Cara Menghitung Perkalian Pecahan Paling Praktis

Perkalian pecahan sangat penting sekali untuk diketahui caranya karena hampir semua materi matematika yang sulit dilengkapi dengan jenis perkalian ini. Tak hanya itu saja, soal ini juga sering sekali muncul pada UNAS sehingga wajib dipahami caranya. Mudah sekali mengerjakan soal ini jika dapat memahami cara menghitung perkalian pecahan yang akan disajikan berikut:

Menghitung Perkalian Pecahan Dengan Bilangan Bulat

Dalam soal latihan ataupun yang digunakan untuk Ujian Nasional, biasanya terdapat soal variasi yang menggabungkan bilangan bulat dengan bilangan pecahan. Contoh dari bilangan bulat yaitu 1,2, dan 3. Sedangkan contoh bilangan pecahan yaitu 1/2, 1/4, 1/6, dan lainnya. Berikut cara yang tepat untuk menghitung gabungan dari keduanya:

Bacaan Lainnya
  • Pahami terlebih dahulu komponen dari bilangan pecahan yang umumnya terdiri dari bilangan yang berada di atas atau biasa disebut dengan pembilang dan yang ada di bawah yang biasa disebut dengan penyebut.
  • Kenali soalnya dan tentukan bilangan pembilangnya
  • Kalikan bilangan pembilang tersebut dengan angka yang merupakan bilangan bulat
  • Bilangan penyebut tetap diikutkan di bagian bawah

Baca Juga : Berikut Materi Aljabar SMA Pembahasan Sifat dan Operasi Aljabar

  • Apabila hasil dari perkalian tersebut bilangan pembilangnya lebih besar daripada bilangan penyebut (pecahan tidak murni), maka dapat disederhanakan ke dalam bentuk pecahan yang paling sederhana
  • Hasil pecahan yang tidak murni bisa disederhanakan dengan pembagian porogapit sehingga akan menghasilkan pecahan campuran.

Menghitung Perkalian Pecahan Biasa

Pecahan biasa yang dimaksud disini adalah keduanya merupakan bilangan pecahan sehingga akan lebih mudah untuk dilakukan perkalian. Peserta didik tidak perlu menyamakan bagian penyebutnya terlebih dahulu karena ini bukan penjumlahan pecahan. Ikutilah cara menghitung perkalian pecahan berikut untuk mengetahuinya:

  • Lihat bentuk soalnya seperti apa
  • Identifikasikan bagian penyebut dan pembilangnya dengan baik. Jangan sampai peserta didik salah dalam mengidentifikasi karena penghitungannya pun akan salah nantinya
  • Siapkan alat hitung untuk perkalian. Apabila bisa menghitung sendiri tanpa bantuan alat tentu akan lebih bagus
  • Kalikan saja kedua pembilangnya yaitu yang bagian atas dengan atas
  • Apabila sudah, lakukan pengalian pada bagian penyebut dari keduanya
  • Apabila bentuk pecahannya murni (penyebut lebih besar dari pembilang), maka perkalian pecahan ini sudah selesai. Namun, apabila tidak murni maka peserta didik harus melakukan penyederhanaan terlebih dahulu sampai menemukan bentuk yang paling sederhana.

Menghitung Perkalian Pecahan Campuran

Perlu diketahui bahwa pecahan campuran merupakan gabungan dari bilangan pecahan dan bilangan bulat. Cara menghitung perkalian ini tentu berbeda dari cara yang telah dijelaskan di atas. Terdapat cara yang harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum melakukan perkalian. Berikut ini beberapa cara yang bisa untuk diikuti:

Baca Juga : Berikut Materi Akuntansi Perpajakan Dasar yang Harus Diketahui

  • Mengubah pecahan campuran ke dalam pecahan biasa. Untuk mencari bagian pembilang, silahkan kalikan bilangan bulat dengan penyebut dan ditambah dengan bilangan pembilang. Untuk mencari bagian penyebut, silahkan tulis saja penyebut pada bilangan pecahannya
  • Identifikasi bilangan pembilang dan bilangan penyebutnya dengan benar
  • Lakukan pengalian antara kedua bilangan pembilang tersebut. Selanjutnya, lakukan pengalian pada bilangan penyebutnya juga
  • Apabila hasilnya merupakan pecahan yang tidak murni, silahkan untuk menyederhanakan bilangan pecahan tersebut sampai yang paling sederhana.

Itulah cara menghitung perkalian pecahan yang wajib dipahami oleh setiap peserta didik. Perkalian bilangan pecahan tersebut menjadi kunci kesuksesan dalam mengerjakan soal ujian karena banyak sekali soal rumit yang berasal dari perkalian pecahan. Seringlah berlatih mengerjakan berbagai jenis soal perkalian pecahan agar lebih terbiasa dan lebih cepat dalam mengerjakannya.

 

Pos terkait