5 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Rusak Bagi Pemula

Keyboard menjadi salah satu bagian paling penting dalam perangkat laptop. Karena sering digunakan maka perangkat satu ini cukup rawan terjadi kerusakan. Misalnya ketika tombol salah satu karakter huruf tidak dapat berfungsi, maka keyboard tidak bisa dipakai. Ketika hal ini terjadi, maka dibutuhkan cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak, supaya keyboard bisa digunakan kembali. Perlu diketahui bahwa saat keyboard rusak jangan terburu-buru untuk membeli yang baru atau pergi ke tempat service, ada cara mudah memperbaikinya yang bisa dilakukan oleh pemula sekalipun.

1. Restart Laptop

Cara mudah bagi pemula untuk memperbaiki keyboard rusak melakukan restart laptop. Hal ini termasuk satu cara ampuh dalam menyelesaikan berbagai masalah yang sedang terjadi pada perangkat laptop, termasuk salah satunya ketika keyboard error. Apabila perangkat tersebut tidak merespon ketika proses restart, maka cobalah menekan Power selama beberapa detik.

Bacaan Lainnya

2. Memeriksa NumLock Keyboard

Pemeriksaan Numlock yang tidak bisa digunakan dengan baik bisa dilakukan sendiri. Numlock yang aktif membuat tombol-tombol tertentu menjadi mati, bahkan bisa menyebabkan karakter atau huruf berbeda dengan tombol yang ditekan. Biasanya Numlock aktif karena pengguna tidak sengaja menekan tombol untuk mengaktifkannya.

Baca JUga : Ini Dia Cara Menyimpan Lagu WeSing ke Galeri Hp, Gampang Banget!

Jika hal ini terjadi, maka langsung saja tekan tombol Fn beserta Numlock pada keyboard perangkat secara bersamaan. Menekan NumLk dan Caps Lock juga bisa digunakan untuk mematikan Numlock pada beberapa jenis laptop tertentu.

3. Lakukan System Restore

Cobalah untuk melakukan system restore apabila cara restart sebelumnya masih belum berhasil. Jika keyboard laptop memiliki sistem operasi Windows  8 atau 7, maka cobalah untuk klik Start Menu dan ketikkan Recovery.

Sedangkan pada perangkat Windows XP, ketuk Start dan pilih All Program, lalu pilih Accessories dan masuk ke System Tools. Maka langkah terakhir adalah memilih opsi System Restore dengan klik pilihan tersebut. laptop pun akan kembali dalam keadaan sebelum melakukan instal sebuah program yang bermasalah tersebut, dengan menjalankan perintah system restore.

Begitu program yang sedang diinstal setelah proses namun penginstalan program bermasalah itu maka akan hilang secara otomatis jika diperhatikan. Sehingga perlu dilakukan back up dahulu pada sebagian atau berbagai data-data dirasa penting sebelum melakukan proses ini.

Baca Juga : 7 Penyebab Keyboard Tidak Berfungsi yang Wajib Diketahui

4. Memperbaiki Masalah Driver

Masalah pada driver juga bisa menyebabkan seseorang memerlukan cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak. Hal ini sering terjadi pada karena terkena virus, salah melakukan install software pihak ke-3 dan masalah lainnya. Cara melakukannya dengan membuka Device Manager untuk mengeceknya, lalu lihat bagian keyboard. Apabila ada tanda segitiga warna kuning atau tidak, tanda segitiga kuning menandakan adanya kerusakan driver pada keyboard.

Masalah ini dapat diperbaiki dengan mengunduh drive paling baru bersumber dari situs produsen laptop tersebut. Cara ini juga bisa dilakukan apabila laptop tidak mendeteksi adanya keyboard atau ketika keyboard sedang tidak berfungsi.

5. Membersihkan Kotoran dan Debu

Kotoran dan debu pun ternyata bisa menjadi penyebab rusaknya pada keyboard pada laptop. Kotoran dan debu  biasanya terselip di antara tombol-tombol keyboard, sehingga komponen di dalamnya menjadi tertutupi. Semakin tua usia laptop, maka semakin banyak juga kotoran di dalamnya.

Cara paling mudah untuk membersihkan kotoran tersebut adalah membalik atau memiringkan laptop hingga 45° hingga 75° sambil digoyang-goyangkan pelan. Selain itu juga bisa memakai pembersih khusus keyboard, pada umumnya berupa vakum berukuran kecil digunakan untuk membersihkan debu.

Namun apabila keyboard mengalami masalah karena tersiram air, maka bersihkan. Kemudian lepas tombol-tombol keyboard, lalu bersihkan papan sirkuit menggunakan cotton buds yang telah diberikan sedikit alkohol di bagian kapasnya. Bisa juga cara tersebut dilakukan memakai sebuah kain yang halus.

Baca Juga : Cara Mengganti Nama PC Windows 10 dengan Mudah

Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak memang bisa dikatakan mudah bagi pemula. Namun jika merasa sulit dalam melepaskan tombol-tombolnya maka sebaiknya tidak perlu memaksa melakukannya. Hal ini karena bisa malah menambah kerusakan keyboard pada laptop yang dimiliki.

Pos terkait