Resep Kue Dadar Gulung
Kue Dadar Gulung

Resep Kue Dadar Gulung

Selingkaran.Com – Kue dadar gulung seperti yang kita tahu adalah kue yang berbahan dasar telur dan dicampur sedikit tepung, biasanya dilengkapi dengan isi yang dinamakan nten nten, apa itu nten nten? nten nten adalah parutan kelapa yang dicampur dengan gula merah, isi ini nanti akan digunakan sebagai isi dari kue dadar gulung .

Yang perlu diperhatikan dalam membuat kue ini adalah tingkat ketebalan adonan kuenya, jika terlalu tebal sebenarnya tidak papa, tapi akan lebih boros dalam menggunakan bahannya, sehingga anda perlu latihan untuk membuat kue ini agar lebih pas adonannya, tipis dan tidak mudah robek jika dibungkus, nah bagi yang penasaran cara pembuatannya, mari kita praktekan resep yang ada dibawah ini :

Kue Dadar Gulung

Kue Dadar Gulung

Cara Membuat Kue Dadar Gulung

Bahan yang dibutuhkan untuk Memuat Kue Dadar Gulung :

Bahan Kulit dadar :

  • 1/2 kg tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 1 liter santan
  • 1 lembar daun pandan.
  • Pewarna kusus makanan (warna Warni)
  • 1/2 sdt garam
  • Bahan Isi Dadar :
  • 1 buah kelapa jangan terlalu tua, parut
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/4 kg Gula merah jawa, diiris

Langkah Membuat Dadar Gulung

  1. Pertama kita buat dulu isi dadar gulungnya caranya, Masukan Ampas kelapa kedalam panci tambahkan sedikit air, lalu masukan gula merah yang sudah dirajang, sambil diaduk terus sampai matang dan airnya habis, angkat dan dinginkan.
  2. Selanjutnya kita buat kulit dadarnya caranya didihkan santan terlebih dahulu bersama daun pandan lalu dinginkan.
  3. Kocok telur lalu masukan kedalam tepung terigu, beri santan setengahnya dulu lalu tambahkan garam aduk sampai benar benar rata, selanjutnya tuang lagi sisa santan dan aduk lagi sampai adonan menjadi halus.
  4. Pisahkan beberapa sendok adonan kedalam wadah dan beri pewarna yang berbeda pada masing masing adonan.
  5. Panaskan penggorengan dadar, olesi sedikit margarin, tuangkan 1 sendok adonan berbentuk garis, disusul lagi dengan adonan dengan warna yang lain membentuk garis berjejer, lalu diatasnya tuangi lagi adonan tanpa warna, goyangkan penggorengan supaya
  6. adonan rata dan tipis,jika sudah bisa dilepas segera angkat dan pindahkan pada wadah yang ceper.
  7. Isi dadar dengan enten enten lipat kedua sisinya lalu digulung yang rapi.

Sangat simpel sekali bukan membuat kue dadar gulung ini, selain enak kue ini juga bergizi loh.. jadi sangat baik jika untuk bekal makanan.

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook