Bahaya Keseringan Mengkorek-Korek Telinga
Anatomi Telinga | Bahaya Mengorek Telinga

Bahaya Keseringan Mengkorek-Korek Telinga

Selingkaran.Com – Menkorek korek telinga memang suatu hal yang lazim kita lihat atau malah kita alami sendiri di keseharian, niatnya untuk membersihkan bagian dalam telinga karena terasa gatal dan perasaan anda ditelinga banyak kotoran yang menempel sehingga anda mengorek ngorek kuping.

Rasa gatal yang ada didalam telinga merupakan sugesti dari diri anda sendiri karena terlalu sering mengorek ngorek telinga, bahkan hampir setiap hari anda melakukan kegiatan ini, tetapi tahukah anda bahwasannya mengorek ngorek kuping itu berbahaya sekali untuk kesehatan telinga anda? apalagi jika anda membersihkan telinga dengan menggunakan benda benda yang keras dan tidak lembut, salah salah malah gendang telinga anda tertusuk sehingga robek, jika sudah begini anda akan mengalami ketulian dan susah untuk disembuhkan.

Bahaya Mengorek Telinga

Jika anda merasa melihat atau ada cairan kuning kental yang berada di dalam telinga anda sebenarnya itu wajar karena air yang tertinggal saat anda mandi dan mengendap didalam telinga, tetapi Zat kekuningan di telinga yang juga secara medis disebut cerumen sejatinya adalah pelindung telinga kita. “Keberadaan cerumen untuk menjaga saluran pendengaran bersih,” kata Douglas Backous, MD, ketua komite pendengaran dari American Academy of Otalaryngology-Head and Neck Surgery (AAO-HNSF) sekaligus direktur bedah pendengaran dan tengkorak di Swedish Neuroscience Institute, Seattle.

Dikutip health.kompas.com, cerumen tidak hanya membantu menjaga kebersihan gendang telinga tapi juga memliki khasiat antibakteri dan fungsi pelumas. Zat ini sebaiknya tak dibersihkan karena telinga manusia bisa membersihkan diri sendiri. Setelah cerumen kering, setiap gerakan rahang seperti mengunyah saat makan atau mengobrol akan membantu cerumen keluar dari pembukaan telinga.

Anatomi Telinga | Bahaya Mengorek Telinga

Anatomi Telinga | Bahaya Mengorek Telinga

Tetapi masalahnya, kita ini terkadang mbeler atau tidak mautau alasan apa saja, padahal telinga bersih tetapi anda merasakan gatal pada telinga anda, ingat itu hanyalah sugesti belaka karena anda sudah keseringan mngorek ngorek telinga anda, sehingga jika anda melewatkan kegiatan ini dalam sehari saja anda akan merasakan ada yang kurang dan telinga anda terasa gatl.

Sebaiknya mulai dari sekarang kurangi kegiatan ini, jika memang perlu dibersihkan lakukan hal ini 1 kali dalam sebulan, ini akan menjaga kesehatan telingan anda.

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook