Inilah 5 Mata Kuliah Hukum Undip yang Wajib Diikuti

Ketika masuk ke Universitas Diponegoro, ada salah satu jurusan favorit yang memiliki peminat tinggi setiap tahunnya, yaitu jurusan Hukum. Memang tidak mengherankan, karena jurusan hukum di Undip menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Mata kuliah hukum Undip sangat beragam, tergantung dari ilmu hukum yang dipelajari, berikut di antaranya:

1. Hukum Perdata

Salah satu mata kuliah hukum Undip yang wajib dipahami adalah hukum perdata. Hukum perdata menjadi salah satu hukum yang sering dipraktikkan di kehidupan sehari-hari. Mahasiswa akan belajar terkait hubungan antar pihak yang tidak melibatkan kepentingan dari masyarakat lainnya.

Bacaan Lainnya

Dengan mempelajari hukum perdata, maka ada peluang bagi mahasiswa untuk bekerja sebagai notaris maupun sebagai legal di perusahaan. Salah satu contoh yang terdapat pada hukum perdata adalah perjanjian kontrak kerja yang terjadi di antara karyawan dan perusahaan.

Baca Juga : 6 Mata Kuliah Manajemen Undip yang Penting

2. Hukum Pidana

Berikutnya adalah mata kuliah hukum pidana. Jika pada hukum perdata, mahasiswa akan diajarkan terkait kontrak dan perjanjian. Sedangkan di dalam hukum pidana mahasiswa akan berhubungan langsung dengan berbagai macam kasus kriminal seperti perampokan, pembunuhan dan lainnya.

Di sini mahasiswa akan mempelajari tentang hukum pidana sekaligus kriminologi. Dengan adanya mata kuliah tersebut, akan ada peluang bagi mahasiswa untuk menjadi seorang jaksa maupun pengacara.

3. Hukum Internasional

Mata kuliah selanjutnya yang akan dipelajari ketika mengambil jurusan hukum di Undip adalah hukum internasional. Pada mata kuliah hukum internasional, mahasiswa akan belajar beberapa hal yang berkaitan dengan hukum internasional maupun hubungan antar negara.

Baca Juga : Inilah Materi Tes SBMPN Politeknik 2022

Terdapat beberapa ilmu yang wajib dipelajari dalam mata kuliah ini. Seperti hukum perjanjian internasional, hukum lautan internasional hingga hukum udara dan ruang angkasa.

4. Hukum Ekonomi

Selanjutnya ada mata kuliah hukum ekonomi yang tidak kalah seru untuk dipelajari. Mata kuliah ini memiliki hubungan yang erat dengan berbagai masalah ekonomi yang terus bergerak setiap hari. Oleh karena itu, penting sekali bagi mahasiswa hukum untuk mempelajari ilmu tentang hukum ekonomi. Mahasiswa akan mengetahui bagaimana cara meningkatkan dan membangun kehidupan ekonomi di Indonesia secara menyeluruh.

Mahasiswa akan mempelajari tentang hukum ekonomi internasional serta hukum penanaman modal. Hukum ekonomi internasional akan mengatur hubungan antar negara, organisasi internasional serta perusahaan tingkat internasional. Sedangkan hukum penanaman modal merupakan gerbang untuk memasuki perubahan ekonomi secara global.

5. Hukum Tata Negara

Mata kuliah ini menuntut mahasiswa untuk belajar tentang undang-undang negara, lembaga kenegaraan hingga konstitusi. Beberapa materi yang akan diajarkan adalah tentang hukum konstitusi serta hukum kewarganegaraan dan keimigrasian. Mahasiswa akan mengetahui berbagai isu tentang relasi antar lembaga negara serta antar negara dan warganya.

Baca Juga : Daftar dan Sebaran Materi UTBK Geografi yang Wajib Diketahui

Selain itu, mahasiswa juga dapat mengetahui bagaimana suatu negara ditata, diorganisasi dan dikelola hingga mencapai tujuan negara. Walaupun tidak semua negara memiliki konstitusi tertulis, namun organisasi negara didokumentasikan dalam bentuk undang-undang dasar. Maka dari itu, hukum tata negara juga disebut constitutional law yang artinya dasar-dasar pengaturan negara disusun, dipraktikkan dan berkembang.

Itulah beberapa mata kuliah Hukum Undip yang akan dipelajari. Semua mahasiswa yang berhasil menyelesaikan pendidikan di jurusan hukum akan dapat menguasai sistem hukum di Indonesia dengan baik. Tidak hanya itu, mahasiswa juga memiliki kepekaan terhadap permasalahan keadilan dan masyarakat. Prospek kerja jurusan ini antara lain HRD, jaksa, hakim dan masih banyak lagi.

Pos terkait