Siap Lolos CPNS dengan Persiapkan Materi TKB CPNS dengan Matang untuk 5 Kementrian Ini!

Untuk lolos menjadi CPNS perlu menempuh berbagai tahap seleksi, salah satunya adalah seleksi TKB. TKB merupakan tahapan terakhir yang harus dilalui agar bisa menjadi CPNS. Oleh sebab itu maka agar bisa melalui tes dengan lancar, siapkan dan pelajari materi TKB CPNS terlebih dahulu.

Apa Itu TKB?

TKB atau Tes Kompetensi Bidang merupakan tes yang berisikan pertanyaan mengenai bidang yang diambil.  Tes ini juga dianggap paling penting dalam keseluruhan tes CPNS sebab memiliki porsi nilai yang paling besar. Untuk materi yang akan diberikan pada tes akan berbeda-beda sesuai dengan instansi dan jabatan yang diambil.

Bacaan Lainnya

Materi TKB CPNS

Materi yang akan diberikan dalam TKB CPNS telah diatur dalam Kemenpan RB No. 36 Tahun 2018. Dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa tes yang diberikan meliputi CAT, tes bahasa asing, tes akademik, praktik kerja, tes fisik, psikotes, tes kejiwaan dan wawancara. Namun setiap instansi akan memberikan tes yang berbeda-beda. Untuk selengkapnya simak berikut ini:

Baca Juga : Rangkuman Mata Pelajaran SDIT Kelas 1 Terbaru

1. Kementerian Pendidikan

Untuk instansi ini cakupan materi TKB CPNS dibedakan sesuai dengan bidang yang diambil. Untuk jabatan tenaga pendidik/dosen, materi yang diujikan diantaranya adalah etika dan tri dharma perguruan tinggi, literasi bahasa inggris, problem solving dan dimensi psikologi. Selain itu akan diberikan juga tes wawancara dan praktik mengajar.

Sedangkan untuk tenaga non pendidik, materi yang diberikan berbeda. Materi yang akan diberikan berupa literasi bidang Pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi. Selanjutnya literasi bahasa inggris, problem solving, tes wawancara dan unjuk kerja. Namun ada juga yang tidak melakukan unjuk kerja.

2. Kementerian Perhubungan

Apabila pelamar mengambil bidang kementerian perhubungan maka ada 3 rangkaian tes yang akan dilakukan. Tes tersebut adalah tes substansi jabatan, Kesehatan jasmani dan kejiwaan. Untuk tes jabatan dilakukan menggunakan CAT dan tes ini memiliki porsi nilai paling besar. Tes ini dapat dilakukan di 33 lokasi di Indonesia.

3. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Untuk Kementerian Parekraf materi yang diberikan dalam TKB CPNS berbeda untuk jabatan yang dipilih.  Untuk beberapa jabatan hanya membutuhkan tes CAT dan wawancara. Namun untuk jabatan seperti Dosen asisten ahli, analisis ekonomi kreatif, perancang grafis, fotografi dan beberapa lainnya terdapat tes praktik kerja, penulisan makalah dan juga wawancara.

4. Kementerian Dalam Negeri

Untuk TKB yang dilakukan di Kementerian Dalam Negeri dilaksanakan berbeda-beda tergantung pada jabatan. Materi TKB CPNS Kementerian Dalam Negeri yang memilih jabatan fungsional akan dibuat oleh para Pembina di instansi tersebut. Sedangkan untuk jabatan pelaksana menggunakan tes CAT.

5. Kementerian KOMINFO

Masing-masing jabatan dalam kementerian ini memiliki tes yang berbeda-beda. Untuk pelaksanaan TKB di jabatan LPP TVRI, RRI dan Kominfo, tes yang dilakukan menggunakan CAT. Untuk bobot nilai total 100 persen dari tes tersebut.

Baca Juga : Rangkuman Lengkap Mata Kuliah Keperawatan D3 Setiap Semester

Kemudian untuk jabatan di Direktorat Pengendalian Aplikasi dan Informatika, tes yang diberikan ada 3 tahap. Tes tersebut terdiri dari CAT, praktik kerja dan wawancara. Untuk tes praktik kerja berupa keterampilan dalam mengetik dan melakukan studi kasus terhadap masalah tertentu.

Untuk jabatan Direktorat terdapat dua tes yang dilakukan yaitu CAT dan wawancara. Kemudian untuk tenaga asisten ahli-dosen terdapat tes CAT, wawancara dan praktik kerja. Terakhir untuk jabatan yang ditempatkan di Pusat Data dan Sarana Informatika akan memberlakukan TKB yang berupa CAT, wawancara dan praktik kerja.

Itu tadi adalah penjelasan singkat seputar TKB CPNS. Bagi para pejuang CPNS mempersiapkan semua tes yang akan dilaksanakan dapat menjadi salah satu cara agar bisa lolos tes CPNS. Untuk itu agar bisa lolos TKB para pelamar bisa mempelajari materi TKB CPNS sesuai dengan jabatan dan instansi yang dipilih.

 

Pos terkait