7 Manfaat Kunir Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kunir

Kunir atau juga lebih sering disebut kunyit ini tak hanya berguna sebagai bumbu masakan, namun ternyata manfaat kunir untuk kesehatan juga sangat banyak. Berbagai penelitian dari universitas bergengsi telah mempublikasikan hasil penelitian mereka tentang manfaat kunir bagi kesehatan. Oleh karena itu tidak jarang dokter merekomendasikan memperbanyak konsumsi makanan mengandung kunir untuk kondisi kesehatan pasiennya.

Walaupun masyarakat Indonesia sudah sering menggunakan kunir, namun banyak yang masih belum mengerti manfaat apa saja yang diberikan kunir bagi kesehatan. Untuk penjelasan lebih lanjut, berikut adalah manfaat kunir untuk kesehatan:

Bacaan Lainnya

1. Meringankan Nyeri Sendi

Salah satu manfaat kunir untuk kesehatan adalah meringankan nyeri sendi. Kunir adalah salah satu obat anti inflamasi alami yang sangat umum. Kandungan kurkuminoidnya dapat mengurangi jumlah leukosit, kadar MDA cairan sinovia yang menyebabkan Osteoarthritis, serta menekan sekresi enzim COX-2 dan ROI. Selain itu kunir juga dapat menghambat radikal bebas pada tubuh.

Baca Juga : 5 Cara Menyembuhkan Sakit Ambeien Mudah di Rumah

2. Meredakan Sakit Maag

Manfaat kunir untuk kesehatan pencernaan adalah membantu mengurangi sakit yang ditimbulkan karena adanya iritasi pada lambung. Kondisi ini dikarenakan luka pada lambung yang disebabkan oleh asam yang terlalu banyak diproduksi. Kandungan kurkumin pada kunir secara efektif meningkatkan produksi lendir pada dinding lambung sebagai perisai untuk melindungi lambung dari senyawa iritan.

Cara mengkonsumsi kunir untuk sakit maag cukup mudah. Kunir dapat diolah menjadi jamu dengan lada dan jahe kemudian diminum secara rutin minimal 1x sehari untuk hasil maksimal. Selain itu mengkonsumsi sayur dengan bumbu kunir dapat pula menjadi pilihan.

3. Mengatasi Gejala IBS

Irritable Bowel Syndrome atau sering disingkat IBS adalah pembengkakan yang terjadi pada saluran sistem pencernaan yang terjadi di usus besar. Peradangan ini menyebabkan sembelit ataupun diare tergantung reaksi usus besar terhadap kondisi ini. Kandungan anti inflamasi dan antioxidant pada kurkuminnya dapat menyeimbangkan bakteri baik dan buruk pada sistem pencernaan.

Baca Juga : 5 Manfaat Buah Beet Untuk Kesehatan

4. Menghambat Alzheimer

Alzheimer adalah salah satu penyakit demensia yang menyerang otak sehingga mengganggu daya pikir, daya ingat, serta kemampuan mengontrol perilaku penderitanya. Senyawa pada kurkumin dapat secara aktif menghambat komponen beta amiloid untuk memicu tumbuhnya plak yang menyebabkan Alzheimer. Antioxidant pada kurkumin juga dapat menangkal radikal bebas yang dapat mempengaruhi kesehatan otak.

5. Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Seperti pada pembahasan sebelumnya, kandungan anti inflamasi dan antimikroba pada kunir sangatlah banyak. Kandungan pada kunir dapat mengempeskan jerawat yang disebabkan oleh bakteri. Menggunakan masker yang memiliki kandungan kunyit dapat menghilangkan jerawat serta bekasnya. Masker kunyit dapat dibuat sendiri dengan cara mencampur bubuk kunyit dan lendir lidah buaya kemudian dioleskan pada wajah.

6. Membuat Kulit Lebih Sehat

Antioxidant adalah senyawa yang sangat diperlukan untuk regenerasi kulit dan memberikan perlindungan pada kulit. Menggunakan lulur yang memiliki ekstrak kunyit dapat membantu mencerahkan kulit. Hasil dari menggunakan lulur kunyit memang tidak dapat dilihat secara instan, namun cara ini adalah cara yang alami dan aman digunakan secara rutin.

7. Menunda Tanda Penuaan

Senyawa dalam kunir juga mampu melawan tanda-tanda penuaan pada kulit seperti keriput serta garis senyum. Hal ini dikarenakan kemampuanya menghambat enzim elastase yang menghalangi produksi protein dalam kulit. Protein sangat diperlukan kulit untuk mempertahankan tekstur dan elastisitasnya. Produksi protein yang cukup dapat mengurangi pembentukan keriput.

Baca Juga : 5 Manfaat Jus Jambu Merah untuk Kesehatan Selama Masa Pandemi

Namun perlu diketahui dikarenakan bioavailability kunir yang sangat rendah, untuk hasil maksimal kunir harus dikonsumsi dengan senyawa lain seperti piperin yang ditemukan pada lada hitam. Walaupun manfaat kunir untuk kesehatan sangat banyak, namun kunir juga memiliki efek samping yang tidak boleh diremehkan.

Pos terkait