Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Madu

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh

Selingkaran.Com – Manfaat Madu, Kita tau bahwasannya Madu adalah atau merupakan cairan yang hampir sama seperti sirup dengan rasanya yang manis, disamping itu madu juga banyak sekali mengandung manfaat, sehingga sekarang ini banyak orang atau masyarakat yang berbondong bondong untuk mengkonsumsi madu yang tentunya bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh mereka. Madu adalah cairan yang pada umumnya dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya yang lebah atau serangga tersebut selalu mengkonsumsi nektar pada bunga. Lebah penghasil madu ini biasa disebut Tawon Madu.

Rasa manis yang dihasilkan oleh Madu, sudah jelas dan pasti berbeda dengan rasa manis yang dihasilkan oleh gula dan pemanis buatan lainnya. Walaupun madu memiliki unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, sehingga madu terasa menyerupai seperti gula pada umumnya, tetapi ingat, madu dan gula itu beda.

Manfaat Khasiat Madu

Manfaat Madu

Kandungan yang terdapat pada madu asli

Madu adalah campuran dari gula dan senyawa lainnya. Sehubungan dengan karbohidrat, madu terutama fruktosa (sekitar 38,5%) dan glukosa (sekitar 31,0%), sehingga mirip dengan sirup gula sintetis diproduksi terbalik, yang sekitar 48% fruktosa, glukosa 47%, dan sukrosa 5%. Karbohidrat madu yang tersisa termasuk maltosa, sukrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya. Seperti semua pemanis bergizi yang lain, madu sebagian besar mengandung gula dan hanya mengandung sedikit jumlah vitamin atau mineral.[7][8] Madu juga mengandung sejumlah kecil dari beberapa senyawa dianggap berfungsi sebagai antioksidan, termasuk chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin.[9][10] Komposisi spesifik dari sejumlah madu tergantung pada bunga yang tersedia untuk lebah yang menghasilkan madu

Analisa madu secara umum:

Fruktosa: 38.2%
Glukosa: 31.3%
Maltosa: 7.1%
Sukrosa: 1.3%
Air: 17.2%
Gula paling tinggi: 1.5%
Abu (analisis kimia):0.2%
Lain-lain: 3.2%
Kekentalan madu adalah sekitar 1,36 kilogram per liter. Atau sama dengan 36% lebih kental daripada air)

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Madu

Walaupun seperti terlihat, kandungan yang terdapat pada madu terdapat gula, tetapi sejatinya madu merupakan zat yang dihasilkan oleh bunga yang alami, tidak seperti gula pada umumnya yang dihasilkan dari tebu dan diolah hingga menjadi butiran gula.

Manfaat Khasiat Madu unuk Kesehatan Tubuh

Dalam segi manfaat, sudah bisa dipastikan, madu memili banyak sekali manfaat kesehatan untuk tubuh jika dikonsumsi, antara lain :

Manfaat Madu untuk Pengobatan Luka Diabetes

Loh? kok madu untuk mengobati diabetes, bukannya diabetes merupakan suatu penyakit dimana tubuh memiliki kadar gula yang tinggi? benar, tetapi yang dimaksudkan disini, adalah madu untuk penyembuhan luka, dalam artian Koreng atau sejenisnya, jadi madu bisa digunakan dengan cara dioleskan dibagian luka pada penderita diabetes, sebagai solusi karena biasanya penderita diabetes, dilarang untuk mengkonsumsi antibiotika

Madu Untuk Penambah Nafsu Makan

Rasanya yang manis sudah pasti penyebab rasa nafsu makan itu timbul, buat anda yang sekarang memiliki tubuh kurang berisi alias kurus dan kurangnya nafsu makan, cobalah untuk mengkonsumsi madu secara rutin, karena rasa manis yang terdapat pada madu membuat anda ingin mengunyah sesuatu.

Madu Tidak Membuat Gemuk

Madu tidak membuat gemuk? lalu pernyataan diatas bagaimana? benar Madu memang tidak akan membuat gemuk terkecuali madu itu palsu atau tidak murni, karena madu palsu atau tidak murni telah dicampur dengan gula, (Baca : Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu/Tidak Murni) jika madu asli hanya akan membuat nafsu makan anda bertambah tetapi tidak akan membuat tubuh anda menjadi gemuk, selain itu madu juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh loh, karena memilik zat antioksidan yang tinggi sebagai penawar racun.

Manfaat Madu untuk Kecantikan Wajah

Nah bagi kaum hawa, sudah pasti mengenal yang namanya madu sebagai bahan alami untuk menghaluskan kulit wajah, madu bisa digunakan sebagai masker wajah, karena kandungan nutrisi yang tinggi, sehingga membuat madu ini sangat bermanfaat sekali untuk wajah anda, sehingga wajah anda tampak lebih halus dan bersinar.

Madu untuk Menjaga Stamina dan Memelihara Daya Tahan Tubuh

Madu tidak hanya enak dikonsumsi, melainkan juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh salah satunya untuk menjaga stamina anda, dan memelihara daya tahan tubuh kita, jika anda rutin mengkonsumsi madu yang asli/murni secara perlahan sistem metabolisme tubuh anda akan berangsur-angsur membaik, dan jika sudah begini, tubuh anda akan terasa bugar dan sehat.

Manfaat Madu untuk Tulang

Tak hanya manfaat-manfaat yang disebutkan diatas, ternyata madu juga sangat bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang kita agar tidak cepat keropos, sehingga kesehatan tulang terpelihara dengan baik, karena madu sangat efektif membantu penyerapan kalsium yang dibutuhkan oleh tulang kita.

Madu Untuk Melawan Anemia

Jika anda adalah salah satu orang yang mengidap anemia atau tekanan darah rendah, anda bisa menggunakan madu sebagai solusi untuk emngatasi hal tersebut, kandungan glukosa dan hemoglobin sangat efektif sekali untuk melawan anemia yang anda alami saat ini, dan tentunya faktor faktor lain juga mempengaruhi dalam mengatasi hal ini.

Nah begitu banyak kan manfaat dari madu asli, ini baru beberapa halnya saja, manfaat manfaat kecil lainnya juga masih banyak , walaupun manfaatnya hanya kecil kecil tetapi jika digabungkan maka manfaat itu akan menjadi banyak, walaupun hanya mengkonsumsi satu sendok madu setiap harinya, anda pasti akan merasakan manfaat dan perubahan kesehatan pada tubuh anda.

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook