Ini Dia Harga Asli iPhone 6S
Bagian depan iPhone 6S, The Verge .

Ini Dia Harga Asli iPhone 6S

Selingkaran.com – Saat pekan lalu, Apple telah resmi merilis iPhone 6S dan 6S Plus. Namun dalam pengenalan duo smartphone terbaru tersebut tidak telalu banyak perubahan dalam segi spesifikasinya, serta harganya yang dibanderol cukup mahal.

Untuk versi termurahnya saja dari iPhone 6S dibanderol sekitar 649 dollar AS atau sekitar Rp 9,3 juta. Lalu untuk iPhone 6S Plus dibanderol seharga mulai dari 749 dollar AS, atau sekitar Rp 10,7 juta.

Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah bendar ongkos produksi iPhone 6S mendekati harga jual tersebut? Analis dari Bank of America Merrill Lynch memberikan sedikit prediksinya perihal harga produksi tersebut.

Menurut analis tersebut, Senin (14/9/2015), ongkos produksi iPhone 6S versi 64 GB diprediksi ada di harga sekitar 234 dollar AS (sekitar 3,3 juta).

Perangkat versi itu sendiri dibanderol di harga 749 dollar AS. Itu artinya, tanpa memperhitungkan biaya marketing, biaya perakitan, dan distribusi, Apple seharusnya mendapatkan keuntungan sekitar 515 dollar AS (sekitar 7,4 juta).

Menurutnya, biaya komponen yang paling besar adalah pada bagian semikondukter. Apple dikabarkan harus merogoh kocek paling tidak 127 dollar AS pada bagian yang satu ini, dan itu sudah termasuk 25 dollar AS untuk SoC A9 64-bit, 22 dollar AS untuk berbagai sensor (NFC, pemindai jari, dan lain-lain), dan 20 dollar AS untuk flash memory 64 GB.

Tak hanya itu, Apple juga harus membayar cukup mahal untuk bagian layar, yakni sekitar 50 dollar AS. Lalu komponen lainnya, termasuk untuk kamera serta baterai diprediksi sekitar 23 dollar AS.

Ongkos produksi itu sedikit lebih mahal dari iPhone 6. Perangkat seri sebelumnya ini diprediksi mempunyai ongkos produksi sekitar 227 dollar AS.

Namun hal ini baru hanya prediksi dari analis saja. Untuk mengetahui pasti harga sebenarnya dari ongkos produksi tersebut, perangkat tersebut harus dibongkar dahulu untuk mengetahui apa saja komponen didalamnya.

Untuk itu, harus menunggu saat seri iPhone tersebut dirilis pada 25 September mendatang.

Imam Buchori
Imam Buchori
Ketertarikannya dalam dunia teknologi membuat Imam tahu betul teknologi-teknologi keluaran terbaru dari gadget. Penulis ini berfokus dalam kategori Gadget sesuai dengan passionnya.

Komentar Facebook