Tips Mencegah dan Mengatasi Rambut Beruban

Tips Mencegah dan Mengatasi Rambut Beruban

Selingkaran.com ~ Tips Mencegah dan Mengatasi Rambut Beruban | Semakin bertambahnya usia, terutama setelah menjelang usia 40 tahun keatas, kepala akan mengalami perubahan seperti tumbuhnya rambut yang berwarna putih yang sering disebut dengan uban. Tumbuhnya uban ini disebabkan karena rambut mengalami kekurangan zat-zat tertentu. tetapi ada juga yang sudah memiliki rambut beruban meskipun usianya tergolong masih muda, hal ini bisa disebabkan karena faktor keturunan dari orang tuanya.

Jika anda sering mengalami stres yang berlebihan hal ini diyakini dapat menjadi pemicu tumbuhnya uban dirambut anda, karena stres dapat mengurangi produksi pigmen pewarna rambut, bagi sebagian orang mungkin ada yang menerima dengan berbesar hati bahwa tumbuhnya uban adalah kodrat yang yang harus kita terima, tetapi ada juga yang merasa minder dengan perubahan pada rambutnya ini, berbagai macam cara akan dilakukan untuk untuk menutupi ubanya, terutama bagi mereka yang sangat mementingkan penampilan, jika anda ingin selalu tampil dengan rambut yang berwarna hitam berkilau berikut ini ada beberapa cara mencegah dan mengatasi rambut beruban yang bisa anda coba. berikut diantara :

Mencegah dan Mengatasi Rambut Beruban

1. Mencegah Rambut Beruban

Mengatasi Rambut Beruban Dengan Alami

Memenuhi Asupan Zat Gizi
Asupan kebutuhan zat gizi ini sangat penting sekali dan sangat berpengaruh terhadap kesehatan rambut, jika asupat zat gizi terpenuhi maka produksi pigmen pewarna rambut akan bekerja dengan maksimal, zat yang harus dipenuhi untuk pencegahan tumbuhnya uban antara lain tembaga, yang dapt diperoleh dari kacang-kacangan, selenium, vitamin A,C dan E yang bertindak untuk menghambat penuaan.

Jangan Mewarnai Rambut
Jika kamu sering bergonta ganti warna rambut sebaiknya hentikan kebiasaan burukmu sekarang juga, karena pewarna rambut mengandung bahan kimia yang berdampak negatif pada kesehatan rambut, akibatnya dapat merusak pigmen warna asli rambutmu secara permanen juga dapat menyebabkan rambut rontok jika anda benar benar ingin mewarnai rambut sebaiknya pilih pewarna yang terbuat dari bahan alami.

Tidur Yang Cukup
Tidur cukup minimal 8 jam dalam sehari, hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan sel-sel untuk beregenerasi sehingga dapat menunda proses penuaan dan terhindar dari uban.

2. Mengatasi Rambut Beruban Dengan Alami

Mencegah Rambut Beruban

Dengan Daun Rambutan
Caranya ambil beberapa lembar daun rambutan yang masih hijau segar, masukan kedalam baskom yang berisi air lalu remas remas sampai mengeluarkan busa dan lendir, lalu pakai air remasan tersebut untuk keramas, diamkan 5 menit lalu bilas sampai bersih.lakukan dengan teratur 3 kali seminggu.

Dengan Air Kelapa
Sebaiknya gunakan kelapa hijau, caranya ambil air kelapa hijau dan campurkan dengan 1 sendok teh garam dapaur, pakai untuk keramas, lakukan secara rutin 3 kali dalam seminggu.

Dengan Kemiri
Caranya ambil 1 genggam kemiri lalu tumbuk sampai halus, rebus kemiri sampai mengeluarkan minyak, usapkan minyak kemiri pada kulit kepala sambil dipijat pijat agar minyak kemiri meresap kepori-pori, lakukan secara rutin 2 hari sekali, supaya hasilnya maksimal.

Dengan Biji Pepaya
Tidak hanya buahnya yang bermanfaat untuk kecantikan, ternyata biji pepaya dapat mengurangi efek negati yang dipancarkan oleh sinar matahri pada rambut kita, caranya siapkan segenggam biji pepaya lalu sangrai, setelah itu tumbuk sampi halus dan campurkan dengan sedikit minyak kelapa, oleskan ramuan tersebut pada rambut dan bungkus kepala dengan penutup kepala biarkan selama 2 jam, bilas hingga bersih, lakukan secara rutin selama 3 bulan berturut-turut.

Itu tadi adalah beberapa cara untuk mencegah dan mengatasi rambut beruban, bagaimana berminat ingin mencobanya? jika dilakukan dengan rutin dan konsisten pasti hasilnya akan memuaskan sesuai dengan yang anda inginkan, jangan lupa baca artikel menarik kami lainya ya.

Fadhila Roeyta
Fadhila Roeyta
Gemar berolahraga dan menjaga kesehatan tubuh adalah rutinitas yang selalu dijalani oleh Fadhila dalam kesehariannya. Ia akan selalu ingin berbagi informasi mengenai Kesehatan didalam website ini.

Komentar Facebook