Rasanya Manis dan Legit, Inilah Peluang Bisnis Nugget Pisang yang Cuannya Menjanjikan

Bisnis Nuget Pisang

Nugget umumnya memiliki citarasa asin, namun sekarang ada pula nugget yang rasanya manis dan legit seperti nugget pisang. Bahkan ternyata peluang bisnis nugget pisang yang cuannya menjanjikan ini menjadi ide usaha yang dapat dikerjakan oleh siapa saja bahkan pemula.

Meskipun olahan pisang ada banyak ragamnya, tetapi nugget pisang masih dianggap baru sampai saat ini. Belum banyaknya yang menggeluti bisnis makanan manis satu ini membuat peluang usahanya menjadi terbuka lebar. Hal ini tentu saja memungkinkan pebisnis menjadi pionir di daerah masing-masing. Simak yuk apa saja peluang dari bisnis ini!

Bacaan Lainnya

1.  Bahan Baku Mudah Diperoleh

Pisang merupakan tanaman yang dapat tumbuh tanpa mengenal musim, artinya buah ini dapat ditemukan dengan mudah kapan saja. Pohon pisang tidak memerlukan syarat geografis tertentu untuk dapat tumbuh dengan baik, sehingga mudah didapatkan bahkan cenderung melimpah. Ketersediaan bahan baku inilah yang menjadi salah satu faktor kelancaran sebuah bisnis.

Baca Juga : Analisa Usaha Nasi Goreng Kekinian Perlu Anda Tahu Agar Keuntungan Sesuai Harapan

Untuk membuat nugget pisang, pebisnis dapat menggunakan pisang jenis apa saja. Pasalnya bahan utama berupa pisang ini akan dilumatkan sampai halus. Namun, rekomendasi pisang untuk membuat nugget adalah jenis pisang kepok atau pisang uli, sebab memiliki tekstur yang empuk, lembut dan agak lembek agar mudah diolah.

2.  Harga Bahan Baku Relatif Murah

Ketersediaan bahan baku yang melimpah setiap saat ini membuat harga pisang sangat terjangkau bahkan cenderung murah dibandingkan buah lainnya. Tentu saja ini menjadi peluang bisnis nugget pisang yang cuannya menjanjikan. Memang untuk nugget pisang memerlukan bahan lain, misalnya tepung panir dan aneka topping, tetapi kebutuhannya tidak banyak.

Dari 5 buah pisang yang ada, biasanya akan diolah menjadi 2 porsi pisang nugget dan dijual dalam paket box berisi 10 buah. Harga jual per porsi kisaran Rp.18-23 ribu tergantung dari topping yang dipilih. Terlihat kan keuntungan yang akan diperoleh dari setiap box-nya?

3.  Cara Pengolahannya Mudah

Cara membuat nugget pisang yang renyah dan lembut ini sangat mudah dan tidak memerlukan teknik khusus. Dimulai dari mengukus adonan berupa campuran pisang yang sudah dilumatkan, tepung terigu, gula, telur, susu kental manis dan keju parut. Setelah dingin, potong sesuai selera dan lumuri dengan larutan maizena serta tepung terigu, lalu balur dengan tepung roti dan goreng hingga matang.

Baca Juga : Inilah Peluang Bisnis Lobster Air Tawar dan Strategi Pemasarannya Agar Cepat Laku

Nugget pisang yang sudah digoreng hingga coklat keemasan ini biarkan sampai dingin dan tidak berminyak. Kemudian beri topping sesuai selera, misalnya parutan keju cheddar, olesan pasta coklat atau rasa lainnya yang menggugah selera.

4.  Dapat Dinikmati Semua Kalangan

Cara pengolahan pisang yang tidak variatif tentu membuat bosan juga. Namun mengolahnya menjadi bentuk yang berbeda membuat peluang nugget pisang yang cuannya menjanjikan ini dapat dijadikan sumber penghasilan. Kekuatan kudapan inipun terletak pada rasanya yang manis, teksturnya yang lembut dan topping menarik. Sehingga dapat dinikmati oleh semua kalangan.

5.  Alternatif Cara Bisnis

Peluang memanfaatkan nugget pisang sebagai bisnis masih terbuka lebar sebab tidak banyak yang menggeluti usaha satu ini. Anggapan pemasaran nugget pisang itu sulit pun menjadi alasannya. Padahal ada dua alternatif untuk menjadikannya bisnis yang menguntungkan, yaitu seperti berikut:

Baca Juga : Analisis Peluang Usaha Jamur Tiram Yang Harus Diketahui Sebelum Memulai Bisnisnya

  • Tanpa franchise. Jika bisnis ini dijalankan secara mandiri tanpa franchise, pastikan resep yang digunakan telah benar-benar dicoba dan disukai oleh orang-orang yang mencobanya. Pikirkan dan lakukan inovasi secara berkesinambungan disertai program pemasaran yang tepat.
  • Membeli franchise. Telah banyak usaha nugget pisang yang berhasil dan membuka kerjasama kemitraan berbentuk franchise. Dengan cara ini tidak perlu melakukan branding yang sulit, sebab pemilik waralaba akan memberikan panduan marketing yang telah teruji keberhasilannya.

Sudah terbayang legitnya peluang bisnis nugget pisang yang cuannya menjanjikan dari buah yang manis ini? Begitu pun bisnis kuliner selalu menuntut inovasi yang berpijak pada kearifan lokal, melahirkan makanan baru jenis yang anti mainstream. Selamat mencoba dan berkreasi agar bisnis semakin menjanjikan.

Pos terkait