Cara Mengobati Saraf Kejepit Paling Aman

Cara Mengobati Saraf Kejepit Paling Aman

Penyakit saraf kejepit disebut juga sebagai HNP atau Hernia Nucleus Pulposus. Ini adalah sebuah kondisi dimana bantalan antar tulang bagian belakang menonjol sehingga syaraf di sekitarnya menjadi tertekan atau terjepit. Rasa nyeri yang timbul akibat penyakit ini sangat mengganggu dan aktivitas keseharian pun bisa terganggu. Bagaimana cara mengobati saraf kejepit yang benar ? Berikut ini cara untuk mengobatinya:

1. Menjalani Terapi

Penderita saraf kejepit umumnya mengalami cedera atau trauma sebelumnya, seperti terjatuh atau mengalami kecelakaan. Sebaiknya jika mengalami kejadian seperti ini, segera ke Rumah Sakit untuk mengetahui apakah ada cedera yang serius atau tidak. Jika terjadi cedera yang menyebabkan saraf kejepit, lakukan beberapa terapi seperti berikut ini :

Bacaan Lainnya
  • Lakukan terapi panas menggunakan bantalan yang dapat dibeli di apotek. Letakkan bantalan panas tersebut pada bagian yang sakit setiap hari selama 10-15 menit.
  • Lakukan jalan santai setiap hari secara teratur, jangan dulu melakukan jenis olahraga yang berat.
  • Melakukan gerakan-gerakan yoga yang ringan untuk melancarkan sirkulasi darah.
  • Lakukan terapi dingin jika terjadi pembengkakan di area saraf kejepit. Bungkus beberapa buah es batu dalam handuk kecil dan gunakan sebagai kompres di bagian yang sakit selama 10-15 menit.
  • Terapi akupunktur dapat dilakukan atas anjuran dokter.
  • Selain akupuntur juga dapat dilakukan perawatan chiropractic atau perawatan tulang belakang dengan catatan harus dilakukan oleh tenaga medis yang terpercaya.

baca Juga : 7 Cara Menyembuhkan Koreng di Kepala Dengan Bahan Alami

2. Mengkonsumsi Obat Pereda Nyeri

Jika saraf kejepit terasa sakit dengan intensitas yang berlebihan, mintalah resep obat pereda nyeri kepada dokter yang memeriksa. Berikut ini beberapa jenis obat pereda nyeri yang biasa digunakan oleh penderita syaraf kejepit :

  • Ibuprofen, acetaminophen atau naproxen.
  • Suntikan steroid epidural yang diberikan kepada penderita saraf kejepit tingkat menengah dan atas rekomendasi dari dokter.
  • Suntikan kortison atau kortikosteroid di bagian yang sakit.
  • Obat pelemas otot
  • Jika sakit tak kunjung reda, dokter bisa saja meresepkan opioid untuk penggunaan jangka pendek untuk meredakan rasa sakit.

3. Menjaga Postur Badan

Cara mengobati saraf kejepit selanjutnya adalah dengan selalu menjaga postur badan pada posisi yang benar. Lakukan beberapa cara dibawah ini untuk memperbaiki postur : • Melakukan gerakan stretching seperti saat akan berolahraga.

Baca Juga: 5 Cara Mengobati Penyakit Tifus Paling Efektif

  • Jangan duduk terlalu lama, meluruskan punggung dan tarik dada ke depan sambil merasakan tekanan di punggung bagian bawah.
  • Berdiri dengan posisi badan bagian belakang lurus ke tembok selama beberapa menit. Hal ini membantu memperbaiki postur lebih tegak dan mengurangi tekanan pada bagian saraf belakang.

4. Meningkatkan Asupan Kalium dan Kalsium

Penyakit syaraf kejepit juga dapat terjadi akibat usia yang sudah tua. Karena itu sangat penting untuk memperhatikan asupan kalium dan kalsium untuk memperbaiki sel-sel saraf dan tulang yang rusak akibat bertambahnya usia.

5. Istirahat yang Cukup

Penderita syaraf kejepit harus memperhatikan banyak hal untuk memperbaiki metabolisme tubuhnya. Salah satu yang terkadang lupa diperhatikan adalah istirahat yang cukup.

  • Selalu beristirahat setiap kali melakukan aktifitas, jangan memaksakan diri untuk melakukan serangkaian kegiatan tanpa henti yang akan memperburuk kondisi saraf.
  • Tidurlah minimal 8 jam perhari.
  • Berhenti melakukan kegiatan berat atau mengangkat beban yang berat, istirahatkan seluruh tubuh dan sendi dari tekanan yang besar.

6. Melakukan Operasi

Jika kondisi syaraf kejepit sudah berada pada tahap yang serius, maka operasi menjadi pilihan terakhir yang harus dilakukan. Namun setelah menjalani operasi tidak serta merta penyakit sembuh begitu saja, akan ada serangkaian terapi pasca operasi yang harus dilakukan agar syaraf kembali berada pada kondisi yang normal.

Baca Juga : 6 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Ginjal Yang Wajib Diketahui

Demikian ulasan mengenai cara mengobati saraf kejepit paling praktis dan bisa dilakukan dimana saja. Adanya informasi ini semoga dapat membantu para penderita syaraf kejepit agar dapat beraktivitas normal kembali.

 

Pos terkait