Percaya atau Tidak, Hewan Menjijikan Ini Ternyata Bermanfaat Loh..
Ulat Sutera

Percaya atau Tidak, Hewan Menjijikan Ini Ternyata Bermanfaat Loh..

Selingkaran.com – Pernah menemui sesosok binatang yang menggelikan atau malah menjijikan jika dilihat? ya, bagi sebagian orang binatang semacam kecoa, ulat, ataupun lintah pasti amat menggelikan, jangankan menyentuhnya, terkadang untuk melihatnnya pun kita sudah geli apalagi jika dihampiri oleh kecoa terbang.

Namun, mungkin banyak dari kita yang kurang mengetahuinya, bahwa binatang-binatang tersebut memiliki manfaat tersendiri, penasaran? yuk disimak dahulu.

1. Ulat sutera

Untuk ulat yang satu ini pastinyaa Anda semua sudah mengenalnya ya, walaupun hanya sebatas mendengar namanya, namun tak selammanya ulat didefinisikan sebagai hama. Buktinya untuk ulat sutera ini dapat menghasilkan serat protein yang alami dan bisa di tenum menjadi benang atau tekstil. Untuk menghasilkan suteral, biasanya dihasilkan dari kepompong larva ulat sutera murbei. Ulat jenis ini dibudidayakan lalu ketika sudah cukup dewasa akan di celup ke dalam air yang mendidih sebelum keluarnya ngengat dewasa, atau juga bisa dicucuk dengan jarum. Hal ini lah yang membuat seluruh kepompong dapat diurai menjadi sehelai benang tanpa terputus, dan membuat sutera dapat ditenun menjadi kain yang cukup kuat.

2. Lintah

Lintah, mendengar namanya saja sudah membuat bulu kuduk merinding. Lintah atau sering disebut pacet, biasanya dapat kita temui di air payau, sawah, rawa-rawa ataupun kubangan air. Hewan jenis ini dikenal dengan kebiasaannya yang menghisap darah hewan lain bahkan manusia sekalipun.

Jika sudah dihinggapi hewan satu ini, maka akan sukar untuk dilepaskan, ya, pacet ketika sudah menempel di kulit maka tidak akan mudah dilepaskan, ia akan terus menempel dan menghisap darah mangsanya hingga puas dan tubuhnya menggembung  karena penuh dengan darah mangsa.

Namun, akhir-akhir ini lintah banyak diminati dan dijadikan sebagai terapi lintah yang bermanfaat untuk mengatasi flek-flek hitam diwajah, jerawat, kerut wajah dan lain-lain. Liur yag dimiliki lintah memiliki zat anti pembeku darah serta protein, yang tentunya zat ini dapat mencegah zat-zat pembeku darah.

3. Kecoak

Kecoak terbang-kecoak terbang, gimana jika seekor keceoak terbang menghampiri Anda? lari terbirit-birit atau membiarkan si kecoak hinggap di tubuh Anda.

Ya, kecoak sering kita jumpai di daerah yang lembab dan sedikit kotor seperti kamar mandi, dan banyak orang berangggapan bahwa hewan yang satu ini memang menjijikan jika disentuh, hal ini kemungkinan karena lingkungan hidup si kecoak yang kotor.

Namun, baru-baru ini ada penelitian yang disebutkan oleh para ahli dari Nottingham University yang menyebutkan justru kecoa sangat higenis, ini dikarenakan kecoak meiliki senyawa kimia yang ampub membasmi kuman-kuman yang super. Serta, kecoak juga mempunyai banyak manfaat ketimbang risiko kesehatan.

Penelitian dari kampus tersebut membuktikan bahwa kecoak memiliki sekitar sembilan kandungan senyawa yang bersifat toksik atau beracun bagi bakteri. Senyawa-senyawa itu bahkan diklaim, mampu membunuh hingga 90 persen bakteri super, termasuk Methicillin-Resistant Staphylococcus Aureus (MRSA) dan Escherichia coli. Dan ternyata protein dari tubuh kecoak juga dipakai sebagai bahan pembuat kosmetik. Di beberapa daerah kecoak telah dijadikan bahan makanan dengan cara disate dan digoreng karena dianggap memiliki protein yang tinggi.

4. Cacing tanah

Cacing tanah dahulu sering kali digunakan sebagai umpan memancing, namun dibalik itu semua, cacong tanah ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Ada beberapa penelitian yang membuktikan adanya antibaktersi serta protein dari hasil ekstrasi cacing tanah. Hal ini sanggup mengambat pertumbuah berbagai bakteri gram negatif seperti Escherichia coli, Shigella dysenterica, Staphylococcus aureus dan Salmonelllathypus. Sehingga tak heran jika cacing tanah dapat digunakan untuk mengobati berbagai infeksi saluran pencernaan serta gangguan perut lainnya.

Tak hanya itu, cacing tanah ini juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah tinggi serta menurunkan kada gula darah bagi penderita diabetes.

Selain itu, dapat digunakan untuk mengobati wasir, eksim, alergi, luka, sakit gigi, mengurangi pegal linu akibat keletihan atau akibat reumatik.

5. Belatung

Belatung adalah hewan menjijikan nomor lima, banyak orang yang tidak sudi bersentuhan langsung dengan hewan yang satu ini. Namun pada faktanya, belatung ampuh dalam membersihkan luka. Ada penelitian yang membuktikan bahwa belatung dapat membersihkan jaringan mati pada luka dengan lebih cepat, efektif dan juga aman.

Dominique Larrey, dokter militer Perancis pada abad ke-18 mengamati bahwa tentara yang lukanya dikerumuni oleh belatung memiliki angka kecacatan dan kematian yang lebih rendah dibanding tentara lainnya. Setelah mempelajari lebih lanjut, Larrey menemukan bahwa larva lalat jenis tertentu hanya memakan jaringan yang mati sehingga mempercepat penyembuhan luka.

6. Bekicot

Bekicot, hewan yang banyak ditemui di pohon-pohon pisang ini juga menjadi salah satu hewan yang menggelikan namun pada akhir-akhir ini jenis bekicot Achatina fulica telah banyak diternak dan dikonsumsi dagingnya. Ini dikarenakan Bekicot adalah sumber protein hewani yang bermutu tinggi serta mengandung asam amino esensial yang lengkap. Tak hanya itu, bekicot juga sering digunakan untuk pengobatan tradisional, ini dikarenakan lendir yang dimiliki bekicot dapat mengobat berbagai macam penyakit seperti abortus, sakit waktu menstruasi, radang selaput mata, sakit gigi, gatal-gatal, jantung dan lain-lain. Sedangkan kulit bekicot sangat mujarab untuk penyakit tumor.

Bagaimana, masih merasa jijik atau sudah mulai berminat untuk mencoba mengambil manfaat dari hewan-hewan itu?

Fadhila Roeyta
Fadhila Roeyta
Gemar berolahraga dan menjaga kesehatan tubuh adalah rutinitas yang selalu dijalani oleh Fadhila dalam kesehariannya. Ia akan selalu ingin berbagi informasi mengenai Kesehatan didalam website ini.

Komentar Facebook