7 Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan

7 Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan

Walaupun memiliki kandungan yang berbeda dari kunyit kuning, kunyit putih tetap memiliki khasiatnya tersendiri. Seperti kebanyakan rempah-rempah pada umumnya, kunyit putih memiliki banyak manfaat. Contohnya dalam bidang kesehatan, kunyit putih dapat menjadi obat tradisional untuk mengatasi segala penyakit. Berikut ini manfaat kunyit putih bagi kesehatan:

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan seperti maag, kembung, sembelit, dan gangguan lambung lainnya dapat diatasi dengan minyak esensial yang dihasilkan oleh kunyit putih. Akar kunyit putih juga menghasilkan tepung yang dapat mengurangi tingkat keasaman dari cairan lambung. Kunyit putih tersebut dapat diolah dalam bentuk makanan atau diminum dalam bentuk teh.

Bacaan Lainnya

2. Mencegah dan Mengatasi Kanker

Kunyit putih memiliki kandungan zat RIP (Ribosome Inactivating Protein) yang diyakini dapat mencegah, memblokir, dan mematikan sel kanker dalam tubuh. Berdasarkan Journal of Pharmacy and Pharmacology, metastasis kanker antar organ juga dapat dihambat oleh kunyit putih.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Tiroid Dengan Cepat

Ada Pula senyawa lain dalam kunyit putih yang dapat membantu proses penyembuhan kanker. Tetapi perlu diperhatikan bahwa tingkat efektivitas kunyit putih untuk mencegah dan mengatasi kanker ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

3. Meringankan Peradangan dan Rasa Sakit

Kunyit putih diyakini dapat menjadi obat untuk mengurangi peradangan serta penyakit kulit lainnya. Karakteristik diuretik zedoary pada kunyit putih mampu menghapus zat beracun serta kelebihan cairan dalam tubuh. Selain itu sifat analgesik pada kunyit putih dapat membantu meringankan rasa sakit yang dialami tubuh.

4. Penawar Racun Gigitan Ular

Selanjutnya manfaat kunyit putih bagi kesehatan adalah sebagai penawar racun gigitan ular. Ekstrak yang dihasilkan kunyit putih dapat menjadi pertolongan pertama sebagai penawar racun gigitan ular serta menghambat aktivitasnya dalam tubuh. Mengkonsumsi air kunyit dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Air kunyit juga dapat membantu pemulihan setelah mengeluarkan racun.

Baca Juga : Cara Mengobati Saraf Kejepit Paling Aman

5. Antibakteri dan Antijamur

Ekstrak dari kunyit putih terbukti mampu melawan bakteri merugikan. Spesies bakteri penyebab penyakit, bakteri penyebab gangguan pencernaan, serta beberapa bakteri penyebab bisul dapat diatasi dengan kunyit putih. Selain itu, kunyit putih juga mampu mengurangi jumlah bakteri dalam mulut.

Tidak hanya sebagai antibakteri, ekstrak kunyit putih ini mampu menghambat aktivitas jamur dalam tubuh. Kunyit putih juga mampu melawan infeksi yang dihasilkan oleh jamur.

6. Obat Alergi

Kunyit putih dapat bekerja seperti obat anti alergi yang mampu mencegah pelepasan histamin, yakni zat kimia pemicu reaksi alergi. Senyawa curcuminoids yang ada di dalam kunyit putih terbukti mampu mengatasi gejala alergi pada kulit. Untuk melakukannya, bubuk kunyit dapat ditambahkan ke dalam olahan makanan.

7. Antioksidan Alami

Salah satu pemicu penyakit seperti kanker, katarak, dan penurunan fungsi ginjal adalah karena serangan dari radikal bebas. Tubuh manusia dapat terpapar radikal bebas melalui makanan, udara, bahkan reaksi tubuh pada sinar matahari. Untuk mengatasi hal tersebut, antioksidan inilah yang dapat membantu menangkal pengaruh negatif radikal bebas.

Baca Juga : 5 Cara Mengobati Penyakit Tifus Paling Efektif

Minyak atsiri atau minyak esensial yang dihasilkan oleh kunyit putih dapat menjadi sumber antioksidan alami. Bahan tersebut dapat ditambahkan ke dalam makanan. Antioksidan itu kemudian akan mempertahankan waktu simpan makanan sehingga tidak cepat mengalami oksidasi.

Itulah 7 manfaat kunyit putih bagi kesehatan. Penggunaan kunyit putih dalam batas tertentu memang aman, tapi ada baiknya mengkonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu untuk menghindari kesalahan-kesalahan serta hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Pos terkait