Terbakar, Pasar Sungguminasa Rata dengan Tanah
KOMPAS.com / ABDUL HAQ. Pasar Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dilalap sijago merah dan mengakibatkan ratusan kios milik pedagang ludes dilalap api. Rabu, (16/09/2015).

Terbakar, Pasar Sungguminasa Rata dengan Tanah

Selingkaran.com – Peristiwa kebakaran terjadi di Pasar Sentral Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Bangunan yang ada ludes terbakar sehingga membuat kiosrata dengan tanah. Besarnya kobaran si jago merah ini menyulitkan para petugas pemadam kebakaran.

Proses penjinakan api memakan waktu yang cukup lama, yakni hingga delapan jam. Peristiwa kebakaran tersebut diperkirakan terjadi pada pukul 21.30 wita, Selasa (16/9/2015). Dan diduga terjadi karena hubungan arus pendek listrik yang bersumber dari gudang kacang milik pedagang bernama Yono.

“Dari situ yang gudang kacang. Kayaknya arus pendek, karena tidak ada yang punya gudang waktu terbakar,” kata Daeng Tayang, salah seorang pedagang.

Untuk menjinakan api, Aparat pemadam kebakaran Kabupaten Gowa langsung menurunkan tiga unit mobil kebakaran, itu pun harus meminta bantuan delapan mobil pemadam lagi milik Pemerintah Kota Makassar. Meski telah mengerahkan cukup banyak mobil pemadam kebakaran, api baru dapat dipadamkan setelah delapan jam kemudian.

“Kami sudah berupaya semaksimal mungkin dan alhamdulillah api berhasil kami cegah merembet ke pemukiman penduduk,” kata Syamsul Bahri, Kepala Pemadam Kebakaran Kabupaten Gowa.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun ada seorang warga bernama Ramang (35) mengalami luka, setelah sebelumnya terjebak di dalam kios, dan ia berhasil menyelamatkan diri setelah melompati jendela ruko berlantai dua.

Tak hanya warga, seorang petugas bernama Alif juga harus dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syech Yusuf Sungguminasa setelah ia mengalami kejadia tertimpa runtuhan bangunan, saat berusaha memadamkan api. Diketahui Alif merupakan anggota Pleton II Damkar Kota Makassar yang sengaja diperbantukan.

“Penyebab utama masih dalam lidik, dan kerugian materil ditaksir mencapai miliaran rupiah,” kata Kompol Syamsuddin, Kabag Ops Polres Gowa.

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook