Senam Kagel Untuk Mengencangkan Otot Panggul
Gerakan senam kagel

Senam Kagel Untuk Mengencangkan Otot Panggul

Selingkaran.com ~ Senam Kagel Untuk Mengencangkan Otot Panggul | Sesuai dengan namanya,Sejarah senam kagel pertama kali digagas oleh Dr. Arnold Kagel pada tahun 1945. Dia adalah seorang ahli kandungan yang berasal dari negara jerman, saat itu dia menerima banyak sekali pasien wanita yang mengeluh sering kesulitan dan tidak bisa menahan untuk buang air kecil pasca melahirkan. air seni sering mengucur begitu saja padahal posisi tubuh belum benar.

Senam kagel ini berfungsi untuk melatih dan mengencangkan otot-otot pada panggul, otot panggul ini saling berkaitan antara panggul, anus uretera dan miss V. otot panggul juga memiliki peran sebagai penopang bagian-bagian tubuh yang berada pada area panggul, seperti rahim, kandung kemih, juga organ-organ dalam. Setelah melahirkan maka otot dasar pada panggul akan mengalami beberapa perubahan, otot-otot akan mengendur, menggantung, melar, serta terjadi gangguan saat buang air kecil. Cara yang paling tepat untuk mengatasi masalah pada otot panggul adalah dengan melakukan Senam kagel sperti berikut ini.

Gerakan senam kagel

Gambar senam kagel Indonesia @nirariestia

Manfaat Senam Kagel

Senam Kegel ini tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi masalah pada organ wanita saja tetapi juga dapat dipraktekan untuk kaum laki-laki untuk supaya kehidupan bercinta anda semakin harmonis. berikut ini adalah beberapa manfaat yang kita dapatkan dari senam kagel.

  • Mengurangi resiko wasir
  • Mengencangkan dan menguatkan otot-otot pada miss V
  • Mencegah dan mengatasi adanya gangguan saat buang air kecil
  • Memperbaiki sel-sel yang rusak pasca melahirkan
  • Mempercepat Mengembalikan organ kewanitaan seperti semula pasca melahirkan
  • Mengembalikan otot anus ke posisi normal
  • Meningkatkan kepuasan bercinta dengan pasangan sehingga hubungan semakin harmonis.

Gerakan Dasar Senam Kagel

Gerakan pada senam ini tergolong cukup mudah sekali jika dibandingkan dengan jenis Olah raga lainya yang membutuhkan waktu dan juga energi yang cukup banyak. caranya sebagai berikut berbaringlah diatas matras, luruskan dan letakan tangan disamping tubuh, bukalah kaki kurang lebih sekitar 30 cm, angkat tubuh dengan cara menekuk lutut hingga telapak kaki menempel pata matras lalu rileks kan tubuh. usahakan semua otot dikendurkan kecuali otot pada panggul. atur nafas dengan normal, kontraksikan otot panggul secara perlahan tahan selama 5 detik, lalu lemaskan kembali selama 5 detik, ulangi gerakan ini sebanyak 5 kali, selanjutnya ulangi lagi namun tahan napas selama 10 detik lalu percepat gerakan frekuensi kontaksi otot panggul selama 1 detik lalu kendurkan lagi 1 detik, ulangi sebanyak 5 kali.

Demikian tadi adalah artikel seputar senam kagel yang dapat kami sajikan, siapa sangka dibalik gerakan senam yang begitu mudan dan gerakan yang lemah lembut ternyata menyimpan suatu manfaat yang luar biasa untuk menambah keharmonisan dengan pasangan, selamat mencoba semoga bermanfaat

Baca juga :


Fadhila Roeyta
Fadhila Roeyta
Gemar berolahraga dan menjaga kesehatan tubuh adalah rutinitas yang selalu dijalani oleh Fadhila dalam kesehariannya. Ia akan selalu ingin berbagi informasi mengenai Kesehatan didalam website ini.

Komentar Facebook