Segudang Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan
Buah Naga

Segudang Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Selingkaran.Com – Buah naga akhir-akhir ini sangat populer di kalangan masyarakat, buah yang satu ini konon katanya banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita, oleh sebab itu masyarakat Indonesia mencari cara untuk menikmati buah ini dalam berbagai macam bentuk sajian kuliner, misalkan saja buah naga dicampur sebagai buah untuk sop buah, atau untuk selai buah naga, dan tentunya rasanya akan menjadi nikmat pada saat kita mengkonsumsi ini.

Buah yang mempunyai nama latin Hylocereus ini merupakan kelompok dari tumbuhan kaktus kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereu. Dahulunya buah ini hanya kita jumpai pada negara-negara tertentu saja, seperti Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, tetapi sekarang ini kita bisa melihat banyak sekali budidaya buah naga yang ada di negara kita termasuk juga negara negara wilayah asia lainnya.

Buah naga sendiri memiliki jenis jenisnya loh, jenis jenisnya terdiri dari 4 jenis, apasajakah itu? yuk disimak..

Buah Naga

Buah Naga

Khasiat Buah Naga yang Harus Diketahui

1. Buah Naga Merah (Hylocereus undatus)

Satu-satunya perbedaan buah naga merah dengan jenis lainnya terletak pada warna daging buahnya. Buah naga merah memiliki warna daging merah cerah. Untuk kondisi tertentu, buah naga denga warna merah pekat disebut Dragon Fruit Super Red.

2. Buah Naga Hitam

Buah naga berwarna hitam ini merupakan hasil hibrida dari buah naga super red yang dirawat dan dipelihara dengan menggunakan pupuk hitam atau yang juga dikenal dengan nama Black Natural. Perbedaan utama buah ini adalah pada penggunaan pupuk hitam merupakan poin utama yang membedakannya dengan budidaya buah naga varietas lainnya.

3. Buah Naga Putih

Perbedaan yang menjadi dasar pengelompokan berbagai varitas ini ada pada daging buahnya. Selain itu, buah naga putih juga memiliki aroma yang khas dan berbeda denga jenis buah naga lainnya.

4. Buah Naga Kuning ( Selenicereus megalanthus)

Perbedaan lain buah naga kuning dengan jenis lainnya terletak pada ukuran buah dan juga ukuran pohonnya. Secara umum diketahui bahwa pohon buah naga kuning cenderung lebih pendek ketimbang pohon lainnya. ukuran buahnya yang juga dua kali lebih kecil dibandingkan varian lain. Meskipun memiliki buah yang lebih kecil, buah naga kuning memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan buah naga yang lainnya.

Sumber : kokiku.tv

Dan ada Jenis Lainnya juga seperti

Hylocereus polyrhizus, yang buahnya berwarna merah muda dengan daging buah merah.
Hylocereus costaricensis, buah naga dengan warna buah yang sangat merah.

Untuk manfaatnya sendiri, buah naga tentunya memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan kita, tetapi kita akan bahas yang intinya saja mengenai manfaat ini ya, yuk mari disimak…

1. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah naga, sangat bermanfaat sekali untuk menghancurkan sel sel pertumbuhan kanker yang berpotensi menjadi kanker, oleh sebab itu ini sangat baik sekali untuk kesehatan kita.

2. Manfaat Buah Naga untuk Menjaga Kesehatan jantung

Kandungan Vitamin C, B1, B2, dan B3 yang sangat bermanfaat sekali untuk menjaga kesehatan jantung kita, bagi penderita sakit jantung diharapkan selalu mengkonsumsi buah ini, selain untuk menjaga kesehatan jantung juga dapat mengobati jantung yang sedang sakit.

3. Mencegah Diabetes Melitus

Diabetes merupakan penyakit yang sering kita temui dikebanyakan orang tua jaman sekarang, bahkan anak muda juga sekarang banyak yang sudah terjangkit, kemungkinan karena pola hidup yang kurang sehat seperti jarang berolah raga dan kurang mengkonsumsi makanan makanan yang sehat seperti buah buahan dan sayur sayuran, oleh sebab itu anda diharapkan bisa dengan rutin minimal 1 minggu sekali untuk mengkonsumsi buah ini.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Antibody yang terkadung pada buah naga sangat lah tinggi, ini dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita , sehingga tubuh kita kebal akan penyakit yang datang dan tentunya supaya kita tidak gampang sakit.

5. Merawat Kesehatan Kulit

Caranya ambil satu buah naga dan kupas kulitnya, haluskan. Lalu buah naga yang telah diblender dimasukkan kedalam gelas dan ambil airnya dengan sendok usapkan pada wajah. Lakukan secara teratur setiap hari.

6.Menetralkan racun

Dengan mengonsumsi buah naga secara rutin akan mampu menetralkan racun dalam tubuh seperti merkuri, arsen, dan lain-lain, yang membahayakan kesehatan.

7. Merawat Kesehatan Mata

Karoten yang terkandung dalam buah naga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

8. Menghambat Penuaan Dini

Selain buah apel, ternyata buah naga juga mampu menjaga proses penuaan dini. Karena didalam buah naga terkandung antioksidan yang berfungsi untuk menghambat penuaan dini.

9. Memperkuat Tulang dan Gigi

Kandungan fosfor dan kalsium yang terdapat dalam buah naga dapat memperkuat tulang dan gigi. Konsumsilah buah naga tersebut secara teratur setiap hari.

Sumber  : manfaatdaunku.blogspot.com

Nah bagaimana netizen? begitu banyak manfaat yang terkandung didalam buah naga ini ya ? jadi apakah anda masih ragu untuk mengkonsumsi buah ini? ada berbagai macam cara untuk mengkonsumsi buah naga ini agar lebih nikmat, tapi saran saya campurkan buah naga di sop buah saja ini akan terasa sangat nikmat loh..

Baca juga :

Manfaat Tersembunyi Lidah Buaya yang Jarang di Ketahui

Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Tersembunyi dari Beras Merah

Berbagai Macam Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Fadhila Roeyta
Fadhila Roeyta
Gemar berolahraga dan menjaga kesehatan tubuh adalah rutinitas yang selalu dijalani oleh Fadhila dalam kesehariannya. Ia akan selalu ingin berbagi informasi mengenai Kesehatan didalam website ini.

Komentar Facebook