Cara Jitu Membedakan Antara Madu Asli dan Madu Palsu
Manfaat Madu

Cara Jitu Membedakan Antara Madu Asli dan Madu Palsu

Selingkaran.Com – Kita sering sekali melihat penjual penjual madu yang ada dipasar ataupun madu yang di bawa keliling kampung, memang benar mereka membuat madu dengan lebel 100% asli, apakah anda langsung percaya begitu saja? sedangkan untuk mendapatkan madu yang asli itu tidak semudah yang kita bayangkan loh, apalagi kita hanya bermodalkan mencari tanpa memiliki lahan untuk membudidayakan lebah madu itu sendiri, istilahnya kita menernak lebah untuk mengumpulkan hasil madu yang didapat dari lebah tersebut.

Dan untuk membuat itu semua juga tidak gampang log, kita harus mempunyai keahlian khusus untuk membudidayakan lebah madu, setelah itu juga cara mendapatakan atau memisahkan madu dari kerumunan lebah juga tidak bisa sembarangan, salah salah malah kita yang di sengat oleh para lebah lebah tersebut. Bukan berperasangka buruk terhadap penjual, tetapi kita dituntut waspada dan berhati hati terhadap penjual nakal yang menjajakan madu yang palsu atau tidak murni.

Karena banyak sekarang ini penjual penjual nakal mencampur madu dengan bahan bahan kimia berbahaya, untuk membuat hasil madu yang melimpah(bukan dari lebah) dengan bahan utama(madu) yang sedikit atau bisa dibilang madu campuran, sebagai contoh misalkan anda memiliki sirup1/10 gelas dengan takaran sirup sedikit, mencampurnya dengan air untuk mendapatkan sirup 1 gelas, tetapi tanpa mengurangi warna dan rasanya, diracik dengan sedemikian rupa untuk mendapatkan hasil yang mirip dari segi warna dan rasa hingga kekentalan untuk mengelabui sang pembeli, ini yang harus anda waspadai walaupun memang madu sangat banyak sekali manfaat dan khasiatnya (Baca : Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh). Dan jangan pernah tergiur dengan harga madu yang murah dengan porsi yang banyak, anda harus menguji cobanya terlebih dahulu, lalu bagaimana untuk mengetahui apakah madu itu asli atau tidak? yuk mari disimak..

Manfaat Khasiat Madu

Manfaat Madu

Cara Mebedakan Madu Asli dengan Madu Palsu

Teteskan Madu Diatas Kertas

Anda dapat menguji coba keaslian madu dengan cara meneteskan madu diatas kertas, dan coba bandingkan antara madu yang asli dengan yang palsu, pasti akan terlihat perbedaannya, walaupun sebenarnya madu asli juga mengandung air, tetapi tidak seperti madu palsu dengan kandungan air yang sangat banyak, sehingga nanti akan terlihat di tepi tepi tetesan madu palsu terlhiat basah seperti tetesan air, tetapi tidak dengan madu asli, kertas akan tetap baik baik saja dan tidak akan basah dalam jangka waktu tertentu.

Uji coba madu asli dan palsu dengan Batang Korek Api

Yang anda perlukan adalah batang korek api yang menggunakan kayu, bukan yang menggunakan gas ya, anda dapat mencobanya dengan melumuru ujung korek api(pada bagian hitam) dengan madu, coba dengan kedua madu yaitu asli dan palsu, coba anda gesekan ke alas kores apakah batang korek yang dilumuri madu palsu  bisa hidup? atau malah basah? beda halnya dengan yang dilumuri madu asli, walaupun sudah terlihat basah tetapi masih tetap akan hidup.

