Cara Menyembuhkan Tiroid Dengan Cepat

Hormon yang berguna untuk mengatur fungsi-fungsi dasar pada tubuh manusia, dihasilkan oleh kelenjar tiroid. Pada saat kelenjar tiroid mengalami gangguan, maka timbul berbagai masalah yang dapat menyerang tubuh seperti rasa cemas yang berlebihan, cepat merasa lelah, insomnia dan denyut jantung yang tidak teratur. Cara menyembuhkan tiroid dapat dilakukan menggunakan bahan yang sederhana. Bagaimana caranya? Simak di bawah ini caranya:

1. Mengkonsumsi Cukup Yodium

Salah satu penyebab munculnya penyakit tiroid atau penyakit gondok adalah kurangnya asupan yodium dalam tubuh. Karena itu untuk menyembuhkan kembali tiroid yang bengkak, cara pertama adalah dengan memenuhi kebutuhan tubuh akan yodium yang cukup.

Bacaan Lainnya

Bahan alami yang banyak mengandung yodium adalah garam meja, namun mengkonsumsi garam dalam jumlah besar juga bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh karena asupan garam yang terlalu tinggi sebaliknya dapat menyebabkan timbulnya aneka penyakit seperti penyakit hipertensi.

Konsumsilah sumber yodium yang lain seperti keju, ikan, kerang, olahan yoghurt dan sayur mayur. Konsumsi yodium yang baik akan mengurangi bengkak dan menyembuhkan gondok. Walaupun penyakit tiroid sudah sembuh, asupan yodium tetap harus dijaga agar selalu terpenuhi.

Baca Juga : Cara Mengobati Saraf Kejepit Paling Aman

2. Beristirahat yang Cukup

Penyakit tiroid ini cukup berbahaya bagi lingkungan di sekitar penderita karena dapat menular melalui urine dan percikan air ludah. Karena itu penderita diharapkan untuk berdiam diri di rumah, sambil beristirahat dengan total. Hindari menggunakan peralatan makan, minum dan handuk bersama dengan anggota keluarga lainnya.

Istirahat total dapat mengembalikan kebugaran tubuh dan meningkatkan imunitas sehingga dapat memiliki kekuatan untuk menangkal virus. Penderita tiroid harus melakukan bedrest agar penyakitnya dapat segera disembuhkan. Selama bedrest juga dilarang melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan. semakin banyak waktu istirahat yang digunakan, maka tiroid akan lebih cepat disembuhkan.

3. Menggunakan Bawang Putih

Cara menyembuhkan tiroid yang selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Bahan alami yang sering dijumpai di dapur ini memiliki banyak manfaat dan berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Zat antibakteri, antiinflamasi dan antijamur yang terkandung dalam bawang putih sangat berguna menangkal virus yang bersarang pada kelenjar tiroid.

Baca Juga : 7 Cara Menyembuhkan Koreng di Kepala Dengan Bahan Alami

Senyawa lainnya seperti vitamin C, selenium dan vitamin B6 sangat berkhasiat mengurangi pembengkakan pada kelenjar tiroid. Kunyahlah 3 hingga 4 siung bawang putih mentah secara teratur setiap hari hingga penyakit tiroid menghilang.

4. Mengkonsumsi Buah-buahan

Mengkonsumsi buah-buahan memang sangat baik untuk kesehatan. Dalam menyembuhkan penyakit tiroid, carilah buah-buahan yang mengandung zat betakaroten yang tinggi seperti buah sirsak dan buah rambutan. Selain beta karoten, zat ampisilin yang terkandung dalam kedua jenis buah ini diyakini dapat menyembuhkan penyakit tiroid.

5. Menggunakan Kompres Dingin

Kompres dingin dapat membantu menghilangkan rasa nyeri akibat tiroid yang bengkak. Rendamlah handuk kecil pada air yang diberi es batu, kemudian peras dan tempelkan pada bagian tiroid yang bengkak. Suhu dingin dapat memberikan rasa nyaman dan memperlambat aliran darah sehingga pembuluh darah di area yang sakit akan menyempit.

Baca Juga : 6 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Ginjal Yang Wajib Diketahui

Namun, harus diperhatikan bahwa kulit pada bagian tiroid yang bengkak sangat sensitif sehingga hindari kontak langsung dengan batu es karena akan menimbulkan iritasi. Menggunakan handuk dingin sebagai kompres merupakan cara yang aman agar kulit tidak ikut rusak.

Cara menyembuhkan tiroid memang banyak macamnya. Mulai dari cara yang sederhana hingga tindakan medis di Rumah Sakit. Jika perawatan sederhana dirumah tidak menunjukan hasil, sebaiknya segera ke Rumah Sakit untuk mendapatkan perawatan lebih baik.

 

Pos terkait