Bagaimanakah Prospek Bisnis Limbah Plastik di Era Sekarang, Apakah Masih Cuan- Begini Penjelasannya!

Bisnis Limbah Plastik

Pengolahan limbah plastik merupakan sebuah bisnis yang menjanjikan. Selain itu juga dapat membantu untuk mengurangi limbah plastik yang ada di masyarakat. Namun seiring berjalannya waktu, mulai timbul pertanyaan. Bagaimana prospek bisnis limbah plastik di era sekarang, apakah masih cuan? Jawabannya adalah tentu cuan. Mengapa demikian? Berikut adalah beberapa alasannya:

1.  Banyaknya Jumlah Bahan Baku

Alasan pertama bisnis limbah plastik masih cuan adalah karena jumlah bahan baku yang melimpah. Dengan jutaan penduduk yang tinggal di Indonesia, tentu akan menghasilkan limbah plastik yang banyak setiap harinya. Berdasarkan penjabaran awal ini, sudah pasti bisa menjawab pertanyaan tentang bagaimana prospek bisnis limbah plastik di era sekarang, apakah masih cuan?

Bacaan Lainnya

Kemudahan mendapatkan bahan baku berupa limbah plastik juga tentu dapat menekan biaya penyediaan bahan baku karena pebisnis tidak perlu melakukan impor sampah dari luar negeri. Selain itu, pelaku bisnis limbah plastik juga dapat membantu dalam pelestarian karena telah mengurangi limbah yang ada di lingkungan sekitar.

Baca Juga : 5 Pilihan Franchise Kopi dibawah 10 Juta yang Paling Laris dan Kekinian

2.  Modal Usaha yang Tidak Terlalu Besar

Dibandingkan dengan usaha lainnya, modal untuk membuat pengolahan limbah plastik tidaklah terlalu tinggi. Harga bahan baku sampah plastik yang murah dapat menekan jumlah modal yang dikeluarkan. Pebisnis hanya perlu menyediakan beberapa mesin untuk penghancur dan mengolah limbah yang sudah dipilah antara yang layak dan tidak, serta karyawan untuk mengerjakannya.

Dengan modal kurang dari Rp500 juta, bisnis limbah plastik sudah dapat dijalankan. Hal yang perlu diperhatikan ketika ingin menjalani bisnis ini adalah lahan yang cukup luas. Selain itu, pemilihan lokasi yang akan digunakan sebaiknya tidak di pemukiman padat penduduk agar tidak mengganggu masyarakat yang tinggal di daerah tersebut.

3.  Memiliki Nilai Ekonomi yang Tinggi

Sampah plastik selalu dianggap sudah tidak berharga lagi. Namun ternyata sampah jenis ini ketika di daur ulang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Apalagi jika plastik dipisahkan dari sampah lainnya sehingga tetap bersih dan tidak tercampur. Hasil plastik daur ulang ini bisa dimanfaatkan kembali menjadi produk lainnya yang berbahan dasar plastik seperti wadah kosmetik atau pipa.

Baca Juga : Analisa Peluang Usaha Keripik Bayam dengan Menggunakan Metode Ini Agar Untung Besar!

Selain mengolah menjadi bahan baku bagi produk industri, kerajinan pun juga bisa dibuat dari limbah plastik. Beberapa contoh kerajinan dari limbah plastik adalah tas, payung, dan mainan anak-anak seperti layang-layang. Hal ini tentu sangat bermanfaat karena sampah plastik yang dinilai tidak berharga menjadi barang yang memiliki nilai jual.

4.  Permintaan Atas Bahan Baku Plastik Tinggi

Alasan selanjutnya adalah adanya permintaan tinggi atas plastik. Tidak dipungkiri bahwa berbagai produk manufaktur menggunakan plastik sebagai bahan dasarnya. Jumlah permintaan yang belum terpenuhi dari dalam negeri, membuat banyak produsen yang melakukan import. Maka dari itu, mengolah limbah plastik menjadi bahan baku yang bermanfaat bisa menjadi solusi dalam mengurangi tingkat impor atas bahan tersebut.

5.  Sebuah Bisnis yang Berkelanjutan

Dan alasan yang terakhir adalah pengolahan limbah plastik merupakan salah satu bisnis yang berkelanjutan. Karena manusia di bumi pasti akan menggunakan plastik di kesehariannya sampai kapanpun. Bahan baku yang tidak terbatas membuat bisnis ini akan terus berlanjut selama pebisnis ingin melakukannya dan berinovasi atas sampah plastik tersebut dan merubahnya menjadi bahan yang bermanfaat.

Baca Juga : Analisis Peluang Usaha Bisnis Hampers dan Kelemahannya yang Harus Diwaspadai

Itulah 5 alasan yang menjadi jawaban dari pertanyaan bagaimana prospek bisnis limbah plastik di era sekarang, apakah masih cuan? Bisnis limbah ini belum banyak yang melakukannya karena tentu memerlukan keahlian dalam memilah limbah tersebut. Jika semakin banyak pebisnis yang melirik jenis bisnis ini, selain mendapat cuan, tentu akan membantu dalam mengurangi jumlah limbah plastik yang ada di bumi.

Pos terkait