6 Mata Kuliah Manajemen Undip yang Penting

Jurusan Manajemen di Undip menjadi salah satu jurusan favorit yang diinginkan banyak pelajar. Di dalam jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari berbagai ilmu manajemen yang bisa langsung diterapkan dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari. Ada beberapa mata kuliah Manajemen Undip yang akan dipelajari. Berikut di antaranya:

1. Manajemen SDM

Salah satu mata kuliah yang wajib diikuti dalam jurusan Manajemen Undip adalah manajemen SDM. Pada mata kuliah Manajemen Undip ini, mahasiswa akan diajarkan tentang sumber daya manusia atau human resource. Mata kuliah ini sangat penting karena menjadi salah satu bidang kajian di dalam perusahaan.

Bacaan Lainnya

Karena setiap perusahaan tentunya tidak hanya memiliki masalah terkait modal, bahan mentah, alat kerja maupun produksi saja. Melainkan juga mengenai Sumber Daya Manusia yang merupakan faktor utama dari kegiatan produksi tersebut. Peluang kerja untuk bidang ini umumnya adalah menempati posisi HRD pada suatu perusahaan.

Baca Juga : Inilah Materi Tes SBMPN Politeknik 2022

2. Manajemen Risiko

Berikutnya, mahasiswa juga akan mempelajari mata kuliah Manajemen Risiko. Perlu diketahui bahwa risiko dapat diartikan sebagai suatu akibat yang dianggap kurang menyenangkan dari sebuah tindakan. Di dalam perusahaan risiko berkaitan erat dengan ketidakpastian, yang biasanya terjadi karena kurangnya informasi terkait hukum sebab akibat.

Segala hal yang belum pasti bisa mengakibatkan untung maupun rugi. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa harus dapat menganalisa setiap risiko positif dan negatif yang terjadi dari sebuah tindakan. Analisa risiko ini dibuat dengan mempertimbangkan kerugian dan bahaya yang ditimbulkan.

3. Manajemen Pemasaran

Mata kuliah Manajemen Pemasaran akan dipelajari berbagai macam ilmu manajemen yang fokus di bidang marketing atau pemasaran. Mahasiswa akan mempelajari beberapa hal terkait penjualan produk. Mulai dari perencanaan untuk mengembangkan segmen dan analisa pasar, promosi, metode periklanan dan lainnya.

Baca Juga : Daftar dan Sebaran Materi UTBK Geografi yang Wajib Diketahui

Mahasiswa juga dituntut untuk bisa membuat strategi pemasaran serta memecahkan masalah terkait penjualan. Selain itu, mahasiswa juga akan diajarkan terkait perilaku konsumen untuk mencapai target yang tepat sasaran.

4. Manajemen Bisnis

Di dalam mata kuliah Manajemen Bisnis, akan ada berbagai macam kegiatan. Mulai dari perencanaan, pengerjaan hingga pengawasan terhadap sebuah bisnis atau usaha. Dengan adanya ilmu Manajemen Bisnis, diharapkan mahasiswa mengetahui bagaimana cara untuk mencapai target dalam sebuah bisnis. Ketika sebuah bisnis, dijalankan asal-asalan dan tanpa adanya aktivitas manajemen, akan sangat kecil kemungkinan sebuah bisnis mendapatkan keuntungan.

Ilmu manajemen bisnis yang akan dipelajari mencakup berbagai hal dalam mencapai target penjualan. Mulai dari planning, controlling, action dan evaluasi. Dengan menerapkan keempat aktivitas tersebut, maka sebuah bisnis dapat dikendalikan dengan baik.

5. Manajemen Keuangan

Berikutnya adalah mata kuliah Manajemen Keuangan. Perlu diketahui bahwa keuangan menjadi pondasi terkuat untuk membangun sebuah perusahaan. Sifatnya yang riskan, membuatnya harus dikelola dengan baik.

Beberapa ilmu yang harus dipahami dalam mata kuliah Manajemen Keuangan. Mulai dari perencanaan, pengelolaan, penyimpanan hingga pengendalian dana dan aset yang dimiliki. Pengelolaan keuangan yang dilakukan dengan cara tepat dan matang tidak akan menimbulkan berbagai masalah serius di kemudian hari.

6. Manajemen Operasional

Sesuai dengan namanya, manajemen operasional berkaitan erat dengan kegiatan pengawasan, perancangan serta pengendalian kegiatan produksi. Dalam bidang ini, mahasiswa juga akan dituntut untuk mengetahui bagaimana cara mengendalikan kegiatan produksi sekaligus perbaikan pada strategi bisnis yang dijalankan.

Baca Juga : Pelajari Materi SIMAK UI Soshum yang Sering Muncul Ini

Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam manajemen operasional berkaitan dengan aktivitas perusahaan dalam mengubah rangkaian input dasar. Antara lain mengubah input bahan baku, kebutuhan konsumen, keuangan, energi dan lainnya.

Itulah beberapa mata kuliah Manajemen Undip yang akan dipelajari oleh mahasiswa jurusan tersebut. Jurusan Manajemen menjadi salah satu jurusan terfavorit pelajar di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Pasalnya jurusan ini memberikan peluang kerja yang lebih besar karena hampir semua lini usaha membutuhkan tenaga ahli bidang ini.

Pos terkait