Obat Sakit Mata Alami yang Ampuh
Mata Sehat

Obat Sakit Mata Alami yang Ampuh

Selingkaran.com – Sakit Mata merupakan hal yang sering dialami pada era sekarang ini, kenapa? karena sekarang musim tidak menentu tidak seperti halnya dulu, era sekarang lebih banyak panas ketimbang dingin atau hujannya, ini lah salah satu faktor yang menyebabkan orang sering menderita sakit mata, karena banyak debu yang bertebaran dimana mana, sehingga dengan cepat dan mudah masuk keselah selah mata kita dan setelah itu kita mata akan merasakan gatal dan disinilah tangan kita akan beraksi mengucek-ngucek mata sehingga terjadi iritasi ringan, walaupun ringan jangan dianggap remeh loh bisa saja ini awal terjadinya sakit mata.

Ada berbagai macam jenis sakit mata yang dapat kita ketahui diantaranya adalah Viral conjunctivitis, Konjungtivitis Bakteri, Konjungtivitis Alergi, Konjungtivitis Akibat Iritasi, dari keempat jenis tersebut tentunya memiliki perbedaan, seperti Konjungtivitis akibat iritasi, seperti halnya yang sudah kita bahas diatas ini merupakan sakit mata akibat iritasi  biasanya karena mata anda kemasukan kotoran atau gram lalu anda mengkuceknya sehingga terjadi iritasi dan mata akan berubah warna kemerahan yang akan menimbulkan infeksi pada mata jika anda tetap melakukannya tanpa henti.

Untuk lebih jelasnya mengenai jenis jenis sakit mata tersebut anda bisa lihat berikut ini :

Obat Sakit Mata

Mata Sehat

Cara mengobati Sakit Mata

Viral conjunctivitis.

Viral Conjuctivitis merupakan sakit mata yang disebabkan oleh virus. Jika anda tau sakit mata jenis ini merupakan sakit mata yang menular selayaknya penyakit flu atau pilek, tetapi tak usah kawatir karena penyakit mata jenis ini akan segera hilang dalam beberapa hari tanpa perlu menggunakan perawatan medis aliasdokter.

Konjungtivitis Bakteri.

Berbeda dengan Viral Conjuctivitis, Konjungtivitis Bakteri tentu saja disebabkan oleh infeksi bakteri dan bukan virus, penyakit ini biasanya sering kali kita alami loh, jika anda sakit mata lelu sering mengeluarkan cairan kuning kehijauan lalu berubah menjadi belek berarti anda sedang mengalami sakit mata jenis ini, dan sama seperti Viral Conjuctivitis, penyakit mata ini juga sangat menular, cara peularannya juga bisa melalui udara loh.

Konjungtivitis Alergi.

Jika dilihat dari namanya pasti anda tahu penyebab dari sakit mata jenis ini, yup benar sekali faktor utama yang menyebabkan penyakit ini adalah karena terjadinya alergi entah itu karena suatu serbuk, debu, binatang, makanan atau yang lainnya, yang jelas sakit mata jenis ini disebabkan oleh alergi, dan yang sering dirasakan biasanya mata yang gatal dan mengeluarkan air dibarengi dengan bersin bersin yang tiada hentinya serta hidung terseumbat.

Konjungtivitis Akibat Iritasi

Untuk jenis penyakit mata ini biasanya terjadi karena mata kemasukan sesuatu seperti debu, kelilipan ataupun terkena percikan logam berat, hal ini dapat membuat mata anda menjadi merah untuk tahap yang ringan biasanya akan sembuh dalam hitungan jam dan jika diteteskan obat mata malah akan lebih cepat, tapi pada tahap yang lumayan berat seperti terkena percikal logam berat, maka jangan sekali kali anda mengucek mata, jika nekat malah akan memperparah mata anda, segeralah pergi kedokter jika memang perlu, agar anda tidak salah dalam menangani mata anda.

Hal hal yang perlu dihindari ketika anda sakit mata :

Mengucek Mata Dengan Keras, mengucek mata hanya akan memperparah sakit mata yang anda derita saat ini, karena ini akan menyebabkan iritasi dan tekanan pada mata, jika anda keluar rumah usahakan menggunakan pelindung pada mata seperti halnya kacamata agar mata anda lebih terawat dan supaya cepat sembuh.

Hindari berhadapan Langsung dengan Layar TV/Komputer, ketika anda sakit mata sebaiknya anda istirahatkan dahulu mata anda dari segala aktifitas yang berat, seperti misalna terlalu menonton tv/bermain game atau mengerjakan tugas di komputer anda, karena caha yang dihasilkan oleh layar LCD bisa mengganggu proses penyembuhan mata anda, dan mata malah akan terasa panas.

Membaca Terlalu Lama, disini maksutnya membaca adalah membaca apasaja seperti novel, buku catatan dan buku buku lainnya, jika anda sedang mengalami sakit ini sebaiknya kurangi dulu ya membacanya ini untuk membantu proses penyembuhan mata, jika anda tetap nekat maka yang akan anda rasakan adalah mata akan cepat lelah dan terasa pegal hingga mengeluarkan air dan belek.

Obat Sakit Mata yang Alami dan Ampuh untuk menyembuhkan Penyakit Ini

Ramuan daun Sirih untuk Mengobati Mata yang Sakit

Jaman dahulu obat obatan mahal tentunya tidak ada seperti sekarang, sekarang sih enak sudah banyak obat yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit seperti halnya tetes mata yang dapat mengatasi sakit mata dalam sekejap.

Sebenarnya untuk mengobati ini anda juga bisa menggunakan ramuan alami yang bisa anda racik sendiri dirumah, dan bahan utamanya adalah daun sirh, nah untuk merammunya anda bisa menggunakan cara berikut ini :

  • Pertama Sediakan beberapa lembar daun siri minimal 10 lembar.
  • Kedua Remat remat daun sirih tetapi jangan sampai hancur , cukup 1 kali saja diremat.
  • Ketiga daun sirih bisa anda rebus di air panas hingga air mendidih dan sekikit berkurang, hingga air berubah warna kekuningan.
  • Keempat dinginkan air sari dari daun sirih tersebut hingga benar benar dingi atau minimal sedikit hangat.
  • Terakhir bilaslah mata anda didalam air sirih tersebut, anda bisa letakan air sirih diatas piring lalu anda bisa masukan mata anda kedalam air sirih tersebut lalu dikedip kedipkan beberapa saat, dan bergantian antara mata satu dan satunya lagi, lakukan hingga mata terasa mendingan.
  • Lakukan hal ini minimal 1hari sekali atau 2x dalam sehari hingga mata anda sembuh, biasanya dalam waktu 2x 24 jam mata anda akan terasa enteng dan membaik dan rasa pegal pada mata pun akan hilang.

Nah jika sudah sembuh pastinya terasa nikmat banget ya untuk melihat, nggak gatel, nggak pegel dan tentunya kalo bangun tidur nggak belekan ya, kalo belekan pasti mata akan susah untuk dibuka dan anda akan kaget, hehehe oke deh demikian dulu informasi kali ini, semoga bermanfaat ya…

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook