5 Manfaat Buah Beet Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Beet

Buah beet merupakan buah yang sebenarnya berasal dari keluarga yang masih ada hubungannya dengan umbi umbian. Beet yang berwarna khas merah keunguan ini dikenal memiliki segudang khasiat. Ada banyak manfaat buah beet untuk kesehatan sehingga buah beet dianjurkan untuk sering dikonsumsi.

Buah beet bisa dibuat jus buah, atau bahan pokok masakan. Bagaimanapun cara pengolahannya, hal yang terpenting adalah mempertahankan khasiatnya. Dan inilah macam macam khasiat buah beet untuk kesehatan:

Bacaan Lainnya

1. Meringankan Keluhan Terkait Pencernaan

Buah beet dikenal memiliki kandungan serat yang sangat melimpah. Ukuran serat yang dikandung beet dalam satu porsi cangkirnya adalah 3,4 gram. Kandungan serat melimpah inilah yang membantu tubuh meringankan keluhan pencernaan.

Baca Juga : Cara Mengobati Paru Paru Basah dengan Metode Rumahan

Jika seseorang memiliki keluhan pencernaan seperti susah BAB atau asam lambung naik, dianjurkan untuk meminum jus buah beet. Selain khasiat di atas, beet bahkan dapat mengurangi risiko berbagai penyakit. Kanker usus, sakit jantung, dan diabetes tipe 2 bisa dicegah jika buah beet sering dikonsumsi.

2. Menambah Stamina

Bukan rahasia umum lagi jika buah beet dikenal di kalangan para atlet. Buah merah ini mengandung sejuta nutrisi dan diciptakan untuk meningkatkan stamina secara alami. Nitrat yang terkandung dalam beet memiliki fungsi untuk menaikkan kebugaran tubuh.

Hal itu disebabkan karena buah beet yang dikonsumsi berefek sebagai peningkat produksi energi yang dihasilkan oleh mitokondria. Mitokondria sendiri adalah organel yang menghasilkan sel sel energi dalam tubuh, menjadikan tubuh semakin segar.

3. Menyembuhkan Anemia

Bukan rahasia lagi jika anemia termasuk ke dalam penyakit yang dapat menjangkit semua kalangan. Tekanan darah rendah ini disebabkan oleh kurangnya hemoglobin dalam tubuh. Anemia membuat penderitanya mudah kelelahan, sakit kepala, dan memiliki pandangan yang berkunang kunang.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Amandel dengan Cepat Tanpa Operasi

Satu dari sekian banyak manfaat buah beet untuk kesehatan adalah mengobati anemia. Buah beet mengandung zat besi tinggi yang terbukti dapat mengaktifkan dan meregenerasi sel darah merah. Dengan begitu, hemoglobin yang diproduksi sel darah merah dapat meningkat pesat dan keluhan terkait anemia menjadi nihil.

4. Mengeluarkan Racun Dari Ginjal dan Hati Secara Alami

Tidak dipungkiri, sesungguhnya tubuh yang tidak sehat menyimpan racun yang banyak. Racun itu seringkali bersembunyi dengan baik pada organ organ penting manusia. Contohnya adalah ginjal dan hati. Dan hal itu merupakan hal yang sangat berbahaya karena membahayakan kesehatan tubuh sewaktu waktu.

Meskipun sebenarnya tubuh memiliki kemampuan alami untuk mendetoks racun, namun buah beet melengkapi kinerjanya menjadi lebih maksimal. Penelitian membuktikan, mengkonsumsi beet secara rutin mampu mengeluarkan racun tubuh lebih cepat dan membawa tubuh ke tingkat yang lebih sehat.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Lain anemia, lain lagi hipertensi. Hipertensi adalah suatu keadaan menyakitkan yang disebabkan oleh tekanan darah pada dinding arteri terlalu tinggi. Penderita hipertensi sering mengalami sakit kepala, jantung berdebar kencang, dan dapat memicu stroke.

Baca Juga : 7 Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan

Buah beet memang sungguh menarik dan penuh keistimewaan. Selain bisa mengobati penyakit kurang darah, beet bahkan bisa menyembuhkan darah tinggi. Khasiat ini didapat dari kandungan nitrat yang berjumlah ribuan dalam beet. Nitrat berfungsi untuk memelihara kesehatan jantung dan tekanan darah.

Bagaimana? Bukankah manfaat buah beet untuk kesehatan sangat banyak? Bahkan manfaat diatas hanya sebagian kecil dari jutaan manfaat buah beet. Selain untuk kesehatan, beet juga bermanfaat dalam bidang kecantikan. Itulah mengapa buah merah dari Afrika ini sangat direkomendasikan oleh ilmuwan dan para ahli.

 

Pos terkait