Membakar Madu Diatas Sendok

Cara yang satu ini dipercaya cara yang lumayan ampuh untuk membedakan madu asli maupun madu palsu, dengan cara sediakan lilin, sendok dan 2 buah jenis madu yaitu madu asli dan madu palsu, coba anda bakar kedua madu tersebut diatas sendok, maka akan terlihat perbedaannya, madu yang asli akan berbusa dan menggelembung besar hingga madu tersebut tumpah dari sendok, tetapi madu yang palsu hanya akan mendidih seperti air yang dipanaskan.

Menguji Madu dengan Mencampur dengan Air

Uji coba yang satu ini juga bisa anda andalkan, coba sediakan segelas air putih lalu kedua jenis madu, coba bandingkan antara kedua tetesan madu kedalam air tersebut? apakah madu asli akan bercampur dengan air? jawabannya tidak!. Madu asli akan terjun bebas kedasar gelas dan akan menetap disana tanpa tercampur, sedangkan madu yang palsu akan mengambang atau akan tercampur dengan air putih tersebut.

Uji Madu dengan Memasukannya ke lemari Es

Coba anda tes kedua jenis madu tersebut dimasukan kedalam lemari pendingin yang fungsinya untuk membekukan air/es batu, lihat perbedaanya, madu palsu akan membeku seperti es layaknya air yang ada disekitarnya, sedangkan madu asli akan tetap terjaga kekentalannya dan malah akan terasa lebih nikmat jika diminum secara dingin dingin dingin.

Menguji Keaslian Madu dengan Ikan

Apa hubungannya madu dengan ikan? memang tidak ada hubungannya sama sekali, tetapi anda bisa gunakan ikan sebagai objek yang diawetkan, karena madu asli mempunyai zat anti oksidan yang tinggi yang berfungsi untuk melawan racun racun yang ada pada tubuh, nah kita bisa gunakan ikan sebagai objeknya, jika anda masukan ikan kedalam sebotol madu asli, tidak usah banyak banyak gunakan ikan kecil saja untuk mengirit madu, maka anda akan melihat ikan yang menciut dan berubah warna menjadi pucat tanpa membusuk dan tidak mengeluarkan bau, lain halnya jika anda mencelupkannya kedalam madu yang palsu, maka anda akan melihat ikan yang ukurannya tidak akan berubah, tetapi warnanya akan menjadi kehitaman, lalu akan menimbulkan bau yang sangat busuk seperti layaknya bangkai ikan.

Melihat Aktifitas Semut dengan Madu yang Tumpah/diteteskan

Coba anda gunakan semut sebagai referensi menguji keaslian madu, anda cukup meneteskan madu dimana tempat biasanya semut bergerumul, biasanya untuk langkah awal semut akan mengerumudi tetesan madu yang asli, tetapi jika kita perhatikan atau kita tinggal maka semut semut itu akan menghilang satu persatu dengan sendirinya tanpa tetesan madu asli tersebut habis/ berkurang, kenapa begitu?

Madu yang asli tetap saja mengundang daya tarik untuk semut semut datang, semut tertarik karena aroma yang dihasilkan madu, tetapi semut tidak akan bisa mengkonsumsi madu tersebut, karena madu asli mempunyai tingkat kekentalan madu yang tidak bisa dicerna oleh semut itu sendiri. Tetapi lain halnya dengan madu yang tidak murni, bisa jadi madu tersebut sudah dicampur gula, ketika semut bergerumul menghampiri, maka madu yang palsu akan tetap habis tak bersisah.

Cara Mengetahui Madu yang Asli dan Madu yang Palsu

Sebenarnya masih banyak lagi cara untuk membedakan madu yang asli ataupun palsu, tetapi dengan cara cara diatas anda sudah cukup untuk membuktikan keaslian madu, hampir semua jenis madu setiap daerah bisa anda uuji ciba dengan cara cara diatas (Baca : Jenis Jenis Madu Beserta Khasiatnya), jadi anda tidak usah kawatir, yang pasti anda harus tetap waspada dengan madu yang dijual jual murah ya, karena tidak masuk akal sekali.. sekian..

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook