5 Manfaat Jus Jambu Merah untuk Kesehatan Selama Masa Pandemi

Manfaat Jus Jambu Merah

Jambu merah atau Psidium guajava dan berasal dari Amerika Tengah.  Manfaat jus jambu merah untuk kesehatan sangat banyak sehingga sering dijual di restoran atau supermarket di Indonesia. Buah ini memiliki karakteristik kulit berwarna hijau, daging buah berwarna merah muda, dan biji kecil banyak berwarna putih.

Buah jambu merah sering dikonsumsi sebagai jus karena kandungan gizinya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kesehatan selama pandemi ini berlangsung harus terus dijaga agar tidak tertular COVID dan penyakit lain. Simak manfaat jus jambu merah untuk kesehatan yang bagus dikonsumsi di masa pandemi Covid ini.

Bacaan Lainnya

1. Mencukupi Kebutuhan Gizi

Buah jambu merah dikenal memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. Zat gizi dalam buah jambu biji sangat lengkap yaitu protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat.

Mikronutrien juga terkandung dalam buah jambu merah. Mineral yang terkandung diantaranya adalah  kalsium, fosfor, kalium, zat besi, natrium, dan seng.  Terdapat juga vitamin beta karoten, vitamin B1, B2, niasin, dan Vit C.

Baca Juga : Cek 5 Cara Menyembuhkan Cedera Engkel Disini

Pewarna merah dalam jambu merah yang dikenal sebagai karoten memiliki antioksidan jenis likopen yang tinggi. Likopen mampu melindungi tubuh dari penyakit akibat radikal bebas seperti kanker aterosklerosis, stroke,alzheimer, parkinson, tukak lambung, hingga sampai penuaan dini

2. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Jus jambu merah tinggi akan antioksidan, Vitamin C, potassium, dan serat. Bahkan kandungan vitamin c dari jambu lebih tinggi dibandingkan buah lainnya, termasuk jeruk. Vitamin C inilah yang sangat bermanfaat untuk kekebalan tubuh atau imunitas. Vitamin C terkait dikenal dapat menaikkan kekebalan tubuh sehingga tidak rentan terkena penyakit akibat mikroba.

Cuaca yang anomali beberapa saat terakhir ini dapat menurunkan imunitas tubuh sehingga lebih cepat sakit. Vitamin C juga dapat bertindak sebagai antimikroba. Antimikroba diketahui adalah zat yang dapat mengurangi laju pertumbuhan bakteri dan virus yang dapat menyebabkan infeksi dari penyakit lainnya.

Baca Juga : 5 Manfaat Buah Beet Untuk Kesehatan

3. Meredakan Flu dan Batuk

Vitamin C membantu mencegah dan meredakan gejala flu dan batuk. Selain untuk membantu menyembuhkan luka, vitamin C berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Penyembuhan gusi, pembuluh darah, luka, serta membantu tubuh menyerap zat besi akan lebih baik apabila Vitamin C tercukupi dalam tubuh.

4. Mengurangi Stres

Manfaat jus jambu merah untuk kesehatan tubuh ini juga bagus untuk kesehatan psikis. Jambu merah kaya akan magnesium yang dapat memberi relaksasi pada otot-otot tubuh. Hal ini dapat membantu menghilangkan stres dan telah ditemukan untuk mengurangi kecemasan (Anxiety). Mineral magnesium akan mengendurkan kerja otot-otot yang tegang.

5. Menyehatkan Organ Tubuh

Kandungan gizi yang banyak dalam jambu merah ini mampu menjaga kesehatan organ tubuh. Likopen dalam jus buah jambu merah ini mampu melindungi jantung dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Kandungan mineral lain seperti kalium mampu mengontrol tekanan darah.

Serat pangan yang tinggi dalam jambu merah juga bisa menurunkan kadar kolesterol yang dapat menghambat kerja jantung. Kesehatan organ pencernaan juga dapat dijaga dari meminum jus jambu merah. Serat dalam jambu merah sebanyak 12% mencukup kebutuhan harian.

Baca Juga : Cara Mengobati Paru Paru Basah dengan Metode Rumahan

5 manfaat jus jambu merah untuk kesehatan sangat penting di masa pandemi yang masih belum selesai. Kesehatan harus selalu diperhatikan karena virus COVID bermutasi cepat. Selain minum jus jambu merah ini, asupan gizi dan pola hidup yang sehat dapat menjaga kesehatan tubuh untuk melindungi diri dari COVID.

 

Pos terkait