model Android, ada beberapa jenis yang tidak bisa langsung dimatikan hanya lewat tombol power. Diperlukan tindakan ekstra demi bisa mematikan Android yang sedang hang. Contoh model Android yang seperti itu adalah model Android dengan baterai tanam seperti Vivo, Oppo, dan Xiaomi.

Mudah saja mengakalinya, tekan tombol power bersamaan dengan tombol volume. Tekan selama beberapa detik sesuai ketentuan masing masing ponsel. Misalnya Vivo yang harus dimatikan bersamaan dengan tombol volume atas selama 10 detik. Secara otomatis, Android akan mati sendiri.

3. Menunggu Baterai Habis

Cara mematikan Android yang hang paling simpel jatuh kepada pilihan ini. Menunggu baterai sampai habis sendiri merupakan pilihan untuk para pengguna yang memiliki kesabaran lebih. Bilamana daya baterai ponsel pada waktu digunakan tinggal sedikit, menunggu sampai habis adalah pilihan bijak.

Ketika baterai habis dengan sendirinya, Android akan mati kehabisan daya. Setelahnya, pengguna Android bisa langsung mengisi ulang daya baterai melalui soket. Android akan merespon pengisian daya. Saat itulah Android bisa kembali dinyalakan ulang.

4. Cara Mematikan Android yang Hang dengan Mencabut Baterai Ponsel

Sudah pasti dapat dijamin, mencabut baterai ponsel adalah cara paling instan dalam menangani hang Android. Ponsel Android yang kehilangan kemampuan beraktivitas akan mati dan kembali memulai perangkat dari awal secara langsung. Langsung saja lepaskan baterai ponsel yang sebelumnya terpasang.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Android Unfortunately Has Stopped Terbukti Ampuh

Ini berlaku untuk ponsel dengan baterai yang bersifat remover alias bebas dipasang cabut. Melalui cara ini, jelas Android akan mati dan menghentikan freeze alias hang yang menyerang sebelumnya. Setelah baterai kembali dipasang, Android baru dapat merespon dan kembali bekerja sebagaimana biasanya.

5. Bawa Android ke Tempat Servis

Membawa Android ke tempat servis adalah pilihan terakhir dan dikhususkan bagi pengguna ponsel baterai tanam. Seperti yang diketahui, baterai tanam adalah jenis baterai ponsel yang tidak bisa dipasang cabut sesuka hati. Tindakan ini memerlukan keahlian khusus yang tidak sembarangan.

Lebih baik bawa saja langsung Android ke tangan yang lebih pakar. Jaminan pekerjaan juga lebih aman dan mengurangi resiko kerusakan Android dibanding mengotak atik secara mandiri. Keefektifan cara ini sudah tidak perlu diragukan lagi, pasti Android bisa kembali normal.

Memang, selain mematikan Android dirasa tidak ada cara lain dalam mengatasi masalah Android hang. Apabila pengguna Android sedang mengalami masalah ponsel hang, cobalah praktikkan salah satu cara mematikan Android yang hang dari penjelasan di atas. Kurangi aplikasi yang tidak berguna agar Android tidak perlu mengalami hang yang bisa mengganggu aktivitas.

 

Related posts