Inilah Peluang Bisnis Lobster Air Tawar dan Strategi Pemasarannya Agar Cepat Laku

Peluang Bisnis Lobster Air Tawar

Lobster air tawar saat ini memiliki harga yang cukup tinggi walaupun masih di bawah harga Lobster laut. Hal ini disebabkan karena jumlah supply yang tersedia tidak sebanding dengan tingginya permintaan. Namun, kekurangan supply ini bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Kira-kira bagaimana peluang bisnis Lobster air tawar dan strategi pemasarannya? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Peluang Bisnis Lobster Air Tawar

Minat masyarakat yang tinggi atas Lobster air tawar membuat pengusaha Lobster cukup kewalahan untuk memenuhi permintaan tersebut. Walau memiliki ukuran yang kecil, rasa dari Lobster air tawar tetap nikmat. Harga yang ditawarkan pun lebih murah dari Lobster laut. Dengan keunggulan tersebut membuat peluang bisnis Lobster air tawar dan strategi pemasarannya menjadi besar serta mudah.

Bacaan Lainnya

Harga yang ditawarkan untuk Lobster air tawar ini mulai dari Rp 80.000,- per kilogram. Harga Lobster dipengaruhi oleh ukuran, semakin besar Lobster maka akan semakin mahal. Meski harganya lebih murah, usaha Lobster air tawar tetap menguntungkan karena tidak memerlukan modal banyak. Selain itu, ternak Lobster jenis ini juga dapat dilakukan walau hanya di akuarium saja.

Baca Juga : Bagaimanakah Prospek Bisnis Limbah Plastik di Era Sekarang, Apakah Masih Cuan- Begini Penjelasannya!

Agar usaha pembudidayaan Lobster air tawar bisa sukses, peternak perlu memilih indukan yang sudah berumur 1 tahun keatas. Kemudian perlu diperhatikan kualitas air yang digunakan serta perlu memperhatikan pasokan oksigen di dalam air. Ketika mulai pemijahan, perlu melakukan pemisahan induk dengan telurnya. Agar telur dapat bertumbuh dengan maksimal.

Strategi Pemasaran Lobster Air Tawar

Setelah penjelasan tentang peluang bisnis Lobster air tawar, tentu harus mengetahui strategi pemasaran seperti apa agar hasil dari budidaya dapat laku di pasaran. Berikut adalah beberapa strategi pemasaran agar Lobster dapat terjual dengan cepat:

1. Melakukan Riset Pasar

Strategi awal yang harus dilakukan dalam pemasaran Lobster air tawar adalah melakukan riset pasar. Pengusaha perlu melihat dimana dan siapa yang menjadi target marketnya. Lokasi yang tinggi akan konsumsi Lobster bisa dijadikan tempat yang strategis untuk menjual hasil ternaknya. Setelah mengetahui lokasi, pengusaha dapat menghubungi pihak terkait untuk melakukan penjualan dan pemasaran.

2. Melakukan Pemasaran Secara Tradisional

Strategi pemasaran yang dapat dilakukan selanjutnya adalah dengan cara yang tradisional, yaitu dengan menjualnya ke pasar atau pengepul ikan. Selain itu, peternak juga bisa memasarkan Lobster air tawar kepada teman atau tetangga dekat.

Baca Juga : Analisis Peluang Usaha Jamur Tiram Yang Harus Diketahui Sebelum Memulai Bisnisnya

3. Melalui Situs Atau Toko Online

Dengan majunya dunia teknologi, strategi pemasaran melalui situs atau toko online tentu cukup menjanjikan. Peternak dapat memasarkan Lobster air tawar melalui berbagai platform online seperti Tokopedia atau Shopee. Atau bahkan membuat situs online khusus untuk menjual Lobster yang dimiliki. Dengan situs atau toko online, peternak dapat menjangkau konsumen dimanapun.

4. Memanfaatkan Media Sosial

Pengaruh dari media sosial sangatlah besar saat ini. Semakin pintar seseorang mengolah konten yang menarik tentu bisa mendatangkan pembeli. Berbagai platform media sosial seperti Facebook atau Instagram dapat dimanfaatkan sebagai media promosi untuk penjualan Lobster air tawar.

5. Kerjasama Dengan Restoran

Strategi pemasaran yang terakhir adalah dengan menjualnya kepada restoran. Permintaan atas Lobster untuk konsumsi cukup tinggi dan dicari oleh masyarakat. Namun, harga Lobster laut yang mahal membuat hanya sebagian orang yang mencobanya. Dengan harga Lobster air tawar yang jauh lebih murah, tentu menjadi peluang untuk menjualnya kepada restoran yang menyediakan hidangan Lobster.

Baca Juga : Analisis Peluang Usaha Bisnis Hampers dan Kelemahannya yang Harus Diwaspadai

Itulah penjabaran tentang peluang bisnis Lobster air tawar dan strategi pemasarannya. Bisnis Lobster ini cukup menguntungkan karena tingginya minat atas Lobster itu sendiri. Selain itu, penting juga untuk memahami konsep pemasaran, baik secara online maupun offline. Agar Lobster yang dimiliki dapat dijual dengan cepat serta harga yang bagus.

Pos terkait