Analisa Peluang Usaha Keripik Bayam dengan Menggunakan Metode Ini Agar Untung Besar!

Untuk memulai sebuah bisnis tidak bisa langsung memulainya begitu saja, dibutuhkan analisa yang tepat agar tidak merugi selama menjalankan bisnis. Salah satu bisnis kuliner baru yang muncul saat ini adalah keripik bayam. Sebelum mengambil peluang bisnis tersebut lakukan analisa peluang usaha keripik bayam agar bisnis menjadi lebih terarah.

Untuk menganalisa peluang tersebut bisa menggunakan metode SWOT. Metode ini menganalisa sebuah usaha dengan melihat kekuatan, kelemahan, opportunity dan hambatan. Dengan menggunakan analisa ini pelaku usaha bisa lebih mudah menentukan strategi bisnis dan melihat prospek bisnis ke depannya. Berikut ini beberapa analisa peluang bisnis keripik bayam menggunakan metode SWOT:

Bacaan Lainnya

1.  Menentukan Kekuatan (Strength)

Kekuatan atau strength merupakan faktor dalam dari sebuah bisnis yang bisa mempengaruhi kesuksesan dari bisnis tersebut. Hal ini biasanya berupa keunikan atau nilai-nilai lebih yang dimiliki oleh sebuah produk yang akan diproduksi. Dalam hal ini usaha keripik bayam berpotensi mendapatkan keuntungan besar.

Baca Juga : Analisis Peluang Usaha Jamur Tiram Yang Harus Diketahui Sebelum Memulai Bisnisnya

Keuntungan dari bisnis keripik bayam adalah tidak membutuhkan modal yang besar dan bahan yang mudah ditemukan. Tidak perlu menggunakan alat-alat khusus untuk membuatnya. Bagi pemula yang ingin memulai bisnis ini, bisa memulainya dengan menggunakan alat-alat masak yang ada di dapur. Untuk bahan bisa dibeli murah di pasar dengan rincian sebagai berikut:

  • Tepung terigu.
  • Tepung kanji.
  • Bumbu (bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, garam, penyedap rasa).
  • Minyak goreng.
  • Daun bayam.
  • Plastik kemasan.

Pelaku usaha keripik bayam bisa menekan biaya produksi dengan cara menanam bayam sendiri. Tanaman bayam juga merupakan tanaman yang mudah untuk tumbuh dan dirawat. Dengan menekan biaya produksi, pelaku usaha bisa memproduksi lebih banyak keripik bayam dan bisa meraup lebih banyak keuntungan.

2.  Mencari Kelemahan (Weakness)

Selain melihat kekuatan dari bisnis keripik bayam, faktor lain perlu diperhatikan ketika melakukan analisa peluang usaha keripik bayam adalah kelemahan dari bisnis tersebut. Hal yang menjadi kelemahan dari bisnis ini biasanya dari segi pengemasan. Sebab sebagian usaha bisnis bayam yang sudah berjalan hanya menggunakan bungkus plastik yang kurang menarik.

Baca Juga : Analisis Peluang Usaha Bisnis Hampers dan Kelemahannya yang Harus Diwaspadai

3.  Melihat Kesempatan (Opportunity)

Jika biasanya bayam dimasak menjadi sayur yang segar, kini bayam dimasak menjadi olahan camilan yaitu keripik bayam. Kuliner ini memang tergolong baru di pasaran dan belum banyak yang memproduksinya. Oleh sebab itu itu hal ini merupakan kesempatan emas yang sebaiknya dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk memulai bisnis.

Sebab keripik bayam merupakan sesuatu yang unik dan masih baru. Dengan demikian ide ini masih bisa dikembangkan menjadi lebih luas. Selain itu cita rasa keripik bayam yang enak, gurih dan renyah banyak disukai oleh masyarakat meskipun tergolong sebagai kuliner baru.

4.  Mengatasi Hambatan (Threat)

Dalam sebuah analisa peluang usaha keripik bayam, pelaku usaha juga harus melihat hambatan apa saja yang mungkin bisa menghambat kesuksesan dari bisnis tersebut. Sebab dalam bisnis hambatan yang ada di sekitar juga perlu diperhatikan. Dengan mengetahui hambatan ini pelaku usaha nantinya dapat menentukan strategi dan cara mengatasi hambatan tersebut.

Baca Juga : Ketahuilah Aneka Peluang Usaha Home Industri yang Menjanjikan

Dalam bisnis keripik bayam hambatan biasanya berasal dari produsen lain yang sudah lebih dahulu memulai bisnis ini. Untuk mengatasi hal tersebut pelaku usaha bisa mengoptimalkan kekuatan yang dimiliki. Misalnya dengan cara meningkatkan cita rasa dan membuat kemasan yang lebih menarik. Selain itu mengoptimalkan penggunaan social media juga membantu dalam menghadapi hal tersebut.

Itu tadi adalah analisa peluang usaha keripik bayam dengan menggunakan metode SWOT. Ketika hendak memulai bisnis maka sebaiknya lakukan analisa yang mendalam agar bisa menentukan strategi dan juga peluang sukses kedepannya. Metode analisa di atas bisa menjadi acuan bagi para pelaku usaha yang ingin memulai bisnis keripik bayam.

Pos terkait