Manfaat Buah Mengkudu (Pace) untuk Kesehatan Tubuh
Buah Mengkudu

Manfaat Buah Mengkudu (Pace) untuk Kesehatan Tubuh

Selingkaran.Com – Kesehatan tubuh merupakan hal yang utama bagi kita untuk selalu menjaga agar tubuh tetap bugar, karena tubuh yang sehat sudah pasti akan membuat aktifitas kita pun lancar dan tidak terhambat, dalam dunia kesehatan pasti kita sudah pernah mendengar dengan yang namanya buah mengkudu atau masyarakat sering bilang “Buah Pace” hmm, tumbuhan herbal yang satu ini saat ini sudah sangat jarang sekali kita temui di kampung kampung , tak seperti yang dulu pohon buah mengkudu bisa kita lihat berjajar di samping rawa rawam ataupun ditempat lainnya.

Tumbuhan buah yang memiliki nama latin “Morinda citrifolia” ini dikenal sebagai tumbuhan atau buah herbal yang memiliki banyak khasiat, khasiat buah mengkudu salah satu nya adalah untuk mengobati penyakit dibetes , jadi barang siapa yang saat ini mengalami atau sedang memiliki penyakit diabetes sebaiknya anda mencoba buah yang satu ini untuk mengobati penyakit anda .

Tidak hanya itu, bagi masyarakat aceh buah mengkudu dapat diolah sebagai makanan seperti halnya rujak, tentunya dengan cara pengolahan khususu agar bau menyengat yang dikeluarkan oleh buah itu hilang atau minimal berkurang. Selain rujak juga mereka biasa mengolah buah mengkudu untuk menjadi bahan dasar sayuran, tetapi kita tidak akan membahas lebih jauh tentang itu, hanya sekedar tahu saja ya.

Nah disini kita akan membahas, apa sih manfaat buah mengkudu ? ada banyak sekali khasiat buah mengkudu ini, antaralainnya seperti berikut ini :

Manfaat Buah Mengkudu

Buah Mengkudu

Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu

Mengatasi Hipertensi ( Tekanan Darah Tinggi)

Jika anda memiliki penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, anda bisa menjajal buah yang satu ini sebagai obat herbal yang baik untuk kesehatan tubuh anda, selain untuk mengtasai hipertensi juga dapat mengurangi kadar kolesterol pada darah anda, sehingga ini akan membuat efek yang dobel. Cukup dengan 1 buah mengkudu saja setiap 2hari 1x, ambil air sari buah mengkudu kira-kira 1/2 gelas sedang.

Menyembuhkan Batuk

Jarang orang yang mengetahui akan khasiat buah mengkudu ini dapat mengobati penyakit batuk, selayaknya jeruk nipis ternyata buah herbal yang satu ini juga ampuh loh untuk mengobatu penyakit batuk anda, jika anda memang merasa doyang untuk mengkonsumsi buah ini, tidak ada salahnya dicoba ketimbang anda membeli obat-obatan warung yang banyak efek sampingnya.

Obat Sakit Perut

Nah yang sering sakit perut juga bisa loh mengkonsumsi buah ini, dengan cara pengolahan yang benar tentunya mengkonsumsi buah herbal ini akan terasa lebih nikmat walaupun anda sedang sakit perut, bagi wanita yang sedang PMS alias datang bulan, juga dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini.

Mengobati Sakit Kuning

Untuk yang sedang mengalami sakit kuning atau Hepatitis A, juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah herbal ini, paling tidak 1/2 gelas air dari sari buah mengkudu setiap harinya.

Demam, Masuk angin dan infuenza

Dimusim pancaroba ini pastinya akan banyak orang yang mengalami demam dan yang paling banyak diderita adalah penyakit influenza, dimana virus ini sangat mudah sekali menyebar melalui udara, oleh sebab itu untuk pencegahan anda bisa menggunakan buah mengkudu sebagai peningkat imun tubuh atau antibody atau daya tahan tubuh , sehingga tubuh anda lebih kebal terhadap penyakit, tidak usah banyak banyak, cukup dengan 1/3 gelas sedang air hasil dari saru buah mengkudu dikonsumsi 1 hari 1x.

Dapat Mengobati Sakit Pinggang (Pegal Pegal pada Tubuh)

Nah untuk yang ini pengalaman langsung dari ortunya admin, jadi ortu admin jika dirasa badannya pegal pegal pasti meracik ramuan mengkudu ini, untuk menyenyakan tidur agar keesokan harinya tubuh terasa bugar dan tidak sakit sakit lagi, dan ini terbukti manjur loh, dengan cara mengkonsumsi 1/2 gelas untuk setiap mengkonsumsinya sudah cukup kok.

Mengobati Penyakit Diabetes

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwasannya mengkudu dapat mengobati penyakit diabetes, dengan syarat anda juga dapat menjaga pola hidup sehat dengan dibarengi olahraga teratur lalu makan makanan yang bergisi dan rendah akan gula dan lemak dan tentunya dibarengi mengkonsumsi buah mengkudu ini untuk menormalkan kandungan gula darah anda.

Cara Mengolah Buah mengkudu agar lebih nikmat untuk dikonsumsi :

Ngomong-ngomong soal mengkudu anda pasti tau bagaimana bau buah yang satu ini, sangat tidak enak!  banyak orang mengatakan seperti itu dan pada kenyataannyapun buah ini memang sedikit menyengat baunya dan bisa dibayangkan rasanya seperti apa, tetapi tenang, anda tak perlu kawatir anda tetap bisa mengkonsumsinya kok tanpa harus mencium bau yang telalu menyengat ya walaupun masih tetap saja bau tetapi paling tidak hal ini dapat menguranginya, bagaimana cara? yuk disimak

Pertama ambil beberapa buah mengkudu , cari buah yang sudah matang atau paling tidak mendekati matang, hal ini untuk memudahkan dalam hal membersihkannya.

  • Lalu cuci dengan air bersih dan buang sisik-sisiknya (totol-totolnya)
  • Kemudian anda bisa langsung masukan kedalam Blender beberapa buah mengkudu tadi
  • Anda juga bisa mendambahkan sedikit saja air hangat didalamnya, atau nanti saja setelah buah mengkudu diblender.
  • Setelah buah mengkudu halus, anda bisa saring/peras ambil airnya dan masukan kedalam gelas.
  • Jika dirasa terlalu kental anda bisa tambahkan air untuk mengencerkannya
  • Setelah itu anda dapat meminumnya

Bagaimana? banyak sekali manfaat dari buah yang satu ini ya, tentunya tidak hanya itu saja loh masih banyak manfaat yang lainnya, nah demikian dulu ulasan dari saya, artikel selanjutnya nanti kita akan bahas manfaat buah yang lainnya juga..

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook