5 Cara Memelihara Kesehatan Paru Paru Yang Mudah Dilakukan

Paru-paru merupakan pusat dari sistem pernapasan yang memiliki tugas untuk menukar oksigen di dalam tubuh. Paru-paru mempunyai peran yang sangat penting, bagaimana tidak, jika paru-paru bermasalah maka seluruh organ di dalam tubuh juga akan ikut rusak. Lalu adakah cara memelihara kesehatan paru paru yang mudah untuk dilakukan?

Menjaga kesehatan paru-paru adalah suatu hal yang wajib untuk dilakukan. Simak ulasan berikut untuk mengetahui hal yang harus dihindari apabila ingin menjaga kesehatan paru-paru:

Bacaan Lainnya

1. Berhenti Merokok

Saat ini rokok sudah dianggap sebagai hal yang biasa padahal dibalik itu rokok memiliki kandungan yang sangat berbahaya. Zat berbahaya yang terdapat di dalam rokok bisa memicu terjadinya kerusakan pada paru-paru. Mengkonsumsi rokok dalam jangka panjang akan menimbulkan penyakit seperti kanker dan bronkitis. Dengan berhenti merokok akan membuat paru-paru menjadi sehat.

Walaupun pada bungkusan rokok terdapat peringatan tentang dampak negatif yang akan diberikan bagi penggunanya, namun masih banyak yang tetap melakukan. Bahkan anak-anak juga sudah banyak yang merokok, sangat miris bukan.

Baca Juga : Kenali 5 Cara Mengobati Keputihan Gatal Dengan Mudah

2. Rutin Olahraga

Cara memelihara kesehatan paru paru selanjutnya yaitu dengan rutin melakukan olahraga. Tidak hanya kesehatan paru-paru saja, tetapi olahraga dapat mencegah penyakit jantung. Dengan rutin melakukan olahraga maka tubuh akan terhindar dari penyakit.

Olahraga akan membuat paru-paru bekerja lebih keras. Bagaimana tidak, saat sedang melakukan olahraga paru-paru akan memasukkan oksigen dan membuang karbon dioksida. Hal tersebut membuat kecepatan pernapasan meningkat 4 kali lipat dari sebelumnya. Beberapa jenis olahraga yang dapat melatih pernafasan seperti berenang dan lari jika dilakukan secara rutin akan membuat paru-paru menjadi sehat.

3. Hindari Polusi

Selanjutnya yaitu menghindari polusi di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Batasi aktivitas di luar ruangan. Polusi dari asap kendaraan ataupun debu yang ada di jalan dapat memicu gangguan pada pernafasan.

Tidak di dalam ruangan saja, di ruangan tertutup juga sering terjadi polusi. Maka dari itu hindari merokok di ruangan tertutup. Apabila terdapat polusi disekitar rumah, segera tutup jendela dan pintu untuk mencegah polusi tersebut masuk.

4. Konsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi tidak hanya untuk menyehatkan paru-paru saja, tetapi juga seluruh tubuh. Beberapa makanan seperti apel, pir, blueberry, dan sayuran sangat bagus untuk membantu menjaga kesehatan paru-paru.

Baca Juga : 6 Cara Menyembuhkan Sesak Nafas Karena Batuk Dengan Bahan Alami

Hindari makanan yang manis, berminyak, dan makanan yang mengandung banyak garam. Selain makanan, hindari juga minuman yang beralkohol karena akan mengganggu fungsi kerja dari organ paru-paru. Menambahkan rempah-rempah pada makanan seperti kunyit dan cabai dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru.

5. Jaga Kebersihan

Cara yang terakhir yaitu menjaga kebersihan. Terdengar sederhana namun dampaknya sangat besar. Apabila menjaga kebersihan sudah menjadi suatu kebiasaan maka akan sangat memberikan dampak positif bagi tubuh. Salah satunya yaitu dengan mencuci tangan apabila selesai beraktivitas atau apabila ingin makan.

Pasalnya 80% penyebab dari penyakit paru-paru disalurkan melalui tangan. Pilihlah hidup sehat, makanan yang sehat dan pola kegiatan yang sehat. Selain kebersihan tangan dan tubuh, kebersihan lingkungan juga sangat penting untuk selalu dijaga.

Ulasan di atas telah memberikan penjelasan mengenai cara memelihara kesehatan paru paru yang dapat dilakukan dengan mudah. Melakukan vaksin paru paru juga bisa dilakukan untuk mencegah infeksi yang dapat membahayakan paru-paru. Namun apabila sudah terserang penyakit paru-paru maka segera lakukan pengobatan ke dokter.

 

Pos terkait