7 Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan Dengan Cepat

Banyak cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan cepat tanpa obat. Sakit tenggorokan biasanya disebabkan oleh banyak hal. Sakit tenggorokan sangat mengganggu, karena untuk menelan makanan atau minuman pasti akan terasa sakit. Namun jangan khawatir karena sekarang sudah banyak cara menyembuhkan dengan cepat. Berikut cara-caranya:

1. Minum Air Putih

Cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan cepat yang pertama yakni perbanyak minum air putih. Air putih bisa meringankan sakit yang disebabkan radang tenggorokan. Lebih bagus lagi jika yang dikonsumsi adalah air hangat.

Bacaan Lainnya

Saat tubuh kurang cairan, tubuh tidak akan bisa menghasilkan lendir dan air liur yang dapat membantu menjaga tenggorokan supaya tetap lembab. Hal itu disebabkan karena adanya pembengkakan. Pembengkakan dapat mengakibatkan peradangan semakin parah. Dengan minum air putih yang banyak, maka selaput yang memproduksi lendir agar tetap lembab dan dapat berfungsi dengan baik saat melawan bakteri yang penyebab iritasi.

2. Konsumsi Teh Chamomile

Teh Chamomile mempunyai efek menenangkan. Teh ini sudah sejak lama dimanfaatkan untuk obat. Penyakit yang dapat diatasi dengan teh Chamomile yakni radang tenggorokan. Karena teh ini mempunyai kandungan antioksidan dan anti inflamasi.

Baca Juga : 5 Cara Memelihara Kesehatan Paru Paru Yang Mudah Dilakukan

Banyak ulasan sudah menyebut bahwa dengan menghirup uap dari teh Chamomile bisa meringankan pilek dan sakit tenggorokan. Dengan minum teh ini mampu menambah sistem kekebalan tubuh untuk dapat melawan infeksi yang menjadi penyebab radang tenggorokan. Ambillah 2-4 sendok Chamomile yang telah kering. Lalu tambah dengan air panas, setelah air berwarna coklat minumlah teh tersebut.

3. Menggunakan Madu

Dilansir dari Health Line, sebuah penelitian berhasil menemukan bahwa madu lebih efektif dalam mengobati batuk di malam hari dibanding obat batuk biasa. Madu yang dicampurkan dengan teh atau dimakan langsung dapat menjadi obat rumahan yang dimanfaatkan untuk mengobati sakit tenggorokan. Terdapat juga penelitian lain yang menunjukkan bahwa madu merupakan penyembuh luka yang sangat efektif.

4. Berkumur Air Seduhan Garam

Cara mengobati radang tenggorokan dengan cepat berikutnya yaitu dengan berkumur menggunakan air garam. Berkumur-kumur dengan seduhan air garam yang masih hangat bisa membantu meringankan sakit tenggorokan dan memecah sekresi. Terapi dengan berkumur air garam juga berguna untuk membunuh bakteri yang ada di tenggorokan.

Pertama larutkanlah 1/4 sendok garam dalam satu gelas air yang hangat dan penuh. selanjutnya berkumur-kumurlah dengan air garam itu untuk dapat membantu meringankan pembengkakan di tenggorokan serta dapat menjaga kebersihan mulut dan tenggorokan.

5. Konsumsi Teh Akar Manis

Akar Licorice atau sering disebut juga akar manis sudah lama digunakan sebagai obat sariawan dan sakit tenggorokan. Penelitian yang baru menampilkan bahwa hal ini efektif apabila dicampur dengan air. Selain dapat meredakan sakit tenggorokan akar manis dapat juga meredakan batuk, nyeri perut, Dan Kram.

6. Konsumsi Air Lemon

Cara yang satu ini cukup sering digunakan banyak orang. Lemon mengandung vitamin C serta antioksidan yang cukup tinggi mampu meringankan sakit tenggorokan dan sariawan. Di dalam jus lemon terdapat kandungan astringent yang mampu meringankan bengkak di tenggorokan. Dan juga mampu menciptakan keadaan asam sehingga mampu mematikan bakteri dan virus yang menyebabkan iritasi.

Baca Juga : Kenali 5 Cara Mengobati Keputihan Gatal Dengan Mudah

7. Menggunakan Peppermint

Tanaman Peppermint popular dengan kemampuan dalam menyegarkan nafas. Dengan menyemprotkan cairan peppermint ke tenggorokan dapat membantu meringankan sakit tenggorokan dan batuk.

Mentol yang terkandung di dalam peppermint mampu mengencerkan lendir dan meringankan sakit tenggorokan. Tanaman ini juga mempunyai senyawa anti inflamasi, antivirus, dan anti bakteri yang dapat mempercepat penyembuhan.

Itulah 7 cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan cepat memakai bahan alami. Cara-cara diatas adalah cara yang ampuh dan mudah. Bahan yang dapat dimanfaatkan juga mudah didapatkan.

 

Pos terkait