Intip Beberapa Mata Kuliah Kedokteran UNPAD Agar Lebih Paham

Jurusan kedokteran di UNPAD merupakan jurusan dengan peminat terbanyak pada prodi saintek di UNPAD. Namun sebelum memutuskan untuk berkuliah di jurusan tersebut sebaiknya pahami dulu beberapa hal penting, termasuk mata kuliah kedokteran UNPAD. Beberapa mata kuliah berikut ini akan dihadapi oleh para mahasiswa di UNPAD:

Mata Kuliah Jurusan Kedokteran UNPAD

Ketika memutuskan untuk masuk ke jurusan kedokteran ada konsekuensi yang harus dihadapi. Mata kuliah di jurusan ini memang terkenal sulit. Namun, jika memiliki keinginan yang kuat untuk menjadi seorang dokter maka hal tersebut dapat diatasi. Mahasiswa akan belajar tentang berbagai ilmu dasar dan juga melakukan praktikum.

Bacaan Lainnya

Selama menempuh pendidikan, mahasiswa juga akan mempelajari berbagai kasus medis yang terjadi. Kemudian ketika ujian, mahasiswa akan diuji dengan ujian pengetahuan dasar, analisis kasus dan kapabilitas menghadapi pasien. Untuk beberapa materi selama perkuliahan, simak penjelasan berikut:

Baca Juga : Daftar Materi Grammar Bahasa Inggris Lengkap 2022

1. Anatomi

Dalam jurusan kedokteran, anatomi adalah ilmu wajib yang harus dipelajari oleh mahasiswa. Pada mata kuliah anatomi tubuh, mahasiswa kedokteran akan belajar tentang susunan organ tubuh manusia. Mahasiswa kedokteran juga mempelajari sistem yang ada ada pada manusia seperti sistem organ, reproduksi dan pencernaan.

2. Biologi Seluler

Selanjutnya mata kuliah kedokteran UNPAD yang akan didapatkan oleh mahasiswa adalah biologi seluler. Sebagai calon dokter mempelajari biologi seluler merupakan hal yang penting. Pada mata kuliah ini, pembelajaran akan berkaitan dengan sel pada tubuh manusia.

Dengan demikian mahasiswa kedokteran pada mata kuliah ini akan mengamati sel tubuh manusia secara keseluruhan. Mempelajari tentang interaksi antar sel serta reaksi kimia yang terjadi dalam sel tersebut. Objek yang dipelajari dalam ilmu ini meliputi sel, asam amino, protein, virus dan bakteri.

3. Metabolisme dan Energi

Hal dipelajari dalam jurusan kedokteran UNPAD selanjutnya adalah metabolism dan pembentukan energi pada tubuh manusia. Metabolisme adalah proses pembentukan energi pada manusia. Dengan demikian pada mata kuliah ini mahasiswa kedokteran UNPAD akan belajar untuk memahami metabolisme dalam tubuh hingga menghasilkan energi.

4. Genetika

Mata kuliah selanjutnya yang dipelajari dalam jurusan kedokteran adalah ilmu genetika. Pada mata kuliah kedokteran UNPAD ilmu genetika adalah ilmu yang harus dikuasai oleh para mahasiswa kedokteran. Mata kuliah ilmu genetika, mahasiswa akan mempelajari tentang konsep dasar genetika, struktur gen, penurunan gen dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan genetik manusia.

5. Ilmu Penyakit Dalam

Tak hanya mempelajari tentang hal-hal dasar tentang tubuh manusia. Sebagai mahasiswa kedokteran juga akan mempelajari ilmu penyakit dalam. Mata kuliah ini juga penting sebab para mahasiswa akan mempelajari berbagai penyakit beserta gejala, ciri-ciri dan juga cara menanganinya.

Baca Juga : 5 Mata Kuliah K3 yang Wajib Diketahui 2022

Masa Studi Jurusan Kedokteran UNPAD

Masa Pendidikan yang harus dihadapi oleh mahasiswa kedokteran adalah selama 5 tahun. Lama waktu tersebut dibagi menjadi 2 tahap yaitu 7 semester untuk program sarjana dokter sedangkan sisanya untuk menempuh Koass. Selama masa Koass mahasiswa akan melakukan pembelajaran secara langsung di berbagai departemen yang ada di rumah sakit.

Pada semester awal perkuliahan mahasiswa kedokteran ini akan mempelajari tentang berbagai teori dan ilmu dasar dalam kedokteran. Baru setelah itu melakukan beberapa praktik di klinik dan puskesmas. Apabila tingkat sarjana sudah selesai baru mahasiswa melakukan masa koass.

Itu tadi adalah beberapa hal yang dipelajari selama menjadi mahasiswa kedokteran di UNPAD. Mata kuliah kedokteran di UNPAD sebenarnya sama saja dengan jurusan kedokteran pada umumnya. Sebagai seorang calon dokter tentu ada banyak hal yang perlu dipelajari dan dikuasai sebelum benar-benar terjun menjadi tenaga medis.

Pos terkait