Sering Mendengkur Saat Tidur? Waspadai Gangguan Kesehatan ini
Shutterstock, Ilustrasi.

Sering Mendengkur Saat Tidur? Waspadai Gangguan Kesehatan ini

Selingkaran.com – Setiap orang pasti tidak sadar apa yang dilakukannya ketika sedang tertidur lelap. Termasuk salah satunya adalah mendengkur, mendengkur ini sering kali di alami kita yang sedang kelelahan fisik karena aktifitas sehari-hari.

Para ilmuwan sendiri belum mengetahui pasti penyebab mengapa manusia dapat mendengkur,  namun dari sudut pandang evolusi ada dugaan suara keras yang terjadi saat mendengkur adalah mekanisme alami untuk memberi rasa takut pada hewan buas saat nenek moyang manusia tidur di alam liar.

Suara dengkuran sendiri sebenarnya berasal di bagian belakang mulut atau bagian uvula. Saat kita tidur, otot-otot pada bagian tersebut menjadi lebih lemas. Dan pada keadaan tersebutlah, otot akan menghalangi saluran pernapasan.

Namun tak hanya itu, ngorok juga bisa jadi adalah pertanda gangguan kesehatan pada tubuh kita.

Berikut adalah 5 hal seputar ngorok yang perlu Anda tahu:

1. Penanda gangguan kesehatan dan perilaku

Merokok dapat menjadi tanda awal adanya gangguan pembuluh darah dan jantung. Pada anak-anak, mengorok bisa jadi penanda adanya gangguan perilaku di masa depan. Anak yang merokok cenderung mengalami hiperaktif dan masalah emosional seperti kecemasan dan depresi.

2. Tidak bisa ngorok di luar angkasa

Tidak adanya gravitasi di luar angkasa membuat seorang astronot jarang mendengkur saat tidur. Tidak ada gravitasi membuat obstruksi saluran napas juga tidak ada.

3. Suara mendengkur bisa sangat keras

Suara orang yang sedang ngorok bisa mencapai 92 desibel atau setara dengan suara mesin bor. Tetapi dalam sebuah berita di Daily Mail disebutkan ada seorang wanita yang suara dengkurannya lebih keras dari itu. Wanita berusia 60 tahun itu mengorok setiap malam dengan suara mencapai 111,6 desibel atau 8 desibel lebih tinggi dibanding suara pesawat yang terbang rendah.

4. Risiko persalinan

Wanita yang mengorok tiga atau empat malam dalam seminggu beresiko besar melahirkan dengan operasi caesar dan bayi berat lahir rendah. Ini karena mereka juga biasanya beresiko tekanan darah tinggi dan preeklampsi.

5. Merenggangkan hubungan

Memiliki pasangan yang hobi mendengkur tentu membuat kita sulit tertidur nyenyak. Tak heran jika banyak pasangan yang memilih tidur dalam kamar terpisah karena tak mau tidurnya terganggu suara ngorok.

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook