Terkesan Sepele, 5 Hal Ini Bisa Hancurkan Liburanmu Jika Tidak Dipersiapkan
Sumber : http://transom.org/2016/traveling-workshops-summer-2016/

Terkesan Sepele, 5 Hal Ini Bisa Hancurkan Liburanmu Jika Tidak Dipersiapkan

Selingkaran.com ~ Menuju pertengahan tahun artinya sama saja menandakan musim libur yang sebentar lagi tiba. Kamu pun mungkin termasuk orang yang sudah mulai mempersiapkan beragam rencana untuk kegiatan liburan yang seru dan menenangkan. Mulai dari menentukan destinasi yang hendak disinggahi, memesan tiket dan mereservasi kamar melalui Traveloka maupun agen perjalanan online lainnya, hingga menyiapkan beragam kebutuhan liburan yang mungkin dibutuhkan bisa jadi menjadi kesibukanmu akhir-akhir ini.

Harapanmu tentu cuma satu, yakni dengan persiapan yang matang, kamu bisa menjalani liburan yang super nyaman dan jauh dari kata berantakan. Hanya saja, terkadang kamu melupakan hal-hal yang terkesan sepele dan terlalu fokus pada permasalahan utama, seperti tiket dan pemesanan kamar. Alhasil ketika liburan tiba, hal yang terkesan remeh-temeh tersebut sangat mungkin menghancurkan rencana kegiatanmu yang telah dipersiapkan.

Nah, berikut ini adalah lima hal yang terkesan sepele, namun sebenarnya sangat krusial menentukan sukses tidaknya liburanmu nanti. Jangan sekali-kali meremehkan lima hal di bawah ini jika tidak ingin liburanmu hancur berantakan!

  1. Pulsa Ponsel

Komunikasi menjadi bagian penting, tidak terkecuali ketika kamu sedang berlibur. Untuk menghubungi kerabat di kota asal hingga untuk terus berkoordinasi dengan teman-teman seperjalanan, pulsa menjadi hal yang terkesan sepele namun sangat krusial. Karena itulah, pastikan kamu memiliki pulsa yang cukup sebelum memulai liburan. Pastikan nominal yang kamu miliki bisa mengakomodasi kebutuhan komunikasimu selama di daerah tujuan. Kalaupun tidak punya, kamu bisa beli murah di Traveloka, baik pulsa maupun paket internet yang dibutuhkan. Tidak bisa dimungkiri bukan, bukan hanya pulsa reguler, kamu pun memerlukan paket internet agar tetap eksis selama tengah menjalani liburan.

  1. Uang Receh

Sering mengabaikan uang receh yang kerap menjadi kembalian? Jangan salah, ternyata benda-benda yang satu ini akan sangat berguna menolongmu selama liburan tiba! Ya, ketika menjalani liburan, uang receh akan membantumu untuk melakukan pembayaran-pembayaran minor, seperti ketika hendak membayar ke toilet umum ataupun untuk parkir. Karena itu, persiapkanlah uang receh yang cukup sebelum liburan. Taruhlah kerincingan-kerincingan bernilai tersebut dalam satu wadah agar tidak berceceran dan mudah ditemukan. Bagi kamu yang bepergian ke luar negeri, jangan lupa untuk menukarkan beberapa valuta asing dengan nominal kecil agar bisa menjadi pengganti uang receh.

  1. Powebank

Ketika berjalan-jalan di kota wisata yang kamu tuju, sangat mungkin kamu hanya kembali ke tempat penginapan ketika malam tiba. Sangat mungkin terjadi juga baterai ponselmu melemah karena terlalu lama dipakai. Mengandalkan colokan umum bukanlah hal yang tepat karena tidak semua tempat menyediakan colokan yang bisa kamu pakai untuk mengisi daya ponselmu. Padahal, ponselmu tetap harus menyala untuk menjadi navigasi melalui map ataupun untuk berkomunikasi dengan kerabat dan sahabat. Daripada liburanmu pada hari itu hancur karena ponsel yang mati, lebih baik kamu mempersiapkan powerbank yang bersifat portabel sehingga bisa mengisi daya ponselmu di mana saja dan kapan saja dalam perjalanan liburanmu.

  1. Camilan

Bisa jadi tujuanmu mendatangi suatu tempat liburan adalah untuk berwisata kuliner. Tidak dapat disangkal, mencicipi beragam makanan khas suatu daerah menjadi kegiatan yang amat menyenangkan untuk mengisi acara jalan-jalanmu. Namun, bukan berarti kamu menjadi tidak peduli dengan keberadaan camilan, ya! Banyak traveler yang menganggap tujuannya berwisata kuliner sehingga sama sekali tidak mempersiapkan makanan ringan dalam tas ranselnya. Alhasil, ketika lapar muncul mendadak ketika belum sampai ke objek yang dituju, perut menjadi keroncongan dan dompet bisa jebol sebab harus membeli camilan dengan budget yang tidak dipersiapkan sebelumnya. Ditambah lagi, harga makanan ringan di kota wisata relatif lebih tinggi dibandingkan di tempat-tempat nonwisata. Karena itu, sebaiknya kamu menyiapkan ransum camilan secukupnya dari rumah agar perut dan dompet selalu aman ketika jalan-jalan.

  1. Headset atau Earphone

Menganggap membawa barang ini akan membuatmu tidak dapat merasakan sensasi liburan secara maksimal karena terlalu fokus pada apa yang didengarkan, musik misalnya? Nyatanya anggapan tersebut salah. Headset atau earphone tidak akan mengganggu liburanmu, melainkan dapat menolongmu dari “mati gaya” ketika sedang di dalam perjalanan. Khususnya bagi yang menjalani solo traveling, mendengarkan musik melalui headset atau earphone dapat memberimu ketenangan dan kebebasan dari rasa takut akan kesepian. Lebih pentingnya lagi, mendengarkan musik lewat alat yang satu ini tidak akan mengganggu orang lain karena dianggap bising.

Jadi sekarang, cek kembali persiapan liburanmu, yuk. Fokus pada hal-hal besar memang sangat penting, namun lima hal yang terkesan sepele di atas juga tidak boleh diabaikan. Apabila kamu sudah menyiapkan semuanya dengan matang, dijamin deh liburanmu akan bebas dari kata berantakan.

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook