5 Cara Mengembalikan Data Flashdisk Yang Terformat Dengan Software Recovery

Flashdisk adalah salah satu media penyimpanan yang paling praktis karena bisa digunakan secara mobile kapan saja dan dimana saja ketika dibutuhkan. Akan sangat mengganggu pekerjaan jika tiba-tiba data dalam flashdisk hilang atau terformat secara tidak sengaja. Untuk mengatasi masalah tersebut simak cara mengembalikan data flashdisk yang terformat dengan aplikasi berikut ini :

1. Recuva

Software terbaik untuk mengembalikan data flashdisk yang terformat adalah Recuva. Software recovery ini dapat digunakan minimal oleh komputer dengan sistem operasi Windows XP. Pastinya Recuva bisa dijalankan dengan lancar pada PC kentang sekalipun, tidak memerlukan komputer dengan kualitas high end untuk menjalankan aplikasi ini.

Bacaan Lainnya

Recuva dibuat oleh developer bernama Piriform dan menyediakan dua versi pemakaian, versi gratis dan berbayar. Untuk versi gratis pengguna sudah bisa menggunakan aplikasi untuk mengembalikan data yang hilang. Namun jika pengguna ingin mendapatkan pengalaman recovery data yang lebih lengkap bisa menggunakan versi yang berbayar dari aplikasi Recuva.

Baca Juga :7 Penyebab Kenapa Flashdisk tidak Terbaca Ketika Digunakan

2. Puran File Recovery

Software Puran File Recovery mempunyai kelebihan untuk memulihkan data hardisk dan juga bekerja sangat baik untuk memulihkan data flashdisk. Software ini sebenarnya juga bekerja sangat baik pada flashdisk yang terformat. Puran File recovery file ini juga memiliki kelebihan dapat memulihkan berbagai jenis format file yang hilang pada flashdisk atau hardisk. Untuk ukuran software-nya juga kecil sehingga mudah di download.

3. Disk Drill

Cara mengembalikan data flashdisk yang terformat yang selanjutnya dengan memakai software Disk drill yang menyediakan layanan untuk memulihkan data yang hilang pada hardisk, iPods, flashdisk dan berbagai perangkat penyimpanan lainnya. Bahkan Disk Drill mengklaim bisa mengembalikan data yang hilang dengan ukuran hingga 500 MB, tentunya ini sangat memudahkan jika pengguna kehilangan file penting yang besar.

Salah satu kelebihan dari Disk Drill diantaranya ada fitur pause dan resume ketika melakukan proses pemulihan data. Software ini juga akan melakukan penyortiran data berdasarkan tanggal atau ukuran file untuk memudahkan pengguna dalam mencari file yang hilang. Software Disk drill juga sudah tersedia untuk pengguna sistem operasi Mac OS atau Windows.

4. Glary Undelete V5.0

Aplikasi yang dapat memulihkan data ini menawarkan tampilan yang mudah digunakan, aplikasi ini juga dapat memulihkan berbagai jenis file yang berbeda. Glary Undelete juga menawarkan ukuran yang ringan sehingga tidak akan membebankan komputer pengguna. Namun minimal sistem operasi yang bisa memasang software recovery ini adalah pengguna Windows 8 keatas.

5. EaseUS Data Recovery Wizard

Aplikasi ini menawarkan fitur scanning yang sangat fleksibel dan memudahkan pengguna dalam melakukan proses pemulihan data. Diantaranya ada mode quick scan untuk melakukan scan cepat pada perangkat penyimpanan yang terhapus datanya. Atau mode deep scan yang memungkinkan pengguna melakukan scanning secara mendalam.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan Flashdisk dan Flashdrive Beserta Tips Merawatnya

EaseUS juga menawarkan berbagai macam fitur recovery yang bisa diakses dengan mudah oleh penggunanya dibantu oleh tampilan yang mudah digunakan. EaseUS juga diklaim mampu memulihkan hingga 1000 lebih tipe format file dan akan mengelompokan file-file tersebut sesuai kebutuhan penggunanya.

Selain memulihkan data pada flashdisk, berbagai software diatas bisa juga digunakan pada berbagai jenis perangkat penyimpanan, seperti hardisk, SC Card dan lain sebagainya. Memang penting untuk mengetahui cara mengembalikan data flashdisk yang terformat baik karena disengaja maupun tanpa sengaja.

Karena banyak data penting di flashdisk, jika hilang maka akan menghambat pekerjaan. Oleh karena itu lebih berhati-hati ketika menggunakan flashdisk agar data tidak hilang.

Pos terkait